Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Menjadi seorang ibu adalah dambaan setiap wanita, hidup seolah belum sempurna jika kita belum merasakan memiliki buah hati. Tentunya ada sensasi tersendiri yang dialami oleh para wanita pada masa kehamilan dan melahirkan. Akan terjadi perubahan hormon pada ibu hamil dan menyusui yang tak jarang menimbulkan sedikit masalah pada kesehatan ibu, salah satunya adalah berdasarkan survey terdapat sekitar 50 % ibu yang telah melahirkan akan terjadi kerontokan pada rambut kepala mereka.

Jika anda adalah salah satu dari ibu yang sedang mengalami kerontokan setelah melahirkan maka penting untuk membaca tips kami berikut ini, tentunya ini penting juga untuk samua wanita walaupun mungkin anda belum menikah. Ini bisa menjadi tips penting yang perlu anda ingat jika nantinya anda mengandung dan melahirkan.

Berikut kami akan berbagi info bagaimana cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

1. Konsumsi Sayuran dan Buah

Anda harus mengkonsumsi makanan bergizi tentunya seperti sayuran dan buah karena kandungan nutrisi pada saat mengandung dan menyusui tentunya akan meningkat dari sebelumnya. Sayuran dan buah banyak mengandung anti oksidan, flavanoid, Zinc, vit C dan vit E yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi terjadinya kerontokan pada rambut anda setelah melahirkan.

2. Konsumsi ikan Salmon

Ikan salmon sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui karena mengandung vitamin B kompleks dan omega 3 yang baik untuk ibu dan juga menjaga kualitas air susu yang menjadi makanan pokok sang bayi.  Selain itu juga berfungsi menutrisi rambut anda dan mencegah terjadinya kerontokan setelah melahirkan.

3. Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan

Konsumsilah biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah atau kacang almond. Selain baik dikonsumsi pada masa kehamilan dan meningkatkan produksi asi anda saat menyusui, juga baik untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan karena mengandung biotin yang dapat menambah kandungan nutrisi pada rambut anda dan vitamin B6 yang dapat merawat rambut anda.

4. Sisir bergigi jarang dan potong rambut

Jika sebelumnya anda meggunakan sisir yang bergigi padat maka setelah melahirkan maka sebaiknya anda menggunakan sisir bergigi jarang agar dapat mengurangi rambut rontok pasca melahirkan. Anda juga dapat memotong rambut anda sedikit lebih pendek jika anda merasa tidak punya cukup banyak waktu karena rambut panjang cenderung membutuhkan waktu perawatan lebih agar tidak rontok.

Model bob adalah salah satu contoh model rambut yang baik dan trendy untuk ibu menyusui agar anda merasa lebih fresh dan percaya diri. Hindari juga penggunaan hair dryer atau catokan karena dapat memperparah kerontokan pada rambut anda setelah melahirkan.

5. Shampo yang tepat

Pilihlah shampo yang tepat untuk anda seperti shampoo untuk rambut rontok, gunakanlah shampo yang mengandung silica dan biotin karena kandungan tersebut menjadikan rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

6. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan yang dapat menutrisi kulit kepala dan rambut anda agar lebih sehat dan kuat. Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut anda dan biarkan kurang lebih 20 menit sebelum dibilas hingga bersih, lakukan rutin minimal 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal

7. Berpikir positif dan hindari Stres

Akan terjadi banyak perubahan dan kebiasaan dalam hidup anda ketika anda menjadi seorang ibu, dan mungkin ini akan terasa sangat berbeda khususnya bagi ibu muda yang baru pertama kali melahirkan.

Mungkin anda butuh waktu untuk beradaptasi tetapi jangan sampai hal itu membuat anda stres dan berpengaruh pada kesehatan anda, dan tentunya juga dapat berdampak pada kerontokan rambut anda. Berpikirlah positif dan nikmatilah masa-masa indah menjadi seorang ibu dan memiliki bayi kecil anda yang sangat lucu, berbahagialah.

**

Demikianlah tips mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dari kami. Selamat menjadi seorang ibu bagi anda yang baru melahirkan dan semoga pengalaman menjadi seorang ibu baru yang membahagiakan juga nantinya akan anda rasakan jika saat ini anda belum mengalaminya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *