3 Efek Buruk Karena Ngemil Tengah Malam

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi kamu yang mulai suka ngemil tengah malam ada baiknya mulai menghentikan kebiasaan ini. Pasalnya, ngemil tengah malam membawa banyak pengaruh buruk terhadap tubuh, tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga kecantikan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab ngemil tengah malam seperti begadang, tidak makan pada siang atau malam harinya, dan berbagai penyebab lainnya. Apapun yang menjadi faktor penyebabnya, yang jelas ada baiknya kamu mengenal 3 efek buruk karena kebiasaan ngemil tengah malam.

Bikin gemuk

Efek buruk yang satu ini sebenarnya sudah hampir diketahui banyak orang. Ngemil tengah malam bisa bikin gemuk karena pada malam hari proses pencernaan berlangsung lambat sementara kamu juga tidak memiliki aktifitas fisik apapun pada malam hari. Ini akan membuat makanan yang kamu makan akan menumpuk di lambung, apalagi setelah ngemil kamu langsung tidur.

Kondisi ini akan bertambah manakala menu yang dijadikan cemilan berupa gorengan, makanan ringan ber kalori tinggi, atau junk food. Sudah jelas, kalori dan lemak yang ada di dalamnya akan menumpuk di dalam tubuh dan menimbulkan obesitas.

Kamu telah bersusah payah menjadi bobot badan agar tetap ideal tentu tidak mau gemuk karena kebiasaan yang satu ini bukan? Untuk itu, sebelum tubuhmu melebar, segeralah hentikan kebiasaan ini ya, ladies.

Masalah Gigi

Efek yang satu ini bisa kamu dapatkan manakala menu ngemil berupa makanan manis. Mengkonsumsi makanan manis akan membuat gigi gampang rusak dan bakteripun mudah berkembang dalam mulut.

Jikapun menu yang kamu makan bukan makanan manis, namun jika setelah ngemil kamu tidak gosok gigi maka masalah mulut dan gigipun akan terjadi dalam beberapa minggu saja.

Gangguan tidur

Perlu diketahui bahwa ngemil pada tengah malam juga menimbulkan gangguan tidur. Hal ini disebabkan karena mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak sehingga perut terasa tidak nyaman. Tapi jika kamu hanya ngemil dalam jumlah yang sedikit, tentu tidak ini tidak akan membuat tidurmu terganggu.

***

Itu dia 3 efek buruk ngemil tengah malam yang sering dialami banyak wanita. Melihat hal tersebut, tentu kamu akan mulai menghilangkan kebiasaan buruk ini bukan?

Meski sulit mengubah kebiasaan ini, namun kamu bisa mensiasatinya dengan berbagai cara sederhana dulu. Hindari begadang, karena begadang biasanya membuatmu cenderung merasa lapar sehingga tengah malampun kamu masih sibuk membuka kulkas atau bahkan memasak.

Selain itu, stres terkadang juga meningkatkan keinginan untuk ngemil tengah malam, apakah disebabkan karena pelampiasan rasa stres atau memang tidak bisa tidur sehingga memilih untuk ngemil. Untuk itu, ada baiknya hindari dan atasi stres berlebihan. Jika kebiasaan belum juga hilang, kamu juga bisa mengalihkannya dengan minum air putih.

Kamu juga bisa menekan resikonya dengan cara tidak terlalu banyak ngemil dan pilih jenis cemilan sehat. Kamu bisa menjadikan sayur, buah, oatmeal, atau kacang dan biji-bijian sebagai menu ngemil daripada gorengan atau aneka junk food lainnya.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “3 Efek Buruk Karena Ngemil Tengah Malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *