Yang Sebaiknya Dihindari Wanita Hamil Terkait Penampilan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Siapa bilang wanita hamil tidak boleh tampil style dan penuh gaya? Wanita hamil juga boleh memakai baju, celana, atau sepatu dan apapun yang bisa menunjang penampilan mereka. Hanya saja, ada beberapa hal tertentu terkait penampilan yang sebaiknya dihindari oleh wanita hamil, khususnya hamil tua.

Ini berguna untuk menghindari sang ibu beserta bayi yang ada dalam kandungannya dari resiko atau hal-hal yang tidak diinginkan. Menjaga kesehatan dan keselamatan calon ibu dan janin yang dikandungnya merupakan hal yang harus menjadi prioritas.

High heel

Bagi Anda yang suka memakai high heel sebelum hamil ada baiknya mulai menyimpan sepatu kesayangan Anda tersebut saat hamil. Untuk kehamilan bulan-bulan pertama mungkin masih bisa ditoleransi, hanya saja jika kehamilan Anda sudah masuk usia tua, ada baiknya benar-benar menghindari sepatu jenis ini.

Anda tentu sering mendengar wanita hamil yang keguguran karena terjatuh atau terpeleset akibat sepatu hak tinggi bukan?

Nah, ini hanyalah salah satu resiko karena memakai sepatu hak tinggi. Memakai sepatu hak tinggi saat hamil juga membuat peregangan pada otot kaki, sehingga menambah rasa nyeri dan pegal di area pinggang. Wanita yang tidak hamil saja akan merasakan pegal dan nyeri saat menggunakan high heel, apalagi wanita hamil?

Selain itu, penggunaan high heel saat hamil tua juga akan membuat kaki membengkak dan otot betis menjadi lebih pendek dan tegang.

Baju dan Celana Ketat

Baju ketat dan skinny jeans memang membantu menunjang penampilan seseorang, hanya saja ibu hamil sebaiknya tidak memakai baju dan celana ketat atau skinny jeans saat hamil ya. Hal ini sebenarnya tidak langsung menganggu perkembangan si janin, akan tetapi menganggu kenyamanan si ibu sendiri.

Ibu yang memakai baju dan ceana ketat biasanya akan cepat merasa gerah, sesak, dan sakit, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, pakaian ketat juga bisa menimbulkan heartburn, sakit pada payudara karena bra terlalu ketat, serta meningkatnya keputihan.

Yang jelas, memakai pakaian ketat juga menghambat sirkulasi darah pada tubuh si ibu. Nah, jika Anda merasakan ketidaknyamanan saat memakai pakaian ketat, maka ada baiknya segera ganti dengan pakaian yang agak longgar.

Produk Kecantikan Tertentu

Kosmetik sangat dibutuhkan untuk menunjang penampilan seseorang, termasuk juga wanita hamil. Hanya saja, wanita hamil juga perlu pintar memilih produk kecantikan tertentu yang tidak mengundang resiko bagi dirinya sendiri ataupun bagi bayi yang dikandungnya.

Ada baiknya ibu hamil menghindari jenis kosmetik yang mengandung zat kimia dalam kadar tinggi, baik berupa make up, pelembab, dan termasuk juga cat rambut. Selain menghindari zat kimia tinggi dalam kosmetik, ada baiknya hindari juga penggunaan parfume atau produk kosmetik beraroma menyengat. Hal ini disebabkan karena ibu akan merasa sangat mual, pusing, dan bahkan muntah karena bau atau aroma menyengat tersebut.

***

Itu dia beberapa hal terkait penampilan yang sebaiknya dihindari ibu hamil, terlebih hamil tua agar tidak membahayakan dirinya beserta si bayi yang ada dalam kandungannya.

Terlepas dari penampilan, hal lain yang sebaiknya juga dihindari wanita hamil yaitu mengkonsumsi makanan tidak sehat, terpapar dengan pestisida ataupun produk pembersih yang tinggi akan zat kimia, berolahraga berat, mengkonsumsi kafein terlalu berlebihan, dan makan terlalu banyak.

Selamat menjalani kehamilan yang bahagia.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *