Mengenal Jenis Kulit dan Perawatan Terbaiknya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Penting lho untuk mengetahui masuk kategori mana jenis kulitmu, ladies. Pada kenyataanya tidak setiap orang memiliki kulit yang sama dengan orang lain, sehingga jenis perawatannyapun akan berbeda. Dengan mengetahui jenis kulit, maka kamu akan lebih mudah dalam memilih perawatan yang tepat sesuai dengan jenis kulit kamu. Selain itu kamu juga bisa tau apa saja yang akan membuatnya rusak atau tidak cocok bagi jenis kulit yang kamu miliki.

Ada berbagai kategori jenis kulit yang selama ini dikenal, secara garis besar yaitu kulit kering, normal, berminyak, dan jenis kulit sensitif. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan tentang masing-masing kategori kulit dan bagaimana perawatan terbaiknya.

Kulit Normal

Kamu yang memiliki kulit normal bisa bersenang hati. Pasalnya kulit normal biasanya tidak berminyak, kering, ataupun sensitif, sehingga kamu bisa memakai segala jenis perawatan tanpa takut iritasi atau alergi. Hanya saja, ada baiknya tetap pilih produk perawatan yang tidak mengandung zat kimia tinggi atau berbahaya agar kulit normalmu tidak rusak.

Untuk mengetahui apakah kulitmu masuk jenis ini, maka kamu bisa melakukannya dengan melakukan tes kecil-kecilan yaitu dengan mengusap wajah pada tisu pada pagi hari. Jika tidak ada minyak yang menempel pada tisu, maka ini mengindikasikan bahwa kulit kamu termasuk jenis kulit normal.

Kulit Berminyak

Ini jenis kulit yang sedikit banyaknya membuat para ladies kesal. Hal ini disebabkan karena produksi minyak pada jenis kulit ini tergolong lebih tinggi dibandingkan kulit minyak normal, terlebih pada daerah tertentu seperti dahi dan hidung. Tidak hanya sebatas itu, orang yang memiliki jenis kulit berminyak biasanya juga beresiko mengalami berbagai masalah kulit seperti jerawat, pori-pori besar, serta gampang kotor.

Kulit berminyak bisa disebabkan karena stres, efek pubertas, atau justru genetik. Apapun penyebabnya, yang terpenting kulit berminyak perlu mendapatkan perhatian yang lebih dan begitu juga dengan jenis perawatannya agar minyak yang berlebih tersebut tidak menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti yang diungkapkan sebelumnya.

Mungkin kamu bisa memilih jenis produk yang khusus untuk kulit berminyak dan jangan gunakan produk perawatan yang mengandung banyak minyak, karena justru akan menambah minyak pada kulit. Selain itu, ada baiknya sering bersihkan kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari agar minyak bisa diminimalisir dan menekan datangnya masalah lain.

Untuk memastikan apakah kulitmu masuk jenis ini atau tidak, maka lakukan tes dengan mengoleskan tisu pada kulit. Jika tisu terdapat noda atau minyak, maka ini menandakan bahwa kulit kamu termasuk berminyak. Kamu tentunya juga bisa menggunakan tangan untuk mengetesnya.  Jika tangan terasa lengket dan berminyak setelah menyentuh kulit, ini mengindikasikan bahwa kulitmu masuk pada tipe berminyak.

Kulit Kering

Kulit kering merupakan kondisi dimana kulit kekurangan minyak. Dengan kata lain, produksi minyak pada jenis kulit ini kurang. Sama halnya dengan kulit berminyak, kulit kering juga membutuhkan perhatian dan perawatan yang lebih.

Pasalnya, jika kulit kering dibiarkan begitu saja maka akan timbul berbagai masalah kulit seperti pecah-pecah, kusam, dan gersang. Untuk jenis perawatannya yaitu memakai pelembab sesering mungkin agar kulit kering bisa lebih lembab dan berminyak. Selain itu, ada baiknya Anda rajin mengkonsumsi air putih agar kulit mulai terlihat segar dan lembab.

Kulit Sensitif

Ini dia tipe jenis kulit yang membutuhkanperhatian paling tinggi. Hal ini disebabkan karena kulit sensitif sangat mudah mengalami masalah, baik karena faktor lingkungan dan terlebih karena produk perawatan tertentu. Beberapa masalah yang sering dialami oleh kulit sensitif yaitu alergi dan iritasi.

Untuk itu, agar tidak menimbulkan masalah pada kulit sensitif, maka pilihlah jenis perawatan ringan dan tidak mengandung zat kimia tinggi. Biasanya jika suatu produk mengandung zat kimia tinggi atau zat berbahaya, maka kulit sensitif akan meresponnya dengan alergi (kemerahan, gatal-gatal) atau iritasi.

Selain itu, hindari juga kulit terpapar dengan cahaya matahari serta cuaca dingin dalam waktu lama. Untuk mencegah timbulnya efek buruk cahaya matahari berlebih, maka kamu bisa menggunakan tabir surya dan memakai topi pada saat beraktifitas dalam waktu lama di luar rumah. Sementara saat dalam kondisi dingin, gunakan pakaian yang agak tebal dan baju hangat.

***

Nah, sekarang kamu sudah tau bukan masuk kategori mana kulitmu? Dengan mengetahui jenis kulit, maka kamu akan lebih mudah dalam memilih jenis perawatannya. Di setiap kategori di atas juga sudah sedikit dijelaskan secara umum jenis perawatan terbaiknya.

Selain beberapa jenis kulit tersebut, ada satu jenis kulit lagi yang juga banyak dimiliki orang yaitu kulit kombinasi. Jenis kulit ini merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak. Cara merawatnya yaitu dengan menggunakan pembersih astringent dan menggunakan pelembab.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *