6 Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi para wanita, tuntutan untuk selalu sehat dan terlihat cantik tentu merupakan sebuah impian, bukan? Tidak hanya dari tampilan luar, pancaran kecantikan pun dapat pula dimulai dari kandungan alami kaya khasiat yang mampu menampilkan aura alami dari dalam tubuh kita. Apa itu? Kulit yang sehat dan bersih tentunya.

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, zat-zat kimia pun semakin akrab dengan kecantikan wanita masa kini. Teknologi atau obat-obatan yang membuat badan tetap langsing hingga penghilang bau badan secara instan, semakin marak digunakan dan menggoda untuk dicoba. Namun di balik konsumsi obat yang selalu berganti-ganti, tentu ada efek samping sebagai konsekuensinya yaitu kanduangan zat kimia yang tanpa disadari sangat berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Merasa tubuh telah terlalu banyak “tercemar” beragam kandungan kimia? Kini saatnya kembali memberikan asupan dari bahan-bahan alami yaitu perawatan sederhana yang menggunakan rempah-rempah hasil bumi nusantara.

Sudah sejak lama, bumi Indonesia dikenal luas oleh masyarakat dunia sebagai penghasil rempah-rempah dengan kualitas terbaik. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini juga acapkali sering digunakan sebagai bahan detoks atau ramuan herbal yang berguna untuk menjaga kebugaran dan kecantikan tubuh. Nilai plusnya, ramuan herbal ini sangat aman bagi tubuh dan nyaris tidak memiliki efek samping karena diproses secara alami.

Teh Pahit

Minuman khas negeri Tiongkok ini sudah berkembang luas di kalngan masyarakat Indonesia sebagai salah satu minuman wajib nusantara. Akan tetapi, yang ternyata banyak memberikan kandungan antioksidan adalah teh pahit. Meminum teh pahit dapat menjaga bentuk badan tubuh agar tetap langsing dan juga padat berisi.

Ambil daun teh dalam jumlah yang cukup banyak lalu seduh dengan air panas dan diamkan. Hasil seduhan ini akan menghasilkan the yang terasa sangat pahit.

Suapaya rasa pahitnya tidak terlalu kentara, ambil satu buah jeruk nipis, peras, dan masukkan pada seduhan teh pahit. Konsumsi sebanyak setengah gelas pada pagi hari, lalu masukkan setengah gelas sisanya di dalam lemari pendingin untuk dikonsumsi sore hari. Jangan lupa diimbangi dengan olahraga seminggu tiga kali dan minum air putih ya?

Kunyit Asem

Kunyit asem memiliki banyak manfaat seperti menangani menstruasi yang tidak teratur dan memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh tetap segar dan siap beraktivitas meskipun Anda sedang berada dalam siklus haid. Walaupun saat ini, sudah banyak minuman kunyit asam dalam kemasan instan yang dijual di pasaran, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri minuman kunyit asam herbal ini. Selain sehat, tentu bebas bahan pengawet juga toh?

Caranya, campurkan ¼ kg asam Jawa, ¼ kunyit segar dan gula Jawa secukupnya. Potong kecil-kecil, beri 1 liter air dan sedikit garam. Jangan lupa, kunyit harus dicucu bersih terlebih dahulu baru dipotong dan ditumbuk. Minum 1 gelas per hari dan rasakan khasiatnya.

Jahe

Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumput berbatang yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa macam ramuan dari jahe dapat menyembuhkan rematik, gangguan masuk angin, dan sakit kepala. Caranya? Mudah saja. Cukup mencuci bersih jahe dan direbus dengan air dan sedikit gula aren. Tak perlu khawatir, di samping khasiatnya, minuman jahe pun sangat nikmat jika disajikan selagi hangat.

Kencur

Kencur berkhasiat untuk menghilangkan banyak keluhan kesehatan dan kecantikan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, coba memarkan kencur dan seduh dengan air hangat lalu beri satu sendok teh tepung beras dan gula. Minum sebanyak 3x sehari.

Jangan salah! Kencur juga bisa untuk menyembuhkan jerawat loh. Caranya? Seduh kencur, temulawak, jinten, dan gula aren, lalu saring. Beri sedikit perasan air jeruk nipis supaya rasanya lebih segar.

Daun sirih

Tanaman merambat yang terkenal ini memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Daun sirih merah, bisa bermanfaat untuk kecantikan. Daun sirih cukup direbus sebanyak 3 atau 5 lembar hingga mendidih, lalu minum setiap hari secara rutin. Pasalnya, kandungan antioksidan dalam tubuh dapat membunuh kandungan sel-sel jahat dalam tubuh sehingga kulit tetap cantik, kencang, dan awet muda.

Sementara itu, kandungan yang terdapat dalam daun sirih hijau juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan loh. Ambil daun sirih hijau sebanyak 5 atau 7 lembar dan rebus sampai mendidih. Air rebusan tersebut tidak hanya berguna untuk membasuh daerah kewanitaan, tapi juga bisa untuk dikonsumsi.

Daun salam

Daun salam memang lebih popular sebagai salah satu bahan masakan karena baunya yang khas. Tapi, ternyata daun salam juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita loh! Pasalnya, ternyata air rebusan daun salam ternyata dapat mengobati sakit diare yang mengganggu aktivitas Anda.

Daun salam juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan gigi. Jemur dan daun salam dan kulit jeruk hingga kering lalu tumbuk hingga halus. Campurkan sedikit air, lalu gunakan setiap saat menggosok gigi. Selain bisa menjaga warna alami gigi, cara ini juga berguna untuk menghindarkan gigi dari keropos loh!

**

Nah…itulah tips-tips sederhana menjaga kulit tetap sehat dan bugar, dari kami untuk para wanita Indonesia. Tetap sehat dan cantik ya, gals?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *