7 Tips Merawat Gigi dan Mulut Bagi Pengguna Behel

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin kamu adalah salah satu orang yang menggunakan behel atau kamu tertarik menggunakan behel dan sedang menimbang-nimbang untuk menggunakannya. Tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba menggunakan behel, karena penggunaan behel memang sedang tren di dunia kecantikan saat ini.

Behel berfungsi merapikan dan memperindah susunan gigi dan tidak sedikit orang yang menggunakan behel agar tampak lebih cantik dan modis sehingga behel tidak lagi dikaitkan dengan penampilan orang-orang yang kutu buku dan cupu.

Apapun alasan kamu menggunakan behel tentunya kamu juga wajib tahu perawatan gigi berbehel agar bagi kamu yang sedang menggunakan behel atau yang ingin menggunakannnya dapat tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu.

Berikut kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat gigi dan mulut dengan baik bagi pengguna behel. Selamat menyimak.

1. Konsultasi ke Dokter

Bagi kamu pengguna behel sangat penting dan wajib untuk rajin berkonsultasi dengan dokter gigi anda paling kurang sebulan sekali, sehingga jika kamu memiliki masalah dengan behel atau gigi maka dapat segera ditangani oleh ahlinya.

2. Minum air putih

Rajinlah minum air putih karena air putih berfungsi membunuh bakteri dan kuman sehingga membuat mulut kamu lebih bersih dan segar dan jug adapt mencegah bau mulut.

3. Menggosok gigi

Jika kamu menggunakan behel sebaiknya kamu harus lebih rajin menggosok gigi dibanding sebelum kamu menggunakan behel baik dengan sikat gigi manual atau sikat gigi elektrik. Ini berfungsi unyuk mengurangi kemungkinan sisa-sisa makanan yang menyangkut pada behel ataupun gigi kamu.

Ada baiknya kamu menggunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus yang di rekomendasikan oleh dokter gigi kamu. Gunakan sikat gigi khusus untuk orthodontic karena memiliki bulu yang lebih halus untuk membersihkan gigi berbehel, sedangkan untuk pasta gigi pilihlah pasta gigi khusus untuk gigi berkawat.

Waktu yang baik dalam menggosok gigi berbehel adalah kurang lebih 20 menit minimal 3 kali bilasan karena plak akan mudah terakumulasi dan membersihkannya akan lebih sulit dibandingkan dengan yang gigi yang tidak menggunakan behel.

4. Obat kumur

Ada baiknya jika kamu juga menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi, ini sangat di anjurkan karena dapat membersihkan mulut dan gigi secara menyeluruh dengan berkumur. Obat kumur ini sangat mudah kamu dapatkan dan tersedia di supermarket maupun toko-toko sekitar rumah kamu, pilihlah yang cocok dan mutunya sudah terjamin.

5. Benang gigi

Perawatan gigi berbehel memang lebih ribet dan harus instensif jika dibanding dengan gigi yang tidak berbehel, selain sikat gigi dan obat kumur ada bainya kamu juga menggunakan benang gigi. Benang gigi atau dental floss berfungsi membersihkan daerah sekitaran kawat gigi yang sulit terjangkau jika menggunakan sikat gigi biasa.

6. Jaga konsumsi makanan

Penting untuk kamu pengguna behel untuk memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi karena jika kamu menggunakan behel ada beberapa jenis makanan yang pantang untuk kamu konsumsi. Hindarilah makan permen karet, makanan yang terlalu manis atau makanan yang terlalu keras karena pada dasarnya pengguna behel dianjurkan untuk menghindari makanan tersebut.

Makanan manis mengandung banyak gula sehingga menjadikan sarang bagi bakteri untuk berkumpul di sekitar kawat gigi, menjadikan bakteri dapat menembus kawat gigi kamu dan merusak gigi. Makanan lengket mudah tersangkut dan menempel pada gigi atau kawat sehingga sulit dibersihkan.

Makanan yang terlalu keras juga sebaiknya dihindari agar tidak merusak kawat gigi dan menjadikan kawat gigi atau behel lebih awet. Kamu juga sebainya menghindari minuman bersoda karena soda bersifat asam asam yang dapat menyebabkan plak di sekitar kawat gigi kamu.

7. Pengguna baru

Jika kamu baru memutuskan untuk menggunakan behel atau lebih tepatnya kamu adalah pengguna baru biasanya pemasangan kawat gigi ini menyebabkan timbulnya rasa sakit ataupun masalah pada daerah sekitar mulut seperti sariawan atau juga gigi yang terhimpit selama berhari-hari.

Pertolongan pertama kamu dapat mencoba membuat air hangat yang dicampu dengan garam satu sendok teh lalu berkumurlah dengan laratan tersebut dan kamu dapat meminum aspirin untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit yang tidak tertahankan. Apabila terus berlanjut penting untuk kamu segera menghubungi dokter gigi.

**

Cukup sekian dulu tips perawatan gigi dan mulut untuk para pengguna behel dan juga bagi kamu yang ingin menggunakan behel. Tertarik? Penting untuk selalu menjaga kesehatan kita tentunya untuk gigi dan mulut agar dapat terhindar dari berbagai penyakit termasuk sakit gigi. Kan kata pepatah lebih baik sakit hati daripada sakit gigi 🙂

Semoga Bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *