Ini Nih, 3 Faktor yang Membuat Ketiak Jadi Bau

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bau ketiak memang menjadi salah satu permasalahan yang dialami sebagian besar pria dan wanita. Bau ini disebabkan karena berkembangnya bakteri pada kulit yang berkeringat. Terdapat dua jenis kelenjar keringat yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin mengeluarkan air dan garam, sementara apokrin mengeluarkan keringat yang mengandung protein dan asam lemak. Kelenjar apokrin inilah yang banyak terdapat pada ketiak, termasuk juga selangkangan, tangan dan kaki.

Pada dasarnya, keringat yang dihasilkan oleh kedua kelenjar ini sama-sama bertanggungjawab untuk timbulnya bau badan yang tidak sedap, hanya saja keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin lebih dominan.

Jika keringat yang dihasilkan kelenjar apokrin ini dibiarkan saja di kulit, maka ia akan mengundang bakteri sebagai penyebab bau badan. Selain itu, keringat yang dihasilkan oleh kelenjer apokrin ini lebih kental dan berwarna kuning, sehingga ialah yang jadi penyebab timbulnya noda kekuningan pada ketiak baju warna terang.

Lalu, apa faktor resiko yang menjadi pemicu timbulnya bau pada ketiak ini?

Secara garis besar, beraktifitas di bawah cahaya matahari akan mengundang bau ketiak karena pada saat itu kelenjer apokrin lebih banyak memproduksi keringat. Hanya saja, ada banyak faktor lain selain beraktifitas di bawah cahaya matahari yang juga menyebabkan ketiakmu menjadi bau, ladies.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasan tentang beberapa penyebab yang membuat ketiak menjadi bau.

Bekerja atau beraktivitas berat

Bekerja atau beraktivitas berat meskipun tidak di bawah cahaya matahari langsung juga bisa menimbulkan bau pada ketiak. Hal ini disebabkan karena pada saat beraktivitas berat, suhu tubuh akan meningkat dan sejalan dengan itu produksi keringat juga akan berlebih. Sehingga keringat akan mengendap dan menumpuk di ketiak. Inilah yang membuat bakteri berkembang dan memicu timbulnya bau ketiak.

Mengkonsumsi makanan tertentu

Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya bisa memicu timbulnya bau pada ketiak. Diantaranya yaitu daging merah, bawang putih, dan makanan yang memiliki bau tajam. Hal ini disebabkan karena gas atau sisa makanan tersebut juga dikeluarkan dalam bentuk keringat. Daging merah misalnya, jenis makanan ini termasuk makanan yang sulit dicerna dan ketika mengalami pembusukan, gas atau racun busuk ini akan dikeluarkan dalam bentuk keringat.

Sementara bawang putih bisa memperbesar resiko bau ketiak karena ia mengeluarkan gas sulfur yang nantinya dikeluarkan melalui pori-pori dan bercampur dengan keringat. Nah, semakin banyak keringat yang keluar, maka biasanya tidak hanya bau ketiak yang akan timbul tetapi juga bau badan secara keseluruhan.

Kurangnya kebersihan ketiak

Poin ini sudah menjadi penyebab pasti timbulnya bau ketiak. Seperti yang kita tau, bakteri sangat mudah berkembang di tempat yang kotor, bau, lembab, dan tidak bersih. Ketika ketiak tidak dibersihkan, maka keringat yang menempel akan membuat bakteri mudah berkembang. Kondisi ini akan semakin parah manakala kamu tidak pernah mencabut atau mencukur bulu ketiak.

***

Berat badan berlebih juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab bau pada ketiak. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi berat badan maka produksi keringatpun akan semakin meningkat.

Orang yang tengah stres dan emosional juga cenderung memiliki bau ketiak karena pada situasi tersebut, keringat yang diproduksi kelenjar apokrin juga semakin meningkat. Menurut beberapa orang, menggunakan baju bekas orang yang memiliki bau ketiak juga bisa membuat kita tertular bau ketiak, lho.

Apapun penyebab bau ketiakmu, yang jelas kamu harus segera menanganinya ya. Jangan sampai bau ketiak membuatmu merasa tidak percaya diri atau bahkan diejek oleh teman-teman. Cara termudahnya yaitu menghindari segala faktor resiko yang menjadi penyebab bau ketiak seperti diungkapkan di atas.

Selain itu, agar ketiak tidak bau selama beraktivitas, maka kamu bisa menggunakan bedak ketiak ataupun deodoran sebelum keluar rumah. Bedak ketiak berfungsi menyerap keringat sementara deodoran berfungsi mengatasi bakteri yang mengendap serta meredam bau ketiak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *