Penyebab Komedo dan Solusi Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pernah mengalami momen di mana komedo tiba-tiba nongol di wajah? Gimana rasanya? Pastinya kesel banget kan? Jika wajah kita adalah sebuah rumah, komedo bisa dibilang sebagai salah satu tamu tak diundang yang tiba-tiba datang dan nebeng seenak udel di ruang tamu kita.

Secara harfiah, komedo adalah salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh adanya kelenjar minyak yang berlebih di pori-pori yang tersumbat. Ada dua jenis komedo yang kita kenal secara umum, yaitu komedo terbuka yang dapat terlihat di pori-pori kulit yang membesar dan berwarna hitam dan komedo tertutup yang terlihat seperti tonjolan putih kecil. Biasanya komedo hinggap di area T ( dahi, hidung, dan area sekitar mulut).

Penyebab Komedo dan Solusinya

Seperti lazimnya masalah kulit yang lain, penyebab timbulnya komedo di kulit wajah kita biasanya disebabkan oleh hal-hal di bawah ini:

Perubahan hormone akibat masa pubertas dan pengaruh menstruasi

Bagi para remaja, timbulnya komedo juga bisa disebabkan oleh pengaruh perubahan hormone seiring dengan perubahan bentuk tubuh mereka. Jika timbulnya komedo disebabkan oleh masa pubertas maka perawatan wajah secara berkala dengan beberapa bahan alami dapat menjadi salah satu senjata ampuh untuk menangkal komedo yang membandel di kulit wajah.

Penggunaan make up yang berlebihan

Make up bagi kebanyakan para wanita, merupakan salah satu senjata wajib untuk mendongkrak penampilan yang cukup ampuh. Perlengkapan dan aplikasi make up yang tepat dapat menyamarkan beberapa kelemahan fisik wajah menjadi tidak terlalu kentara seperti memberi efek pada mata yang terlalu sipit, membuat penampilan wajah menjadi lebih segar, dan sebagainya.

Tapi, hati-hati, pemakaian make up yang berlebihan juga bisa menjadi faktor penyebab masalah pada kulit loh karena menyumbat pori-pori di permukaan kulit dan untuk beberapa kasus, dapat membuat permukaan kulit menjadi iritasi, kusam, serta menimbulkan komedo.

Karena itu, pastikan sebelum kita terlelap di malam hari, kulit wajah kita sudah terbebas dari semua make up ya? Supaya pori-pori kulit wajah kita bisa kembali bernafas dan komedo tidak membandel ke area wajah yang lain.

Stres akut yang berkepanjangan

Tuntutan pekerjaan yang tinggi memang seringkali terdapat di lingkungan perkotaan. Akibatnya? Timbulnya stress dan kemudian depresi berkepanjangan seringkali dijumpai oleh golongan menengah yang bekerja di area perkantoran.

Akibatnya? Tidak hanya membuat performa kerja menurun, tapi juga lambat laun berpengaruh kepada kondisi fisik seperti timbulnya jerawat, komedo, dan rambut rontok dalam jumlah yang banyak.

Solusinya? Mencoba untuk lebih rileks dan santai saat menjalani hidup dapat menjadi salah satu pilihan jitu untuk meredakan gangguan stress. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menangkal stress seperti meditasi singkat di kantor, mendengarkan lagu-lagu yang easy listening, membaca novel roman, juga terbukti ampuh untuk menjadi mood booster saat kita sedang down karena banyaknya tuntutan pekerjaan dan target yang harus kita bereskan. Coba deh!

Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol

Wah, ini dia! Tantangan terberat untuk memerangi komedo adalah saat kita mencoba untuk mengubah gaya hidup dan kebiasaan makan kita. Seperti yang sudah diketahui, merokok, minum alkohol, dan kafein merupakan sumber bencana bagi kulit sehat. Ketiganya mengandung karsinogen yang dapat membuat kulit cepat kusam dan pada beberapa orang, juga mengganggu pola tidur normal yang seharusnya dilakoni selama 8 jam sehari.

Pola makan yang terlalu banyak mengandung protein dan karbohidrat juga menjadi salah satu momok menakutkan bagi kulit. Tingginya kandungan lemak dan kurangnya serat menyebabkan siklus metabolisme di dalam tubuh tidak seimbang sehingga efeknya berdampak pada penampilan fisik kita seperti kelebihan berat badan dan berjerawat, hanyalah salah satu dari beberapa efek samping yang muncul karena pengaruh pola makan tersebut.

Mulai mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan adalah sebuah sederhana yang cukup efektif untuk menangkal efek samping akibat gaya hidup di atas. Satu lagi, jangan lupa untuk tidur yang cukup serta rajin berolahraga secara teratur. Dijamin deh, tidak hanya tubuhmu tambah bugar, tapi juga wajahmu akan semakin kinclong.

**

Nah, bagaimana? Tidak perlu bete lagi kan? Solusi untuk mengatasi komedi ini bisa kamu aplikasikan dan mengucapkan selamat tinggal pada komedo. Selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *