DOKTERCANTIK.COM – Ternyata tidak hanya putih telur saja yang bermanfaat, namun kuning telur bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk kecantikan wajah dan rambut loh. Dengan menyulapnya sebagai masker, kuning telur dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan rambut dan wajah wanita.

Agar hasilnya lebih optimal, para pakar kesehatan menyarankan untuk mencampurkan kuning telur dengan bahan-bahan alami lainnya seperti minyak zaitun, yoghurt, jeruk nipis dan madu. Anda juga bisa menambahkan cuka apel serta air mawar untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih segar.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kuning telur jelas saja berbeda dengan putih telur. Jika kandungan putih telur lebih banyak didominasi oleh protein, maka kuning telur lebih banyak mengandung lemak. Sehingga untuk menghindari kolesterol, maka sebaiknya anda memanfaatkan kuning telur sebagai masker saja.

Selain lemak, kandungan yang terdapat di dalam kuning telur adalah vitamin A, B6, B12, D, E, K serta folat. Terdapat juga mineral berupa selenium, sodium, kalsium, besi, magnesium dan potasium di dalam kuning telur.

3 Manfaat Masker Kuning Telur bagi Rambut dan Wajah

Mungkin banyak dari anda yang tidak menyadari kalau kuning telur ternyata bisa bermanfaat saat dijadikan sebagai masker. Nah sebenarnya apa saja sih manfaat yang diberikan oleh masker kuning telur? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Masker Kuning Telur bagi Rambut

Ada beberapa manfaat masker kuning telur bagi rambut, antara lain :

1. Masker Kuning telur dan Jeruk Nipis

Jika anda memiliki masalah rambut rontok, maka masker kuning telur ini bisa menjadi solusi yang tepat. Anda bisa mengkombinasikannya dengan jeruk nipis. Selain dapat mengatasi rambut rontok, masker ini juga bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut pun tampak lebih subur dan lebat.

Bahan yang diperlukan cukup sederhana yaitu 2 butir kuning telur dan 2 sendok makan perasan jeruk nipis. Selanjutnya aplikasikan pada rambut secara merata sambil lakukan pijatan secara perlahan. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Masker Kuning telur, cuka apel, madu dan olive oil

Campurkan 1 butir kuning telur, ½ sendok makan madu, 1 sendok makan cuka apel, 1 sendok makan air panas, dan beberapa tetes olive oil. Kemudian aduk campuran tersebut sampai merata hingga berbentuk menjadi adonan pasta yang kental.

Selanjutnya gunakan campuran tersebut sebagai masker pada rambut anda. Tutup kepala menggunakan shower cap dan diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Campuran tersebut berfungsi sebagai deep conditioner.

Manfaat Masker Kuning Telur untuk Wajah

Selain bermanfaat bagi rambut, masker kuning telur juga baik digunakan untuk kecantikan wajah loh. Apa saja sih manfaat masker kuning bagi wajah?

1. Menghilangkan Jerawat

Salah satu manfaat yang dihasilkan dengan memakai masker kuning telur adalah menghilangkan jerawat. Anda hanya perlu menyiapkan kuning telur ayam kampung. Langkah-langkahnya cukup mudah yaitu dengan memisahkan kuning telur dan putih telurnya. Pecahkan dan kocok sebentar. Selanjutnya aplikasikan pada wajah secara merata. Hindarilah bagian mata, lubang hidung dan bibir.

Diamkan masker sampai mengering sekitar 30 menit (jangan terlalu lama). Lalu, bilas dengan air bersih. Untuk menghilangkan bau amis, maka anda bisa membilas wajah anda dengan sabun muka. Lakukan cara ini secara rutin agar terhindar dari jerawat.

2. Mengatasi Kulit Kering

Selain mengatasi jerawat, masker kuning telur ternyata mampu mengatasi kulit kering loh. Bahan-bahan yang diperlukan cukup mudah yaitu 1 sendok teh olive oil, 1 butir kuning telur serta 2 tetes air mawar. Kemudian campurkan semua bahan dan kocok hingga tercampur merata.

Selanjutnya aplikasikan pada kulit wajah dan leher sampai merata dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukanlah cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

3. Mencerahkan Kulit dan Mengatasi Flek

Kuning telur bisa membantu mencerahkan kulit serta mengatasi flek jika dikombinasikan dengan madu. Caranya mudah yaitu dengan mencampurkan 1 butir kuning telur, 2 sendok makan dan 1 sendok makan susu cair, aduk sampai merata. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit dan bilas sampai bersih.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»