Manfaat Lipstik Sebagai Penyelamat Hidup

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memulas bibir dengan lipstik sangatlah penting bagi seorang wanita. Terutama, untuk mereka yang selalu menomorsatukan wajah cantik menawan. Kehadiran warna lipstik kerap membantu memancarkan kecantikan alami wajah. Tak sedikit juga yang mengandalkan lipstik untuk memerangi badmood yang bisa datang kapan saja.

Nah, ternyata ada fungsi lain sebuah lipstik yang teramat penting. Bukan lagi sekadar senjata jitu untuk membawa tampilan lebih manis saat sedang beraktivitas. Produk kecantikan favorit Anda ini bahkan bisa menyelamatkan hidup Anda. Seorang dermatologist Dr. Jessica Wu, mengemukakan bahwa lipstik dapat mencegah kanker kulit.

Risiko Kanker pada Bibir

Sel yang bernama Basal Cell Carcinoma (BCC) kerap berkembang menjadi sel kanker pada kulit. Suatu penyakit yang menyerang setidaknya 2,8 juta warga Amerika Serikat setiap tahunnya. Sel ini masih tergolong lebih jinak jika dibandingkan dengan sel melanoma. Kanker yang berkembang dari BCC memang masih bisa disembuhkan jika bisa cepat terdeteksi.

Namun, jika tidak cepat tertangani secara medis, sel BCC tetap bisa berkembang lebih agresif. Kanker akan menyebar dengan cepat dan bisa menyebabkan kematian. Menurut Dr. Wu, BCC bisa ditemukan di area kulit tubuh yang sering terpapar matahari.

Yang menarik, area yang kerap terpapar sinar matahari justru area yang menjadi bagian yang juga memancarkan kecantikan Anda. “Seperti wajah, punggung tangan, hidung, dahi, telinga. Dan, yang paling banyak adalah bibir bawah,” katanya seperti dilansir dalam news.health.com.

Mengapa bibir bawah yang justru sering menjadi lokasi tempat berkembangnya BCC? Dr. Wu menjelaskan bahwa bibir bagian bawah merupakan selaput berlendir yang biasanya lebih tebal dibandingkan bibir bagian atas. “Ini yang menyebabkan kulitnya lebih sering terkena dampak sinar matahari,” ujarnya.

Manfaat Memakai Lipstik

Itulah sebabnya lipstik berperan besar menyelamatkan hidup kita. Caranya? Mudah saja. Cukup dengan mengaplikasikan pilihan lipstik dengan warna-warna buram atau gelap dengan lapisan yang cukup tebal. Jika tidak sedang menggunakan lipstik dengan warna gelap, Anda harus memastikan bibir Anda sudah menggunakan tabir surya terlebih dahulu. Dr. Wu juga mengingatkan, tidak semua produk lipstik memiliki komposisi bahan yang sama.

Lipstik berwarna cerah atau lipgloss justru bisa mempercepat proses penyerapan sinar UV. Jadi, pilihan warna ini mungkin akan lebih cocok jika Anda sedang banyak beraktivitas di dalam ruangan. Jika memang ingin tetap menggunakan warna-warna terang untuk pulasan bibir Anda, jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan tabir surya.

Tips Agar Lipstik Tahan Lebih Lama

Jika Anda ingin memastikan agar lipstik yang telah diaplikasikan bertahan lebih lama. Cobalah tips dari thebeautybean.com berikut ini.

1. Pastikan bahwa bibir Anda sudah bersih dan mulus. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menyikat bibir Anda memakai sikat gigi anak-anak. Kulit mati dan kotoran yang melekat akan terlepas sempurna.
2. Aplikasikan foundation, concealer, atau lip liner pada kulit bibir Anda sebagai lapisan dasar.
3. Akan lebih baik jika lapisan dasar yang digunakan sudah mengandung penangkal sinar UV. Jika belum, jangan lupa untuk mengolesi tabir surya pada bibir Anda.
4. Pilih warna lipstik kesukaan Anda dan aplikasikan pada bibir. Anda pun siap melindungi diri dari bahaya kanker kulit.

Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *