Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bau badan merupakan bau yang tak sedah yang dihasilkan oleh bakteri dan keringat. Meskipun keringat tidak berbau pada dasarnya, namun hadirnya keringat dapat membantu memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh. Keringat biasanya muncul ketika sehabis beraktivitas. Apa lagi jika melakukan aktivitas langsung di bawah teriknya sinar matahari. Keringat akan semakin cepat muncul.

Tanpa kita sadari, bau bada dapat mengurangi rasa percaya diri kita dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Orang yang memiliki bau badan biasanya akan merasa minder jika harus berhadapan dengan orang lain. Walaupun sudah menyemprotkan parfum sekalipun, kadang bau badan itu tetap dapat tercium.

Lalu, gimana caranya sih biar bau badan ini bisa hilang? Di bawah ini ada beberapa tips dan cara menghilangkan bau badan secara alami yang mungkin bisa kalian lakukan.

Menghilangkan bau badan dengan mandi secara teratur

Bau badan bisa muncul jika pola hidup kita tidak teratur, contohnya seperti jarang mandi. Maka dari itu untuk terbebas dari bau badan, mandilah secara teratur paling tidak 2 kali dalam sehari.

Mengatasi bau badan dengan bahan alami

1. Air rebusan daun sirih. Sediakan kurang lebih 30 lembar daun sirih. Campurkan dengan air secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya benar-benar mendidih secara sempurna. Kemudian campurkan dengan air dingin agar air rebusan daun sirih tersebut tidak terlalu panas. Kemudian mandilah dengan air tersebut. Lakukan cara ini secara rutin.

2. Jeruk Nipis. Ambil 1 buah jeruk yang kemudian di potong dan ambil airnya. Kemudian campurkan dengan daun sirih dan kapur. Setelah itu tinggal oleskan saja pada bagian tubuh yang kalian anggap sebagai sumber dari bau badan tersebut. Seperti ketiak.

3. Ketimun. Sediakan 1 buah ketimun dan kupaslah. Setelah itu gosokan buah mentimun tersebut pada bagian tubuh yang berbau. Lakukan setiap sehabis selesai mandi.

4.  Kemangi. Daun Kemangi sering kali banyak ditemukan di pasar atau di rumah makan. Biasanya daun kemangi ini sering dijadikan sebagai bahan untuk urab atau lalapan yang cocok disantap bersamaan dengan nasi. Jika daun kemangi ini dikonsumsi secara rutin setiap pagi dan sore hari, maka akan dapat membantu kita dalam mengurangi dan terhindar dari bau badan.

5. Jahe. Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki rasa pedas namun hangat. Jahe juga sering digunakan sebagai bahan minuman hangat ataupun sebagai pengganti minyak pijat. Namun ternyata jahe ini juga dapat membantu kita untuk menghilangkan bau badan lho. Caranya pun juga mudah. Kita hanya perlu menggosokan parutan jahe pada bagian ketiak. Lakukanlah secara rutin agar bau badan dapat hilang secara permanen.

Gunakan pakaian yang tepat

Ternyata jenis pakaian itu juga dapat mempengaruhi timbulnya bau badan. Gunakanlah pakaian yang tidak terlalu ketat agar tubuh dapat bernafas dan usahakan untuk mengenakan pakaian yang berbahan katun agar dapat membuat keringat menguap secara natural.

Hindarilah menggunakan pakaian yang sempit serta berbahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak. Karena dengan menggunakan pakaian yang sempit maka khususnya bagian ketiak tidak akan dapat bernafas sehingga bau badan pun akan timbul.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *