Tips Aman Memasang dan Melepaskan Kontak Lensa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Meski terdengar sepele, tapi memasang dan melepaskan lensa kontak pada mata memang perlu mengikuti beberapa aturan tertentu. Hal ini berguna agar proses pemasangan ataupun pelepasan kontak lensa tidak menimbulkan masalah pada mata. Tidak hanya terkait prosesnya itu sendiri, jika kamu juga mengaplikasikan make up mata, maka kamu juga sebaiknya tau kapan pemasangan dan pelepasan kontak lensa dilakukan. Apakah sebelum make up atau setelahnya.

Pada kenyataannya, banyak juga mereka yang mengalami iritasi dan beberapa gangguan lain pada mata akibat cara memasang dan melepaskan kontak lensa dengan tidak benar atau tidak tau mana yang harus didahulukan disaat menggunakan kontak lensa sekaligus make up.

Lalu, apa tips aman memasang dan melepaskan kontak lensa agar tidak menimbulkan risiko pada mata? Berikut ulasannya.

Cara Pemasangan dan Pelepasan

Tips aman terkait proses pemasangan yaitu, pertama pastikan tangan berada dalam kondisi bersih dan kering. Setelah itu letakkan kontak lensa pada bagian ujung jari telunjuk dengan posisi bagian luar yang menyentuh kulit. Buka mata lebar dan jika perlu gunakan jari yang satunya untuk menahan kelopak mata agar tidak berkedip.

Sementara jari tengah dari tangan yang memegang kontak lensa membantu menarik kelopak mata bawah ke arah bawah agar kontak lensa lebih mudah digunakan. Mulailah majukan jari telunjuk yang terdapat lensa ke tengah bola mata. Dengan perlahan, pasangkan kontak lensa tepat pada bagian mata hitam. Lepas kelopak mata, tutup mata sebentar dan buka secara perlahan.

Sementara tips aman untuk melepaskannya yaitu dengan membersihkan dan mengeringkan tangan terlebih dahulu. Kemudian arahkan pandangan ke atas, tarik bagian kelopak mata bawah ke bawah. Perlahan, geser kontak lensa ke bagian bawah mata. Setelah itu cubit atau lepaskan kontak lensa dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk secara perlahan.

Saat Menggunakan Make up Mata

Menggunakan kontak lensa sekaligus make up mata, baik eye liner, eye shadow, maskara, dan berbagai make up mata lainnya boleh-boleh saja. Asalkan kamu juga tau bagaimana tips aman dalam pemasangan dan pelepasannya. Proses pemasangan dan pelepasan sama saja dengan cara yang sudah disebutkan di awal.

Hanya saja, jika kamu ingin memakai kontak lensa berbarengan dengan make up mata, maka lakukan pemasangan kontak lensa terlebih dahulu, baru kemudian aplikasikan make up.

Hal ini berguna agar cairan ataupun bubuk make up yang menempel di tangan tidak ikut masuk saat pemasangan. Selain alasan tersebut, jika kamu sempat ngedip saat pemasangan, maka biasa saja cairan maskara atau eye liner yang belum terlalu kering masuk ke mata atau mengotori kontak lensa. Ini tentu akan membawa masalah bagi kesehatan mata nantinya. Untuk itu, ada baiknya pasang kontak lensa terlebih dahulu sebelum memasang make up mata.

Tips aman dalam melepasnya yaitu melepas kontak lensa sebelum membersihkan make up. Ini agar bubuk maskara ataupun make up mata lainnya tidak masuk ke mata dan mengotori kontak lensa saat dibersihkan. Terlepas dari kapan waktu pemasangan dan pelepasan kontak lensa ketika pakai make up, ada baiknya kamu juga jangan terlalu tebal memakai make up mata saat memakai kontak lensa ya.

***

Nah, itu dia tips aman memasang dan melepaskan kontak lensa. Selain meperhatikan cara aman memasang dan melepaskan kontak lensa, ada baiknya kamu juga memperhatikan hal lain dalam penggunaan kontak lensa agar tidak membahayakan mata. Diantaranya yaitu tidak setiap waktu menggunakan kontak lensa dan gunakan kontak lensa yang berkualitas baik dan tidak asal murah.

Kontak lensa yang tidak memiliki kualitas baik justru akan membuat mata iritasi, gatal, dan bahkan terluka setelah beberapa kali pemakaian. Perhatikan pula kebersihan cairan dan kontak lensanya itu sendiri ya, ladies. Sekarang kamu bisa tampil cantik dengan kontak lensa.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *