Cara Mengembalikan Kecerahan Kulit Setelah Traveling

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Traveling memang sangat mengasyikkan karena kamu bisa menyaksikan berbagai pesona alam yang tidak terlukiskan keindahannya. Gunung, danau, pantai, ataupun peninggalan sejarah seperti candi seringkali menjadi destinasi traveling yang paling menyenangkan.

Tapi taukah Anda, traveling ke tempat tersebut, apalagi pantai akan membuat kulit kusam dan hitam. Kondisi ini bisa terjadi karena selama traveling, kulitmu rentan terpapar cahaya matahari, sehingga kulit menjadi kusam dan bahkan menghitam. Masalah kulit kusam ini akan terbawa hingga pulang dari traveling.

Sampai di rumah, kamu akan sadar bagaimana perubahan yang terjadi dengan warna kulitmu. Kulitmu yang awalnya putih, dalam beberapa hari saja langsung kusam dan menghitam. Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan beberapa poin di bawah ini sepulangnya dari traveling agar kulit kusam dan hitam yang didapatkan selama traveling bisa teratasi.

Nah, apa saja poin yang wajib dilakukan sepulang traveling agar kulit kembali cerah tersebut?

Luluran

Luluran atau scrub dirasa perlu dilakukan sepulangnya dari traveling karena teknik ini bisa mencerahkan kulit dengan hanya beberapa kali saja. Scrub ini biasanya memiliki butir-butir yang bermanfaat dalam membantu pengelupasan kulit mati atau kulit pada bagian paling atas.

Dengan terangkatnya kulit bagian atas yang memiliki kondisi rusak dan kusam tersebut, maka kulit baru yang lebih cerah akan muncul. Inilah manfaat utama luluran, sementara manfaat lainnya yaitu melembabkan dan mencegah kulit kering. Hanya saja, karena scrub yang digunakan berbentuk butir agar kasar, maka ada baiknya jangan terlalu kasar dalam melakukan lulur karena kulit bisa saja iritasi. Gosok saja secara perlahan dan lemah lembut ya.

Memakai Masker Alami

Selain luluran, kegiatan lain yang perlu juga kamu lakukan sepulangnya dari traveling yaitu memakai masker. Kamu bisa membuat masker sendiri di rumah dengan cara alami dan mudah. Beberapa bahan masker yang bermanfaat dalam mencerahkan kulit yaitu alpukat, pepaya, wortel, strawberry, mentimun, dan beberapa bahan lainnya.

Caranya hampir sama yaitu dengan menghaluskan salah satu bahan tersebut kemudian campur dengan sedikit madu atau minyak zaitun. Setelah itu bisa langsung di aplikasikan ke wajah atau tangan kusam. Tunggu dan diamkan selama 10-15 menit dan kemudian bisa di cuci dengan air hangat.

Tabir Surya

Ketika hendak beraktivitas lagi sepulangnya dari traveling, maka kamu memerlukan tabir surya baik sunscreen atau sunblock agar kulit kusam yang kamu dapatkan selama traveling tidak semakin parah. Tabir surya memang tidak bisa memutihkan kulit kecuali jika mengandung whitening, namun tabir surya bisa membantu kulit dari efek cahaya matahari yang menjadi penyebab kulit kusam.

Selain menggunakan tabir surya sebelum beraktifitas di luar ruangan, ada baiknya kamu menggunakan baju dan celana agak panjang setidaknya beberapa hari setelah traveling. Hal ini berguna untuk mengembalikan kecerahan kulitmu yang sempat hilang. Tapi tetap saja, meski kulitmu sudah cerah sebaiknya kamu tetap memakai tabir surya serta tidak terlalu lama “disengat” matahari agar kecerahan kulitmu tetap terjaga.

***

Nah, sekarang kulitmu sudah cerah kembali seperti halnya sebelum pergi traveling atau jalan-jalan. Dengan begitu kamu tentu tidak akan kapok mengulang hobi travelingmu karena meski traveling bisa membuat kulitmu kusam, namun kamu bisa mengembalikan kecerahannya dengan mudah dalam beberapa hari saja.

Hanya saja, agar kulitmu tidak begitu kusam selama traveling, ada baiknya bawa tabir surya ya. Pasalnya, semakin kusam kulitmu sepulang traveling, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan kecerahannya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *