8 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Ketombe

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Untuk kamu yang sering mengalami masalah dengan kulit kepala, ketombe salah satunya, tentu akan terasa sangat tidak menyenangkan bukan? Memiliki rambut yang indah adalah dambaan setiap wanita tapi jika kulit kepala berketombe tentunya akan sangat mengganggu.

Apalagi jika ketombe sudah menyerang kronis, kulit kepala pastinya akan terasa gatal dan yang paling buruknya adalah ketombe bisa jatuh dan keliatan di pundak. Wah makin tidak percaya diri deh, dikit-dikit melirik pundak untuk memastikan tidak ada ketombe yang jatuh.

Mungkin kamu sudah mencoba berbagai jenis shampo tetapi ketombenya tetap ada, nah berikut kami akan paparkan beberapa tips untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya sangat mudah kok dan bahan yang digunakan juga cukup simpel.

Yuk diintip tips perawatan kulit kepala yang berketombe dengan bahan alami.

1. Garam

Salah satu bumbu makanan yang wajib ada di dapur ini ternyata bukan cuma baik digunakan sebgai penyedap rasa tetap juga untuk mengusir ketombe di kulit kepala karena garam dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala.

Caranya sangat simpel, cukup taburkan ke kulit kepala yang agak basah kemudian pijat secara lembut dan pelan-pelan dan biarkan selama kurang lebih 3 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Jeruk nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon dapat menghilangkan ketombe karena mengandung asam yang dapat mencegah jamur penyebab ketombe pada kulit kepala. Kamu dapat memeras jeruk atau lemon tersebut sebanyak 2 sendok makan kemudian oleskan di kepala yang agak basah.

Pijat atau diremas secara perlahan dan menyeluruh kemudian biarkan hingga kurang lebih 5 menit dan cucilah denga air hingga bersih. Selain akan menghilangkan ketombe di kepala, rambutmu juga akan berbau segar dan harum.

3. Santan kepala

Jauh sebelum adanya shampo, santan kelapa sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai bahan alami untuk menyuburkan dan menyehatakan rambut dan kulit kepala, hingga jaman sekarang pun anda dapat menggunakan santan kelapa untuk membasmi ketombe pada kulit kepala.

Campurkan setengah butir santan kelapa, perasan jeruk nipis, nanas yang telah diblender halus, dan ½ gelas air kelapa kemudian gunakanlah seperti jika kamu memakai shampo, biarkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.

4. Minyak zaitun atau Minyak almond

Jika di rumah kamu terdapat minyak zaitun atau minyak almond maka kamu dapat menggunakannya sebagai bahan alami yang dapat mengusir ketombe di kulit kepalamu.

Caranya adalah kamu dapat memanaskan terlebih dahulu salah satu dari minyak zaitun atau minyak almond kemudian oleskan sampai merata pada kepala sambil dipijit-pijit lalu bungkus rambut kamu dengan menggunakan handuk kurang lebih setengah jam dan bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

5. Lidah buaya

Ternyata selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe di kulit kepala kamu, caranya adalah pertama-tama bagian daging lidah buaya ditumbuk hingga halus lalu dioleskan pada kulit kepala kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Apel

Kamu mungkin sering menikmati lezatnya buah apel ini yang ternyata juga baik untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala, caranya sangat mudah. Blenderlah apel sebanyak 3 buah kemudian campurkan extrak apel dengan air hangat secukupnya hingga rata lalu gunakanlah untuk keramas seperti memakai shampoo, biarkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

7. Cuka

Jika kamu adalah salah satu penggemar makanan yang agak kecut, pasti kamu sudah familiar dengan cuka bukan, tapi bagaimana jika mencuci kulit kepala dengan menggunakan cuka, wah… kedengarannya sangat ekstrim ya. Tetapi memang tidak dapat dipungkiri mencuci rambut dengan menggunakan cuka adalah salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan ketombe di kult kepala karena bersifat fungisida.

Gunakanlah cuka putih yang dicampur dengan air hangat masing-masing ½ cangkir kemudian tuangkan campuran tersebut pada kulit kepala yang telah dibasahi dan digosok lembut menyeluruh lalu bilas dengan air hangat. Biarkan semalaman hingga kamu mencucinya kembali keesokan harinya.

8. Bunga kembang sepatu

Kita mengenal bunga kembang sepatu sebagai bunga yang sering mempercantik pekarangan kita, bunga yang biasa berwarna merah terang ini ternyata dapat juga menghilangkan ketombe di kulit kepala kamu.

Caranya adalah siapkan air secukupnya untuk direbus hingga mendidih kemudian campurkan 3 tangkai bunga kembang sepatu dengan sedikit minyak kelapa hingga 10 menit lalu dinginkan. Setelah itu oleskan dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata lalu diamkan selama 3 jam kemudian bilas hingga bersih.

**

Nah itulah 8 bahan alami yang  sering kita temui di lingkungan sehari-hari yang bermanfaat untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Kulit kepala akan sehat kembali tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk perawatan rambut berketombe atau mencoba berbagai macam shampoo yang mengandung bahan kimia yang bisa saja semakin memperparah ketombe.

Tapi ingat kamu harus rutin melakukannya agar mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *