Makanan yang Baik Untuk Mencegah Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain 10 jenis makanan untuk mencegah jerawat yang sudah diulas sebelumnya, ada 11 jenis makanan lainnya yang juga baik untuk pencegahan jerawat. Berikut ulasannya.

11. Kopi

Kopi dapat mencegah jerawat dengan cara di suguhkan seperti minuman kopi ataupun di jadikan masker pada wajah. Jika kamu suka minum kopi ini sangat baik untuk mencegah jerawat tetapi sebaiknya jangan menambahkan gula dengan volume yang terlalu banyak karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kopi dapat juga dijadikan masker pada wajah dengan cara campurkan coklat bubuk dengan kopi dan air hingga mengental seperti pasta kemudian oleskan pada wajah dan lakukan pijatan lembut selama 20 menit kemudian bersihkan dengan dibilas pada air dingin.

12. Kunyit

Selain bawang putih, kunyit juga merupakan salah satu bumbu masak yang sering di jumpai di dapur yang sangat baik untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat. Kamu bisa menambahkan ¼ sendok teh kunyit per hari pada masakan untuk merasakan manfaat kunyit bagi jerawat, kunyit mampu menghentikan peradangan sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah dan cantik.

Kunyit juga berfungsi sebagai anti bakteri dan anti racun pada tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya masalalah kulit seperti jerawat. Selain di konsumsi langsung, kunyit juga dapat di jadikan masker wajah dengan cara yang sangat mudah, parutlah kunyit yang masih segar kemudian balurkan pada wajah yang telah dibersihkan kecuali daerah sekitar mata dan bibir, biarkan sampai kering lalu bilas denga air hangat.

13. Kacang Almond

Kacang Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kalori rendah jika dibandingkan dengan Janis kacang-kacangan lainnya seperti kacang tanah selain itu kacang almond juga kaya akan vitamin E, magnesium, vitamin B dan masih banyak kandungan lainnya yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kacang almond juga kaya akan serat dan rendah kalori sehinhha aman untuk dikonsumsi walaupun kamu lagi diet.

14. Minyak Zaitun

Seperti halnya ikan salmon, Minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh atau omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jika digunakan sebagai minyak goring maka minyak zaitun lebih mudah diserap dalam tubuh selain itu dapat juga digunakan pada wajah sebagai masker maupun facial.

Salah satu caranya adalah cukup dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada wajah secukupnya sebelum tidur pada malam hari dan gunakan pula pada pagi hari sebelum beraktivitas untuk mencegah jerawat dan menyembuhkan bekas jerawat, menjadikan kulit wajah cerah, mulus, berseri alami.

15. Mentimun

Mentimun memiliki kadar air yang tinggi, mengandung banyak mineral silica, anti oksidan dan vitamin C sehingga dapat menyegarkan, melembutkan dan dapat merawat kulit berjerawat, mentimun akan membuat jerawat cepat kering sekaligus menghilangkan bekasnya sehingga tidak meninggalkan noda hitam. Mentimun juga dapat menurunkan tekanan darah apabila dikonsumsi langsung.

Apabila digunakan sebagai perawatan wajah maka sebaiknya mentimun dijadikan masker agar mendapatkan hasil yang optimal. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu memarut mentimun itu kemudian balurkan ke seluruh permukaan wajah dan biarkan hingga kurang lebih 20 menit atau sampai kering dan meresap pada wajah kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

16. Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat kaya akan vitamin C, vitamin E, dan bioflavanoid yang berfungsi untuk membantu meregenerasi sel kulit yang rusak dan mati. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin maka akan mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu masker tomat juga dapat digunakan dengan cara mengiris tomat tipis-tipis kemudian tempelkan pada kulit muka hingga seluruh bagian kulit muka kecuali mata dan bibir tertutupi, perawatan ini berfungsi untuk mendapatkan wajah mulus, berseri dan merona serta bebas jerawat.

17. Teh hijau

Teh hijau mengandung zat anti oksidan yang berfungsi sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh dan mengatur keseimbangan kadar gula darah sehingga dapat menjaga kesehatan kulit, menjadikan kulit lebih cerah dan melindungi dari timbulnya jerawat.

18. Virgin coconut oil

Sama seperti minyak zaitun, Virgin coconut oil atau VCO juga merupakan golongan minyak. VCO merupakan minyak yang baik untuk mencegah bakteri jerawat berkembang dan berfungsi untuk melembabkan secara alami dan aman sehingga mencegah pertumbuhan jerawat atau masalah kulit lainnya.

19. Wortel

Mungkin kamu sering mendengar wortel yang jika dikonsumsi akan sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A, ternyata vitamin A yang mengandung betakaroten juga bisa menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Wortel juga mengandung anti oksidan yang baik untuk mengusir racun dalam tubuh dan menjadikan kulit sehat alami.

20. Yogurt

Banyak produk susu seperti keju yang jika dikonsumsi memang kurang bagus untuk melawan kulit yang berjerawat, tetapi berbeda dengan yogurt, produk susu yang satu ini justru sangat baik untuk memelihara kulit wajah yang memiliki jerawat. Yoghurt dapat membantu menyegarkan dan sebagai pemberi nutrisi bagi kulit.

Yogurt dapat dikonsumsi langsung maupun dijadikan masker wajah untuk mengatasi kulit berjerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan jeruk lemon atau jeruk nipis dengan yogurt hingga berbentuk lotion kemudian oleskan tipis-tipis di area yang berjerawat selama 30 menit kemudian bersihkan.

21. Zinc

Yang terakhir yang merupakan makanan pencegah jerawat adalah makanan yang banyak mengandung zinc, kandungan Zinc yang tinggi dapat kamu peroleh pada makanan yakni telur dan jamur. Mengkonsumsi zinc bisa mengatasi masalah jerawat karena zinc mampu melepaskan hormon dalan tubuh yang dapat memicu timbulnya jerawat.

**

Demikianlah info dari kami mengenai makanan alami yang dapat mencegah timbulnya jerawat, selain makanan di atas penting untuk kamu mengurangi konsumsi gula karena selain tidak baik untuk kesehatan juga kadar gula yang berlebih dalam tubuh ternyata dapat memicu timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *