Tips dan Cara Meningkatkan Nafsu Makan

wanita bernafsu makan tinggiHilangnya nafsu makan bisa diindikasikan sebagai gejala awal melemahnya kesehatan baik secara mental, fisik maupun emosional.

Kurang nafsu makan umumnya terjadi pada orang tua dan anak-anak karena perubahan hormonal ataupun karena perubahan pola makan.

Beberapa penyebab lain menurunnya nafsu makan adalah karena penyakit hepatitis, demam dan infeksi tenggorokan.

Selain itu, hilangnya nafsu makan juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan zat gizi tertentu terutama seng, magnesium dan kalium.

Kehilangan nafsu makan yang berkepanjangan dapat menyebabkan kekurangan vitamin penting bagi tubuh seperti vitamin C, A dan E. Selain itu, nafsu makan yang menurun akan menyebabkan tubuh menjadi kurus, berat badan menurun dan kelihatan kurang gizi.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan yang bisa kita lakukan, antara lain:

Olahraga Teratur

Olahraga apa pun yang meningkatkan detak jantung akan membakar kalori dan akhirnya akan merangsang timbulnya nafsu makan. Perlu diingat bahwa sebaiknya mengkonsumsi  lebih tinggi asupan kalori sebelum berolahraga.

Minum Suplemen Vitamin B

Pemberian suplemen vitamin B setidaknya 100mg setiap hari dapat meningkat nafsu makan pada anak-anak. Selain itu, meningkatkan konsumsi vitamin A, vitamin E dan C serta unsur lainnya seperti kalium dan magnesium juga dapat merangsang nafsu makan yang lebih besar.

Minum Suplemen Seng

Beberapa penelitian telah dilakukan tentang manfaat seng dan pengaruhnya pada selera makan manusia.  Studi-studi tersebut menemukan fakta bahwa terdapat perbedaan selera makan antara orang-orang yang menderita kekurangan seng  dengan mereka yang  terpenuhi kadar seng dalam tubuhnya. Karena ini, banyak dokter menyarankan bahwa siapa pun, yang berusaha untuk meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan, sebaiknya mengkonsumsi  suplemen seng yang cukup.

Variasi Menu Makanan

Mengkonsumsi makanan bervariasi 5 hingga 6 porsi dapat menambah selera makan anda. Makanan itu sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks seperti  nasi, pasta, indomie, roti dan kentang.  Sebaiknya makan 3 kali sehari meskipun dalam porsi kecil untuk mempertahankan selera makan.

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Hindari minuman yang mengandung soda dan gula, teh serta kopi. Selain itu, cobalah menghindari makanan bergula serta makanan olahan gula lainnya karena kandungan gula yang tinggi akan menekan  dan mengurangi selera makan.

***********

Semoga aneka tips dan cara meningkatkan nafsu makan di atas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!




  • yumant

    terimakasih atas infonya