4 Penyebab Gatal Pada Kulit Kepala

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Gatal pada kulit kepala memang permasalahan yang sering terjadi, terlebih pada perempuan berambut panjang. Kondisi ini sudah jelas akan membuat penderitanya kurang nyaman dan bahkan kesal karena harus menggaruk kepala secara terus-menerus.

Parahnya, jika rasa gatal itu timbul saat sedang makan bersama teman-teman sekantor ataupun sedang jalan berdua dengan kekasih. Jika harus menahan, kamu mungkin akan terlihat sangat aneh dan tidak nyaman, sementara jika digaruk tentu justru akan lebih malu lagi.

Wah, benar-benar bikin kesal ya ladies? Untuk itu, ada baiknya kamu segera mengatasi rasa gatal yang ada di kepalamu ladies. Sebelum mengatasinya, kamu tentu harus tau dulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab timbulnya rasa gatal pada kulit kepala tersebut. Jika kamu sudah tau penyebabnya, maka tindakan antisipasi atau penanganannya dengan mudah bisa diketahui.

Berminyak dan Lembab

Apakah kamu sering menutup kepala dengan handuk dalam waktu yang lama begitu selesai mandi? Jika ya, maka bisa jadi inilah yang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Kelembaban memang dibutuhkan bagi rambut dan kulit kepala, namun jika rambut terlalu lembab dan basah dalam waktu lama maka justru menimbulkan masalah, salah satunya yaitu gatal.

Selain itu, coba sentuh dan usap rambutmu, apakah terasa lengket dan berminyak? Jika ya, maka ini juga menjadi alasan lain kenapa rambutmu gatal.

Ketombe

Ini menjadi penyebab paling umum rasa gatal pada kulit kepala. Menurut seorang asisten profesor dari University of Southern California Medial School bernama Jessica Wu, M.D, ketombe bisa jadi disebabkan karena pertumbuhan jamur di kulit kepala. Kondisi rambut berminyak dalam jangka lama juga menciptakan ketombe ini lho ladies. Penyebab lainnya yaitu kepala yang jarang dibersihkan, sehingga kotoran mengendap di dalamnya.

Kutu

Mungkin kamu tidak begitu yakin ada kutu di rambutmu, tapi hal ini tidak mustahil terjadi. Bisa saja beberapa hari yang lalu kamu tidur satu kamar dengan teman yang memiliki kutu rambut atau karena sering mandi dengan air yang tidak bersih.

Untuk memastikan apakah kutu rambut yang menjadi penyebab gatal di kepalamu, maka minta bantuan keluarga untuk memeriksa kondisi kepala. Nah, dari sana akan langsung ketahuan apakah memang kutu rambut yang menjadi penyebabnya atau tidak.

Alergi

Jika poin sebelumnya tidak kamu miliki, mungkin rasa gatal disebabkan karena alergi terhadap produk perawatan rambut yang kamu pakai. Jika kemaren atau beberapa hari yang lalu kamu baru membeli sebuah produk perawatan rambut, dan setelah dipakai kamu merasa gatal-gatal, maka bisa jadi rasa gatal tersebut muncul karena ketidakcocokan kulit kepala dengan bahan yang terkandung dalam produk perawatan tersebut.

***

Itu dia beberapa penyebab rasa gatal di kulit kepala. Selain itu, rasa gatal juga bisa disebabkan karena menderita penyakit tertentu seperti psoriasis misalnya. Gejalanya yaitu kulit kepala terasa tebal, berkerak, mengelupas saat digaruk, dan terkadang menimbulkan darah.

Nah, sekarang kamu tentu kamu sudah tau apa penyebab gatal di kulit kepalamu bukan? Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa dengan mudah mencari upaya penanganan terbaiknya.

Jika disebabkan karena berminyak dan kotembe, maka kamu hanya perlu rajin membersihkan kepala. Kamu juga bisa menggunakan produk yang sudah dipercaya aman untuk menghilangkan rambut berminyak dan ketombe tersebut. Atau menggunakan cara alami seperti memakai masker buah.

Jika disebabkan karena kutu rambut, penanganannya yaitu membasmi kutu rambut itu sendiri. Jika disebabkan karena alergi produk perawatan rambut, maka ada baiknya tidak melanjutkan pemakaian dan ganti dengan produk lain yang cocok. Sementara jika disebabkan karena penyakit tertentu, maka kamu bisa mengunjungi dokter agar penyakit tidak semakin parah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *