Tips Mudah Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu masalah kulit wajah yang sering membuat jengkel adalah munculnya pori-pori besar di sekitar hidung dan pipi. Selain mengganggu penampilan, adanya pori-pori besar di wajah juga dapat memicu tumbuhnya jerawat. Sehingga seringkali berbagai perawatan mahal pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori.

Pada dasarnya, pori-pori merupakan kantong kelenjar pada kulit yang berfungsi sebagai jalan keluar minyak (sebum) menuju lapisan atas kulit, serta sebagai tumbuhnya rambut. Apabila ukuran pori-pori wajah terlalu besar, maka minyak yang mencapai permukaan kulit pun akan semakin banyak, sehingga menyebabkan wajah berminyak. Selain itu, juga memungkinkan berbagai kotoran masuk ke dalam lapisan kulit dan muncullah jerawat.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya pori-pori besar, di antaranya adalah faktor genetik, pengaruh hormon, paparan sinar matahari, pertumbuhan bakteri di kulit, atau bahkan merupakan tanda-tanda penuaan dini.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena pori-pori yang membesar juga dapat diatasi dengan beberapa cara yang cukup mudah, di antaranya adalah:

Rutin Membersihkan Wajah

Lazimnya setiap manusia terlahir dengan kulit mulus dan bersih dengan pori-pori kecil dan tanpa jerawat. Faktor utama yang menjadi pemicu munculnya berbagai masalah pada wajah, termasuk pori-pori besar adalah kurangnya merawat kebersihan wajah.

Usahakan rutin membersihkan wajah di setiap pagi dan malam sebelum tidur. Anda dapat menggunakan toner dan moistruiser secara teratur untuk membantu mengecilkan pori-pori, serta facial foam atau pelembab yang mengandung asam salisilat. Kandungan bahan tersebut berfungsi untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun asam salisilat mungkin akan mengakibatkan efek alergi untuk beberapa orang.

Menggunakan Produk dengan Kadar Minyak Rendah (OilFree)

Pastikan anda tidak menggunakan produk kecantikan yang mengandung kadar minyak berlebih, karena akan membuat pori-pori tampak lebih besar. Pilihlah jenis produk atau krim kecantikan yang berbahan dasar alami yang dapat menghaluskan kulit.

Menggunakan Krim Tabir Surya

Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan rusaknya lapisan kolagen, yaitu lapisan yang dapat berperan untuk merawat kekencangan dan kelembutan kulit. Rusaknya kolagen juga dapat menyebabkan pori-pori terbuka lebar, serta mengurangi elastisitas dinding kanal pori-pori. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan krim tabir surya saat berpergian di luar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Eksfoliasi

Adanya sel-sel kulit mati pada wajah dapat menyebabkan tersumbatnya lapisan pori-pori. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati adalah melalui eksfoliasi atau pengelusan kulit, seperti scrubbing, peeling, atau facial. Eksfoliasi ini berguna untuk menghindari produksi minyak berlebih di wajah, menganggkat bakteri penyebab pori-pori membesar, dan membersihkan wajah dari sel kulit mati.

Menggunakan Masker Alami

Masker Madu
Selain berfungsi menjaga elastisitas kulit, madu juga berguna untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak. Anda dapat menggunakan madu sebagai masker, atau mencampurnya dengan jus lemon.

Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok madu dengan 3 sendok jus lemon. Kemudian oleskan di wajah dengan dipijat perlahan. Diamkan selama 10 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat. Selain menggunakan jus lemon, anda juga dapat menggunakan campuran madu dengan minyak zaitun.

Masker Tomat
Tomat merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan potassium, sehingga mampu digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mengecilkan pori-pori di wajah.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan memotong kecil-kecil buah tomat, kemudian meletakkannya di wajah sebagi masker. Atau anda dapat mengambil 2 buah tomat dan menghaluskannya dengan blender. Lalu menempelkannya di wajah selama 30 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Ulangi perawatan ini tiga kali selama seminggu.

Masker Mentimun
Mentimun yang terkenal dengan manfaatnya untuk menghilangkan mata panda, ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pori-pori yang membesar.

Anda dapat mengiris mentimun kecil-kecil atau menghaluskan dengan blender. Kemudian dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Perawatan dengan mentimun aman untuk dilakukan setiap hari.

Masker Oatmeal
Oatmeal berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah serta mengecilkan pori-pori. Anda dapat menggunakannya sebagai masker dengan cara mencampurkan 2 sendok teh oatmeal dengan 2 sendok teh susu bubuk, dan 5 sendok teh madu. Kemudian mengoleskannya di wajah selama 30 menit, lalu dibilas dengan air hangat.

Apabila anda tidak mempunyai ketiga bahan tersebut, anda dapat mencampurkan dua macam saja (missal oatmeal dengan madu). Perawatan ini dapat dilakukan rutin 3 sampai 4 kali seminggu.

Masker Putih Telur
Putih telur mengandung protein yang sangat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat menggunakannya sebagai masker dengan cara mengoleskan putih telur (yang telah terpisah dari kuning telurnya) merata pada wajah. Diamkan semala 30 menit hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.

Sebagai alternatif, anda juga dapat mencampur putih telur dengan madu untuk dijadikan masker wajah.

Masker Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C serta kaya akan antioksidan yang berguna untuk merawat kulit dari berbagai masalah, termasuk mengecilkan pori-pori. Anda dapat menggunakannya sebagai masker dengan mengiris tipis-tipis jeruk nipis, lalu menempelkannya pada wajah selam 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Menggunakan Es Batu

Selain menggunakan masker dari bahan-bahan alami, ternyata es batu juga dapat digunakan untuk mngecilkan pori-pori. Es batu bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori di wajah dan mengontrol produksi kelenjar minyak (sebum) yang berlebih.

Caranya penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan menggosokannya perlahan di area wajah yang mempunyai pori-pori besar. Selain itu dapat juga dengan membungkus es batu di dalam kain katun, setelah itu baru menggosokannya di wajah. Lakukan secara rutin setiap pagi hari.

Menggunakan Baking Soda

Selain itu membuat roti, baking soda juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori di wajah. Namun penggunaanya baking soda harus berhati-hati untuk seseorang yang mempunyai kulit sensitif.

Cara penggunaannya adalah mencampurkan satu sendok teh baking soda ke dalam gayung yang berisi air. Kemudian gunakan air campuran baking soda tersebut untuk mencuci wajah. Kemudian bilas dengan air bersih dan diamkan selama 2 menit, lalu keringkan dengan handuk. Anda padat melakukan perawatan dengan baking soda setiap dua minggu sekali.

Pola Makan Sehat

Untuk menghindari timbulnya pori-pori yang membesar, maka konsumsilah jenis makanan sehat, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, serta makanan yang kaya vitamin A, B, dan C, serta protein. Selain itu perbanyak pula minum air putih. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak dan susu secara berlebihan.

***

Demikian tips untuk mengatasi pori-pori yang membesar di wajah. Semoga bermanfaat.

(photo:manfaatnyasehat.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *