Pengobatan Jerawat dengan Lidah Buaya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat yang timbul di wajah, terkadang menjadi hal yang mengganggu kesehatan dan penampilan. Jerawat bisa mengakibatkan rasa gatal yang lumayan menganggu. Sebaiknya jangan digaruk ya, karena bukan hanya sakit tetapi juga dapat menyebabkan jerawat semakin menyebar di area wajah dengan pecahnya jerawat yang telah digaruk.

Penyebab Jerawat

Sebab-sebab jerawat bisa berasal dari beraneka ragam masalah yang telah ditimbulkan seperti:Ada beragam faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah baik faktor internal maupun eksternal. Berikut ulasannya.

1. Polusi. Polusi sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari dalam bekerja di luar ruangan, terlebih jika bagi yang bepergian dengan menggunakan angkutan umum. Oleh karena itu, harus tahu cara merawat muka dengan baik dan benar agar terhindar dari wajah yang kusam yang bisa berakibat kepada timbulnya bercak noda dan jerawat.

2. Makanan cepat saji. Makanan ini mengandung banyak sekali unsur berbahaya yang tidak hanya membuat badan gemuk, dan bisa menimbulkan penyakit kanker, tetapi makanan ini juga tidak baik untuk muka, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Memang jenis makanan ini tergolong makanan yang enak untuk dinikmati dalam jangka pendek, namun dalam jangka yang panjang dapat berdampak kepada kesehatan yang bisa membahayakan.

3. Stress. Kegiatan yang padat sehari-hari bisa berakibat kepada stress yang bisa mengganggu aktivitas. Jika mengalami stress yang berlebihan, jerawat dapat muncul secara tiba-tiba dan cepat. Untuk menguranginya, hindari stress yang sangat berlebihan dengan cara berpikir positif dan hiburan untuk diri sendiri seperti menonton film, membaca buku, atau spa.

4. Cuci muka. Penyebab jerawat selanjutnya adalah jarang cuci muka. Cuci muka adalah hal yang utama untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga segar. Jika anda melakukannya secara teratur maka kulit yang kusam yang bisa berujung pada jerawat sehabis rutinitas, dapat dicegah.

Beragam cara dilakukan untuk mencegah atau menghilangkan jerawat. Untuk pencegahan yang lebih lanjut, sebaiknya harus tahu dahulu penyebab-penyebab jerawat yang bisa terjadi di wajah, agar pencegahan maupun pengobatan nanti tidak sia-sia yang bisa membuang tenaga, uang, dan waktu jika tidak tahu cara mencegah dan menghilangkan jerawat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat

Mendengar kata lidah buaya, sudah pastinya tidak asing lagi di telinga. Sudah sejak lama tanaman lidah buaya memang sudah terkenal memiliki banyak sekali khasiat. Salah satu khasiat lidah buaya yang paling terkenal dan sudah banyak dimanfaatkan orang adalah untuk menghitamkan dan juga menyehatkan rambut. Beberapa shampo bahkan telah menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar utamanya.

Selain sangat bermanfaat untuk rambut, ternyata lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan jerawat di wajah. Banyak orang sudah rutin menggunakan daun lidah buaya sebagai pengganti krim jerawat. Alasannya tentu saja karena daun lidah buaya dianggap lebih alami daripada krim jerawat kemasan buatan pabrik.

Selain itu tidaklah sulit untuk mendapatkan tanaman ini. Bahkan Anda dapat dengan mudah menanamnya di pekarangan rumah. Berikut ini langkah menggunakan lidah buaya sebagai obat jerawat:

1. Siapkan daun lidah buaya yang masih segar,
2. Potong daun lidah buaya menjadi beberapa bagian kecil,
3. Kupas bagian kulit luar daun yang telah dipotong,
4. Oleskan lendir yang keluar pada jerawat yang muncul pada wajah.

Ulangi langkah-langkah tersebut secara rutin selama beberapa hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengoleskan daun lidah buaya pada wajah yang berjerawat pada pagi hari dan juga sore hari. Lama-kelamaan jerawat di wajah Anda akan mengering lalu mengelupas dengan sendirinya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *