Cara Mencegah dan Mengobati Varises secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tentu anda pernah mendengar penyakit varises bukan atau mungkin anda sedang mengalaminya sekarang. Varises bukan hanya mengganggu kesehatan anda tetapi bagi sebagian wanita penyakit ini bisa mengurangi rasa percaya diri, bagi anda wanita karir yang tentunya tidak asing lagi dengan sepatu hak tinggi. Perlu anda ketahui kalau penggunaan hak tinggi ini adalah salah satu pemicu terjadinya varises.

Berikut kami akan berbagi info untuk anda untuk mendekteksi sedini mungkin penyakit varises dan cara menghilangkan varises secara alami.

Definisi Varises

Varises adalah penyakit yang biasanya meyerang area kaki khususnya pangkal paha dan betis, varises merupakan pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah vena. Vena berfungsi untuk mengembalikan darah sisa metabolisme yang berasal dari seluruh jaringan dalam tubuh menuju ke jantung. Jika tonus otot di sekitar pembuluh vena lemah, maka terjadilah stasis atau kondisi dimana aliran darah terhenti sehingga vena melebar.

Efek dari vena yang melebar ini akan menyebabkan pembuluh darah menjadi berwarna ungu tidak beraturan dan terlihat menonjol dan munculnya rasa sakit pada kaki Anda, inilah yang di sebut sebagai varises.

Varises dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan sirkulasi darah pada area sekitar tungkai kaki dan betis karena penggunaaan sepatu hak tinggi dimana anda terlalu lama berdiri dan berjalan tegak. Varises menyerang ibu hamil yang disebabkan oleh hormon kelahiran tetapi biasanya menyerang kehamilan yang telah berulang di atas tiga kali.

Varises juga dapat terjadi jika pada saat sedang berolahraga lari atau jogging anda tiba-tiba jongkok maka akan memicu penyumbatan pembuluh darah di daerah pangkal betis anda. Selain itu, faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab terjadinya varises.

Pengobatan varises

Anda dapat mencoba tips berikut untuk mengobati varises secara alami, tetapi tentunya tidak instan sehingga untuk mendapatkan hasil optimal anda harus rutin melakukannya,

1. Rutinlah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung gizi seimbang dan serat yang dapat melancarkan peredaran darah seperti buah cherry, blueberry, jeruk nipis,wortel, bayam,bawang putih, bawang merah dan mentimun.

2. Rajinlah berolahraga, anda dapat melakukan olahraga rinngan seperti berjalan kaki selama beberapa menit untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh anda, olahraga juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki dan vena sehingga mengurangi resiko terjadinya varises.

3. Hindarilah pemakaian sepatu hak tinggi karena pada tumit yang rendah atau sejajajr akan memaksimalkan kerja pada betis untuk bekerja. Tetapi bagi anda wanita karir yang diharuskan untuk mengenakan high heels, anda dapat sesering mungkin melakukan peregangan untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian kaki ,tumit dan betis anda misalnya pada jam istirahat anda.

4. Gunakanlah minyak biji jarak untuk menghilangkan varises anda secara alami. Caranya adalah dengan mengoleskannya pada bagian tubuh anda yang mengalami varises misalnya pada pangkal betis kemudian pijatlah, tetapi ingat jangan terlalu keras, pijatlah perlahan dan lembut.

5. Kurangilah konsumsi gula dan garam karena selain dapat menyebabkan diabetes dan tekanan darah tinggi, apabila gula dan garam berlebih pada tubuh anda ternyata juga dapat memicu varises. Garam dapat penyumbat pembuluh darah yang akan memperparah pembengkakan varises sedangkan gula dapat mengikat lemak dan memicu timbunan lemak dalam tubuh sehingga juga akan menyumbat pembuluh darah anda. Selain itu makanan pedas juga dapat merangsang pelebaran pembuluh darah.

6. Hindarilah berdiri atau duduk terlalu lama. Jika anda berdiri terlalu lama maka kaki akan mejadi lebih cepat lelah dan memicu terjadinya varises pada daerah betis dan kaki, dan jika anda duduk sebaiknya jangan menyilangkan kaki karena dapat menghambat perdaran darah.

7. Kontrol berat badan dan makanan yang anda konsumsi karena dapat memicu terjadinya varises jika anda mengalami kegemukan atau obesitas. Ada baiknya anda mulai mencoba diet rendah garam dan konsumsilah makanan bergizi yang rendah kolesterol.

**

Demikianlah tips dari kami yang dapat anda coba untuk menghindari dan mengobati varises. Bagaimana cukup mudah untuk diterapkan bukan? Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *