Make-Up Tepat Untuk Kulit Berjerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mengaplikasikan make-up pada kulit berjerawat perlu perhatian khusus. Jika kurang hati-hati, Anda bisa memperburuk kondisi kulit. Namun, dengan langkah yang tepat, Anda tetap bisa menyembunyikan si jerawat tanpa perlu menghambat proses penyembuhannya. Dengan langkah make-up yang tepat pula, Anda tetap bisa merasa percaya diri meski sedang didera jerawat.

Yang terpenting dari mengaplikasikan make-up pada kulit berjerawat adalah menjaganya tetap ringan. Make-up yang tebal dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan pada akhirnya akan memperparah kondisi jerawat di wajah.

Cara Make-Up untuk Kulit Berjerawat

Berikut adalah langkah-langkah menerapkan make-up pada kulit berjerawat untuk mencapai riasan yang cantik dan aman, dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Mulailah dengan membersihkan kulit. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak membuat kulit kering. Basuh dengan air hangat yang suam-suam kuku. Lalu keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.
  2. Oleskan produk perawatan jerawat Anda. Biarkan satu menit atau lebih agar obat dapat diserap kulit terlebih dahulu.
  3. Gunakan pelembab dengan SPF minimal 15. SPF akan melindungi kulit Anda dari sinar UV matahari yang dapat memperburuk jerawat. Pastikan juga pelembab Anda berbahan dasar air, bukan minyak.
  4. Terapkan primer. Face primer akan membantu meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak lebih halus.
  5. Tutup noda dengan concealer. Pilih concealer yang sedikit lebih gelap dari warna asli kulit Anda. Aplikasikan dengan ujung jari yang bersih atau spons sekali pakai. Diamkan kulit selama 5-10 detik sebelum tahap selanjutnya.
  6. Saatnya foundation. Pilih foundation yang lembut dan usapkan secara ringan agar kulit tetap dapat bernafas. Anda bisa saja melewatkan foundation jika memilih menggunakan bedak mineral.
  7. Selesaikan dengan bedak tabur dan warna pilihanmu. Bedak tabur tidak akan membuat riasan Anda terkesan berat. Terlebih jika Anda dapat memadukannya dengan warna blush on, eye shadow, dan lipstick yang natural.

Tips Memilih Make-Up untuk Wajah Berjerawat

Dr. Poonam Wadhwani, seorang dokter kulit dari India, mengatakan bahwa untuk kulit berjerawat, pastikan untuk memilih produk make-up yang bebas Paraben dan Lanolin.

Paraben adalah bahan pengawet pada kosmetik yang dapat berbahaya, sementara Lanolin adalah bahan pelembab yang pada sebagian orang dapat menyebabkan alergi. Akan lebih baik lagi, jika produk tersebut juga oil-free dan non-comedogenic atau kecil kemungkinannya menyumbat pori-pori.

Beberapa produk make-up juga mengandung sejumlah kecil Benzoil Peroksida untuk membantu memerangi jerawat. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Terlalu banyak bahan obat dalam make-up Anda ustru dapat membuat kulit menjadi kering dan akhirnya memperparah kondisi jerawat. Karenanya, selalu lihat label komposisi pada setiap make-up yang Anda pilih.

Nah, setelah Anda selesai beraktivitas, sesegera mungkin bersihkan make-up Anda atau paling lambat sebelum tidur. Segera mengistirahatkan kulit wajah yang berjerawat dari make-up penting untuk menjaga kulit dapat bernafas dan sembuh dengan cepat. Gunakan make-up remover berbasis air untuk menghapus make-up pada wajah Anda.

Setelah wajah bersih, lanjutkan dengan obat jerawat dan krim pelembab malam. Krim malam akan membantu wajah Anda beregenerasi saat Anda tidur dan tampak lebih sehat saat pagi hari.

Semoga panduan make-up untuk wajah berjerawat ini bermanfaat bagi Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *