Perawatan Kulit dengan Lulur Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit yang mulus dan putih selalu menarik perhatian. Itu sebabnya, kaum wanita harus menjaga kehalusan, kekenyalan serta kecerahan kulitnya. Kulit cantik tidak hanya menarik, tetapi juga menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh, karena pemilik kulit yang sehat biasanya jauh dari penyakit.

Tahukah Anda, bagaimana cara menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh secara alami? Ini dia beberapa tipsnya, disimak ya!

Penggunaan Bahan Alami

Kosmetik yang banyak diproduksi belakangan ini umumnya menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya, dengan iming-iming memutihkan kulit secara instan.

Anda bisa mencari beberapa artikel, atau informasi dari sumber-sumber terpercaya, mengenai zat-zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik, sehingga Anda dapat menghindarinya.

Untuk itu, kiranya Anda wajib mengikuti tips berikut:

1. Teliti sebelum membeli kosmetik. Perhatikan kandungan yang tertera pada kemasan kosmetik. Amati dan bandingkan dengan nama-nama zat berbahaya yang sudah Anda pelajari.

2. Gunakan lulur dari bahan alami. Penggunaan bahan alami lebih aman untuk kulit, karena selain tidak mengandung zat berbahaya, bahan alami akan mudah meresap ke dalam kulit dan menutrisi ke seluruh jaringan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat.

3. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Bagi kaum muslimah, menggunakan busana muslim yang menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sangat membantu dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Bahkan krim tabir surya pun belum tentu aman dan menutrisi kulit dengan baik.

Manfaat Menggunakan Lulur

Lulur atau body scrub sangat bermanfaat untuk kulit tubuh Anda. Jika menggunakan body lotion, kandungan zat kimianya bisa membahayakan Anda. Namun, lulur yang terbuat dari bahan alami yang bisa Anda buat sendiri, akan lebih bermanfaat untuk:

  • Mencerahkan dan memutihkan kulit
  • Mengencangkan dan membuat kulit lebih halus
  • Mengangkat sel kulit mati dan membantu pembentukan sel – sel kulit yang baru
  • Membuat kulit tidak mudah kering dan bersisik

Selain itu, saat menggunakan lulur satu atau dua kali dalam seminggu biasanya mampu menghilangkan stress karena sifatnya membuat relaksasi, disertai pijatan-pijatan ringan ketika meratakan lulur ke seluruh tubuh Anda. Peredaran darah pun menjadi lebih lancar dan otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Cara Membuat Lulur dari Bahan Alami

1. Lulur Kulit Jeruk

Campurkan 3 sendok bunga biji matahari yang sudah dihaluskan, parutan kulit jeruk dan kulit lemon, bersama 3 sendok oat, 3 sendok garam laut, minyak essensial, dan minyak almond.

2. Lulur Gula Putih

Campurkan gula putih yang kasar, baby lotion dan madu.

3. Lulur Kopi

Gunakan kopi alami dan yang berbau harum, jangan menggunakan kopi instan. Giling lembut namun agak kasar, campurkan dengan madu.

4. Lulur Beras Jepang

Cuci beras jepang, rendam selama 2 hari. Tiriskan hingga kering, tumbuk sampai halus, campur dengan sedikit air mawar. Bentuk beras menjadi adonan kecil-kecil dan jemur di bawah sinar matahari sampai beras kering sempurna. Jika ingin dilulurkan, campur dengan sedikit air.

5. Lulur Tomat dan Jeruk Nipis

Haluskan tomat dengan blender, campur dengan air perasan jeruk nipis. Lulurkan pada kulit tubuh maupun wajah Anda.

6. Lulur Bengkoang

Parut bengkoang yang sudah dikupas dan dicuci. Peras dengan kain bersih. Tunggu hingga mengendap. Endapan putih bisa diambil dengan membuang cairan bening di atasnya. Endapan itulah yang Anda gunakan sebagai lulur.

**

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan lulur secara rutin, sambil digosokkan kemudian diamkan selama 10 – 15 menit. Selamat merawat kulit tubuh Anda!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *