Berbagai Manfaat Minyak Jojoba Untuk Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain minyak zaitun, jenis minyak lain yang juga sering digunakan dalam bidang kecantikan yaitu minyak jojoba. Minyak jojoba didapatkan dari biji tanaman jojoba itu sendiri. Tanaman jojoba merupakan tanaman berupa semak berwarna hijau kebiruan dengan daun runcing.

Pada dasarnya tanaman ini paling banyak terdapat di daerah asalnya yaitu Amerika Serikat bagian barat daya dan Meksiko bagian barat laut, namun juga terdapat di berbagai daerah lainnya seperti California dan Arizona. Sudah sejak lama minyak ini dijadikan untuk menangani berbagai penyakit, di antaranya yaitu penyakit ginjal, hati, serta menyembuhkan luka.

Ternyata manfaat minyak jojoba tidak hanya untuk kesehatan lho ladies. Minyak ini juga sering dimanfaatkan dalam bidang kecantikan wanita, di antaranya yaitu kecantikan kulit, rambut, dan kuku.

Melembabkan dan Mengencangkan Wajah

Bagi kamu yang mengalami masalah kulit kering atau bergaris halus ada baiknya mencoba minyak jojoba ini. Pasalnya, jojoba mengandung antioksidan dan vitamin E yang melembabkan serta mengencangkan kulit wajah.

Selain itu, minyak ini juga bisa menormalkan produksi minyak sehingga wajah terhindar dari minyak berlebih. Untuk itu, segera oleskan minyak jojoba pada wajah atau campur dua tetesnya ke dalam pelembab wajah sebelum diaplikasikan. Selain wajah, minyak jojoba juga sering diaplikasikan pada punggung, tangan, ataupun kaki.

Menghilangkan Riasan Wajah

Seperti yang kita tau, sisa make up ataupun riasan pada wajah akan menimbulkan berbagai masalah pada wajah seperti pori-pori besar, jerawat dan wajah berminyak. Karena itulah, jika kamu memakai make up seharian, maka malamnya bersihkan wajah hingga sisa make up hilang dengan sempurna.

Nah, untuk membantu menghilangkan riasan wajah tersebut, kamu bisa menggunakan minyak jojoba karena ia tergolong efektif sebagai pembersih wajah. Caranya yaitu merendam bola kapas pada minyak jojoba kemudian menggosokkannya ke seluruh bagian wajah dengan lembut. Setelah itu kamu bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan minyak jojoba dan riasan yang masih tertinggal.

Kecantikan Kuku

Dalam hal kecantikan kuku, minyak jojoba memberikan kecerahan pada kuku kusam serta memperindah kuku yang mulai rusak dan kering. Khasiat ini didapat karena minyak jojoba mengandung minyak esensial alami serta beragam nutrisi seperti vitamin E yang baik bagi kuku.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan minyak jojoba pada kuku dan kutikula. Jangan lupa berikan pijatan lembut pada kuku dan sekitarnya agar hasilnya lebih optimal. Kamu juga bisa mengkombinasikan minyak jojoba bersama vitamin E cair.

Keindahan Rambut

Selain bermanfaat untuk kuku dan wajah, minyak jojoba ternyata juga bisa menjaga dan memperindah rambut, sehingga sangat cocok bagi kamu yang mengalami masalah rambut rontok, rambut bercabang, kering, ataupun berminyak. Bahkan, minyak jojoba ini juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam produk perawatan rambut lho.

Secara garis besar, minyak jojoba mencegah hilangnya kelembaban alami dari folikel rambut. Cara mengaplikasikannya cukup mudah yaitu dengan langsung mengoleskannya pada rambut. Hanya saja, ada baiknya tidak terlalu banyak menggunakan minyak jojoba pada rambut karena jika terlalu banyak rambut justru terlihat berminyak dan lepek.

***

Pada dasarnya pemakaian minyak jojoba jarang bahkan tidak menimbulkan efek samping, iritasi, dan alergi tertentu karena ia memiliki sifat mirip sebum yang diproduksi alami oleh kulit. Sehingga ia bisa meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan iritasi dan alergi, kecuali untuk jenis kulit yang sangat sensitif. Meski begitu, jangan berlebihan pula dalam memanfaatkan minyak jojoba, baik untuk kecantikan kuku, rambut, ataupun untuk menghilangkan jerawat.

Selamat mencoba ya ladies.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *