Perawatan Kulit Bagi yang Berbusana Muslimah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu alasan seorang wanita enggan mengenakan busana muslimah adalah karena takut merasa gerah atau kepanasan, apalagi jika tubuhnya mudah berkeringat. Berkeringat adalah reaksi tubuh untuk pendinginan. Berkeringat merupakan gejala yang wajar karena merupakan mekanisme sistem pengeluaran pada tubuh untuk membuang zat-zat yang tak berguna lagi dan sebuah mekanisme untuk mengontrol suhu tubuh.

Berkeringat menunjukkan bahwa tubuh kita sehat. Namun, seringkali keringat yang kita keluarkan itu menyebabkan pakaian basah, aroma tubuh tidak sedap/bau badan, biang keringat, atau mengakibatkan kulit rusak.

Anda seharusnya tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Yang harus Anda lakukan adalah menghindari penyebab keringat berlebih, terutama di bagian wajah, leher, ketiak serta lipatan-lipatan tubuh lainnya.

Penyebab Keringat Berlebih pada Tubuh dan Cara Mengatasinya

1. Kopi panas, makanan pedas, minuman beralkohol dan rokok

Selain dari panas minuman, kafein merangsang sistem saraf pusat untuk mengaktifkan kelenjar keringat. Otak juga bereaksi terhadap capsaicin, zat yang membuat cabe bersifat panas yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar keringat. 

Alkohol pun membuat Anda panas melalui proses vasodilatasi, yaitu pelebaran pembuluh darah yang meningkatkan temperatur kulit. Begitu pula nikotin dalam rokok juga menyebabkan Anda mudah berkeringat karena mempengaruhi kadar hormon, kulit dan otak. Sebaiknya hindari makanan dan minuman tersebut.

2. Kain sintetis

Bahan polyester dan akrilik dapat memicu tubuh mengeluarkan keringat berlebih, karena mencegah keringat menguap. Sebaiknya kenakan pakaian dari bahan alami, yang sejuk dan menyerap keringat, seperti katun atau sutra, untuk membuat Anda tetap kering. 

Apabila Anda menderita telapak kaki berkeringat, cucilah kaki secara berkala dengan air dingin dan keringkan. Taburkan bedak di antara jari kaki. Gunakan sepatu dari bahan bernapas (misalnya kulit atau kanvas). Kenakan kaos kaki berbahan wol atau katun.

3. Tabir surya

Setelah memakai tabir surya, Anda akan merasa berkeringat, karena tabir surya menciptakan penghalang pada kulit yang membuat keringat sulit menerobos lapisan penghalang itu. Mengenakan busana panjang lebih baik daripada menggunakan tabir surya jika harus berada di bawah terik sinar matahari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet yang menyebabkan kanker kulit.

4. Premenstruation Syndrome (PMS)

Pada beberapa wanita, tingkat estrogen yang turun begitu rendah pada hari-hari sebelum menstruasi dapat menyebabkan seseorang merasa kepanasan. Hal ini memang sulit dihindari, karena berkaitan dengan hormon. Untuk meminimalisir, gunakan deodoran bebas alkohol, dan tetap mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun lembut.

5. Obat

Obat tekanan darah, antidepresan, obat anti-inflamasi dan beberapa obat diabetes bisa menimbulkan efek berkeringat. Kurangi stres, kecemasan dan masalah emosi lain yang dapat memicu kenaikan produksi keringat. 

6. Kekurangan oksigen

Ruangan yang sempit dan kurang ventilasi sangat mengundang rasa gerah. Jaga lingkungan Anda tetap sejuk dan memiliki ventilasi yang baik.

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit bagi yang Berbusana Muslimah

  • Agar make up pada wajah tidak mudah luntur saat berkeringat, gunakan riasan tipis saja, dengan foundation dan make up yang waterproof.
  • Anda tidak perlu menggunakan body lotion ataupun tabir surya, karena busana dengan kain yang tepat cukup melindungi tubuh Anda. Untuk menghindari kulit kering, bersisik, atau kotor akibat keringat, rajinlah merawat tubuh dengan lulur berbahan alami, selain mandi secara teratur.
  • Konsumsi makanan bervitamin C dan E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jaringan kulit Anda.

**

Jadi, Anda tidak perlu khawatir, busana muslimah tidak akan membuat Anda kepanasan, asalkan disertai niat yang ikhlas, mengikuti tips-tips perawatan kulit untuk muslimah di atas.

Selamat berbusana muslimah!

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Perawatan Kulit Bagi yang Berbusana Muslimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *