Perawatan Tradisional untuk Kulit Berminyak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit berminyak banyak dikeluhkan oleh sebagian wanita ataupun pria karena wajah yang mengkilap mengurangi keindahan wajah. Selain itu, minyak yang keluar dari pori-pori wajah dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat, hal ini merupakan masalah yang cukup serius.

Umumnya jerawat sulit untuk diatasi apalagi jika tidak telaten dalam merawatnya. Selain itu bekas jerawat akan meninggalkan titik berupa noda hitam di wajah atau yang lebih parah lagi adalah bekas bopeng yang bisa membuat kepercayaan diri jadi menurun.

Oleh kerena itu harus diketahui bagaimana caranya mengatasi kulit wajah yang berminyak. Cara tradisional adalah cara yang memanfaatkan bahan-bahan sekitar yang mudah didapat, ini dapat membuat pengeluaran aNda terselamatkan ketimbang mengunjungi salon yang berbiaya mahal.

Selain itu, penggunaan bahan-bahan alami akan mengurangi kontak antara kulit wajah dengan produk kecantikan berbahan kimia, sehingga diharapkan efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut dapat diminimalisir.

Ada beberapa bahan alami yang dapat diandalkan untuk mengurangi produksi minyak dan mengatasi minyak berlebih di wajah. Di antaranya adalah:

1. Jeruk nipis

Jeruk memiliki kandungan yang dapat melarutkan minyak, oleh karena itu Anda dapat melihat bahwa kebanyakan produk untuk mengatasi kulit berminyak adalah yang mengandung jeruk, tepatnya jeruk nipis.

Belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian dan gosokkan secara merata ke permukaan kulit, atau ke kulit yang berminyak selama beberapa menit kemudian basuh dengan air. Lakukan secara rutin sekali sehari sampai memperlihatkan hasil sesuai yang anda inginkan.

2. Campuran pisang, susu, serta madu

Pisang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori yang terlalu besar, sehingga dapat membantu menekan produksi minyak dan menghambat kemunculan jerawat di wajah.

Haluskan buah pisang dan campurkan dengan madu dan susu secukupnya, kemudian aduh hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada permukaan wajah yang telah dibersihkan dan biarkan sampai agak mengering lalu bilas wajah dengan air hangat suam-suam kuku.

3. Ketimun

Ketimun sangat populer untuk digunakan sebagai media perawatan kulit berminyak. Ketimun dapat mengurangi kandungan minyak berlebih di wajah dan akan memberikan rasa segar yang alami.

Blender buah ketimun dan jadikan masker, diamkan selama beberapa lama sampai nutrisi yang dikandung timun terserap ke dalam kulit setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur.

4. Air Garam

Garam juga sangat berguna untuk membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah, caranya adalah dengan melarutkan garam ke dalam air hangat, dan gunakan untuk membasuh muka sambil memijit wajah perlahan-lahan.

5. Seledri

Panaskan air sampai mendidih lalu masukan daun seledri yang telah dipotong-potong kecil. Setelah itu diamkan agar mendingin, lalu gunakan untuk membasuh muka, biarkan sampai wajah yang sudah dibasuh dengan air seledri mengering. Lakukan secara teratur kira-kira satu kali dalam sehari.

**

Yang penting untuk diingat ketika melakukan perawatan wajah berminyak dengan bahan alami adalah kesabaran dan ketelatenan. Anda harus bersabar karena hasilnya tidak instant seperti ketika menggunakan produk kecantikan berbahan kimia. Selain itu anda juga harus telaten melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai yang diharapkan.

Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Perawatan Tradisional untuk Kulit Berminyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *