4 Aturan Menggunakan Parfum Agar tidak Berefek Buruk

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Parfum menjadi salah satu kosmetik yang wajib dimiliki oleh wanita dan pria. Hal ini disebabkan karena parfum bisa membuat aroma tubuh menjadi lebih harum dan fresh. Bahkan, orang yang memiliki bau badan sekalipun bisa wangi dengan hanya menyemprotkan parfum ini.

Apapun jenis wangi parfum yang kamu pilih, baik fresh, kalem, natural, green, floral, fruity, citrus, classic, oriental, sporty, dan beragam pilihan aroma lain tapi yang pasti ada baiknya tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, tidak selamanya parfum bisa membawa efek positif. Kadangkala, parfum juga bisa mendatangkan efek samping dan bahaya pada kesehatan tubuh jika tidak digunakan dengan benar.

Agar pemakaian parfum tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh, maka ada baiknya kamu membaca beberapa aturan dalam menggunakan parfum berikut ini:

Semprotkan Secukupnya

Kebanyakan orang menilai bahwa ia harus menyemprotkan parfum dalam jumlah banyak agar aroma tubuhnya semakin harum dan tahan lama. Memang, menyemprotkan parfum dalam jumlah banyak akan membuat tubuh harum dan tahan lebih lama. Hanya saja, cara ini cenderung membawa banyak dampak buruk pada tubuh, tidak hanya kamu sendiri tetapi orang lain yang menciumnya.

Bau menyengat karena menyemprotkan banyak parfum akan membuat kepala pusing dan beresiko bagi penderita asma. Selain itu, parfum berlebihan juga mengundang masalah iritasi kulit serta sejumlah penyakit lainnya di dalam tubuh karena terlalu banyak menghirup zat kimia dari parfum tersebut.

Jangan Asal Murah

Harga memang menjadi salah satu pertimbangan banyak orang dalam membeli sebuah produk, termasuk juga parfum. Hanya saja, ada baiknya tidak terlalu berpatokan pada harga murah karena kualitas parfum dengan harga sangat murah perlu diragukan. Selain itu, parfum yang berkualitas buruk biasanya mengandung zat-zat kimia berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Diantara beberapa zat yang sering ditemukan pada parfum murah yaitu alergen, merupakan zat yang menyebabkan sakit kepala, dermatitis, dan serangan asma. Tentu tidak hanya itu saja, sejumlah zat kimia dalam parfum yang berkualitas buruk juga akan berdampak lebih buruk pada tubuh dalam jangka panjang. Untuk itu, selain pertimbangan harga, ada baiknya pertimbangkan pula bagaimana kualitas parfum tersebut ya ladies.

Hindari Bagian Tubuh Tertentu

Ada beberapa bagian tubuh tertentu yang sebaiknya tidak disemprotkan parfum karena bagian ini sensitif dan mudah mengalami masalah saat terpapar dengan parfum. Bagian tersebut yaitu wajah. Ada baiknya tidak menyemprotkan parfum ke wajah karena bisa masuk ke dalam mata dan hidung.

Jika parfum masuk ke hidung atau mata, maka bagian tersebut akan sangat mudah iritasi dan alergi. Selain itu, usahakan juga untuk tidak menyemprotkan parfum ke daerah bagian depan telinga agar parfum tidak masuk ke dalam lubangnya. Jika kamu mengalami luka yang belum kering pada kulit, maka jangan sampai luka tersebut terkena parfum ya.

Terlalu Lama

Dengan aktivitas yang menumpuk, kamu kadang tidak sadar kalau parfum yang kamu pakai sudah sangat lama, bahkan sampai bertahun-tahun. Meskipun ada parfum yang tahan lama, namun ada baiknya tidak memakai parfum yang sudah mengalami perubahan pada aroma ataupun warna, jika parfum tersebut berwarna.

***

Itu dia beberapa aturan penting yang sebaiknya kamu hindari agar penggunaan parfum tidak membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka kamu sudah bisa menggunakan parfum tanpa takut mengalami resiko tertentu.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, poin-poin di atas memang sangat perlu diperhatikan karena kulit sensitif sangat rentan dengan zat kimia dalam parfum. Jika terjadi alergi setelah menggunakan parfum yaitu gatal-gatal atau kemerahan, maka ada baiknya segera hentikan penggunaannya ya ladies.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *