Alasan Kenapa Pakaian Bisa Membuat Kulit Gatal dan Iritasi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Meski terdengar sepele, tapi pada kenyataanya banyak orang mengalami kulit gatal dan iritasi karena pakaian yang mereka pakai. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor lho ladies. Faktor terbesarnya yaitu masalah kebersihan, bahan pakaian, faktor mencuci, serta dipakai dalam kondisi basah.

Untuk lebih jelas, ini dia alasan kenapa kamu bisa gatal dan iritasi karena pakaian yang kamu pakai.

Tidak bersih

Jika kamu mengalami rasa gatal setelah memakai pakaian, maka ada baiknya kamu pikir-pikir lagi, kapan terakhirnya kamu mencuci pakaian tersebut? Atau untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung mencium pakaian tersebut.

Nah, jika baunya sudah tidak enak, maka bisa jadi inilah yang menjadi penyebab rasa gatal tersebut. Bau yang sudah tidak enak lagi menandakan bahwa baju tersebut sudah tidak bersih dan mungkin tidak pernah dicuci selama beberapa minggu. Baju yang sudah dipakai beberapa kali bisa menjadi tempat mengendapkan kotoran dan kuman. Inilah yang membuat kulit terasa gatal.

Selain itu, memakai pakaian yang tidak bersih tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri, baik dari segi aroma ataupun kotoran yang menumpuk di dalamnya. Untuk itu, agar kamu tidak merasa gatal, maka cucilah pakaian setelah satu atau dua kali pemakaian.

Bahan pakaian

Selain karena kurangnya kebersihan pakaian, penyebab lain yang bisa membuat kulit gatal dan iritasi karena memakai pakaian yaitu berasal dari bahan pakaian itu sendiri. Beberapa jenis bahan pakaian memang bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Diantara jenis bahan pakaian yang beresiko mendatangkan rasa gatal pada kulit yaitu wool, terutama wool sintetis, kasar, atau sudah berbulu karena lama dipakai.

Bulu-bulu halus pada wool, akan membuat kulit gatal dan tidak nyaman saat menggunakannya. Karena itulah, beberapa pakaian wool sintetis biasanya bagian dalamnya dilapisi dengan furing atau kain pelapis yang lebih halus.

Selain itu, ada baiknya beli pakaian dengan wool asli, karena wool lebih lembut dan halus. Dengan begitu kamu tentu bisa tetap modis dengan pakaian berbahan wool.

Sementara jenis kain yang sering bikin iritasi yaitu bahan jeans. Hal ini disebabkan karena bahan jeans lebih kasar sehingga sering mengiritasi kulit, apalagi jika dipakai dengan ukuran yang sempit atau dalam kondisi basah. Setelah mandi di pantai ataupun kehujanan, maka segeralah ganti pakaian atau celana jeansmu dengan pakaian kering.

Jika dipakai dalam waktu lama, maka resiko iritasi kulit akan semakin besar. Sebenarnya tidak hanya jeans, jenis bahan pakaian lainpun jika dipakai dalam kondisi basah dan dalam waktu lama juga akan menimbulkan masalah yang sama. Karena bahan jeans sangat menunjang penampilan, maka siasatilah dengan memilih jenis jeans yang agak lembut, jangan terlalu sempit, dan jangan pakai pada saat basah ya.

Faktor Mencuci

Meski jarang terjadi, namun faktor mencuci juga bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi lho, ladies. Saat kamu mencuci pakaian dengan deterjen tapi tidak bersih saat membilasnya, maka setelah keringpun bubuk deterjen masih ada yang menempel di pakaian. Inilah yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal saat memakainya.

Selain itu, perhatikan pula jenis deterjen atau pemutih pakaian yang kamu gunakan. Kadangkala, jenis pemutih atau deterjen tertentu mengandung zat kimia yang tinggi sehingga bisa membuat kulit gatal dan iritasi, apalagi jika kamu tidak membilasnya dengan bersih.

***

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa pakaian yang kamu pakai bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi kulit. Untuk mencegahnya, maka hindarilah faktor resiko yang menjadi penyebab rasa gatal dan iritasi kulit tersebut ya ladies.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Alasan Kenapa Pakaian Bisa Membuat Kulit Gatal dan Iritasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *