5 Poin Penyebab Kusam Pada Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit wajah kusam menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami para wanita. Kondisi ini membuat wanita merasa sangat tidak percaya diri karena kulit ideal yang diharapkan oleh wanita yaitu wajah cerah dan bersih. Sementara wajah kusam memberikan kesan tidak bersih dan kurang cantik.

Secara garis besar, kulit wajah menjadi kusam disebabkan karena efek buruk cahaya matahari. Tetapi ternyata kulit kusam tidak hanya disebabkan karena terbakar cahaya matahari lho, ladies. Banyak penyebab lain yang membuat kulit wajah menjadi kusam dan kering.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 5 poin yang sering menjadi penyebab kusam pada wajah:

Sinar ultraviolet

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, sinar ultraviolet menjadi penyebab paling sering kekusaman pada kulit, termasuk juga kulit wajah. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari yang bersifat panas ‘membakar’ lapisan terluar kulit sehingga membuatnya tampak lebih gelap.

Untuk mensisati hal ini, ada baiknya gunakan tabir surya pada wajah agar mencegah efek buruk cahaya matahari tersebut. Jika kamu traveling atau bepergian jauh saat musim panas, ada baiknya memakai kacamata atau topi bersisi lebar agar kulit wajahmu terhindar dari kekusaman di samping berfungsi juga untuk style. Pasalnya, cahaya ultraviolet ini tidak hanya menyebabkan kekusaman pada wajah, namun juga memicu kanker kulit jika terpapar dalam waktu lama dan terus-menerus.

Sering begadang

Dipercaya atau tidak, begadang ternyata juga bisa menimbulkan kekusaman pada kulit wajah. Hal ini disebabkan karena wajah membutuhkan waktu untuk beregenerasi dan waktu ideal bagi kulit melakukannya yaitu pada malam hari saat tidur.

Tidak hanya sebatas itu, sering begadang juga membuat kulit kering dan memicu timbulnya garis-garis halus pada kulit. Dan, sebaiknya kamu juga tidak lupa bahwa alasan utama mata panda adalah karena sering begadang ini.

Stres atau banyak pikiran

Banyak pikiran atau stres juga bisa memperbesar resiko kekusaman pada kulit. Hal ini disebabkan karena kelenjer yang mengontrol emosi akan meningkat dan mempengaruhi aura wajah. Selain kusam, stres juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan minyak pada wajah. Untuk itu, ada baiknya jangan terlalu banyak fikiran dan sedapat mungkin hindari stres ya.

Rokok dan alkohol

Ternyata rokok dan alkohol tidak hanya berefek negatif bagi kesehatan tubuh, tetapi ia juga bisa membuat kulit wajah menjadi kusam dan memicu timbulnya penuaan dini. Rokok menghambat peredaran darah dan oksigen ke kulit sehingga kulit wajah terlihat kusam dan memiliki noda hitam.

Orang yang terbiasa merokok dalam jangka panjang akan terlihat lebih tua dibandingkan mereka yang tidak merokok. Begitu juga dengan alkohol. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak akan membuat kulit kekurangan cairan, sehingga terlihat tidak segar.

Efek samping kosmetik

Kekusaman pada wajah bisa jadi juga disebabkan karena pemakaian kosmetik tertentu. Meski hal ini jarang terjadi, namun pada kenyataannya memang ada jenis kosmetik tertentu yang memiliki efek samping membuat kulit wajah menjadi lebih gelap. Ada pula kosmetik pemutih yang membuat wajah putih tapi jika pemakaian dihentikan, maka kulit akan lebih hitam dari sebelumnya.

***

Nah, itu dia beberapa penyebab kusam pada kulit wajah. Untuk mencegah terjadinya kekusaman pada kulit wajah, maka kamu bisa menghindari segala faktor resiko tersebut. Dengan membiasakan diri menjauhi penyebab tersebut, maka kulit wajah kusam akan kembali cerah seperti sediakala.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *