Perawatan Wajah Menggunakan Masker

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tanpa disadari, terkadang para wanita melakukan kesalahan dalam perawatan wajah. Tujuan utama dalam merawat wajah adalah untuk menjaga agar kulit wajah tetap lembab, segar dan sehat bercahaya, tetapi dengan perawatan wajah yang keliru justru dapat menimbulkan beragam masalah kulit yaitu wajah terasa gatal.kulit menjadi kering, kasar, kusam, berminyak atau jerawat di wajah.

Perawatan wajah seharusnya dilakukan sesuai porsinya saja agar lebih efektif dan efisien. Terlalu berlebihan dalam menggunakan produk kecantikan juga akan memicu jerawat dan mempercepat penuaan dini.

Perawatan wajah yang keliru di antaranya adalah:

  • Terlalu banyak mengoleskan pelembab dengan harapan kulit wajah makin lembab padahal pada kenyataannya, wajah jadi berminyak
  • Terlalu sering melakukan peeling dan pada akhirnya kulit wajah mengelupas atau malah menjadi kering
  • Terburu-buru saat menggunakan serum sehingga tidak maksimal penyerapannya
  • Menggunakan krim anti penuaan sebelum waktunya, yang justru akan menimbulkan penuaan dini
  • Salah memilih masker wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Jadi ketika kita mengetahui bahwa telah salah menggunakan make up atau alat pembersih muka guna perawatan lainnya, langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu berhenti menggunakan kosmetik tersebut. Setelah itu memeriksakan ke dokter kosmetik untuk melihat kecocokan kulit dengan kosmetik yang kita pakai. Kalau bisa bawa sampel kosmetik yang dipakai agar mempermudah dilakukan pemeriksaan.

Perawatan wajah yang salah jika dibiarkan dapat membuat kulit jadi rusak. Mulai dari yang tidak terlihat yaitu perubahan pH kulit wajah sampai yang terlihat jelas seperti timbulnya jerawat, warna kulit tidak merata, dan lain-lain. Maka dari itu kita sebagai wanita yang menggunakan kosmetik utama harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik untuk menghindari elergi atau ketidakcocokan kosmetik pada wajah.

Merawat Wajah dengan Masker

Masker merupakan cara perawatan wajah yang telah lama dikenal. Sebelum berkembangnya teknologi seperti saat ini masker dulu dibuat dari bahan-bahan jamu. Sekarang masker wajah dari buah-buahan, kolagen, krim, lumpur, dan masih banyak lagi. Ketika kulit wajah sudah mulai terasa lelah maka sebaiknya lakukan masker wajah karena dapat menghaluskan dan membersihkan wajah. Masker wajah mengandung mineral dan vitamin.

Sebagai perawatan wajah tentunya masker memiliki manfaat kecantikan dan kesehatan bagi kulit. Pada umumnya masker memiliki manfaat mengangkat sel kulit yang mati, kotoran, dan debu serta dapat membuat wajah kembali segar.

Ada banyak varian masker wajah yang ditawarkan sesuai dengan kondisi wajah. Jenis-jenis masker wajah adalah:

1. Anti aging mask adalah masker untuk memperlambat proses penuaan,
2. Refining mask adalah mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak dan baik untuk wajah ynag berjerawat,
3. Calming mask adalah masker untuk kulit yang sensitif,
4. Hydrating mask adalah untuk kulit wajah yang kering.

Bagaimana cara menggunakan masker?

Bagi para wanita yang belum mengetahui cara menggunakan masker dapat membaca ini. Cara memakai masker wajah yang pertama adalah bersihkan wajah menggunakan milk cleanser dan toner lalu keringkan dengan menggunakan kapas. Langkah kedua, oleskan masker wajah pada seluruh bagian wajah dan leher tetapi hindari daerah mata dan mulut.

Diamkan sampai 20-25 menit agar masker kering dan mengelupas. Jangan melakukan gerakan otot wajah. Jika sudah kering langkah terakhir adalah membersihkan wajah menggunakan handuk yang telah direndam air panas lalu keringkan wajah.

Masker untuk perawatan wajah sebaiknya gunakan masker alami yang dapat dibuat di rumah. Masker alami tidak mengandung bahan kimia yang memberikan efek buruk pada kulit wajah. Masker wajah alami selain murah juga dapat meminimalisir bahan kimia.

Berikut adalah beberapa masker wajah alami:

1. Masker lemon, caranya adalah lemon dibuat jus terlebih dahulu kemudian dioleskan pada wajah sampai menegring lalu bersihkan dengan air.
2. Masker buah pisang, caranya adalah lumatkan buah pisang yang telah matang kemudian campur dengan madu. Setelah tercampur rata oleskan pada wajah sampai kering lalu bersihkan wajah dengan air bersih.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *