7 Langkah Menghindari Penuaan Dini Pada Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Penuaan dini pada kulit pastinya adalah hal yang ditakutkan oleh wanita. Salah satu tanda penuaan dini adalah hilangnya elastisitas kulit dengan cepat pada usia 20-an. Disusul dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan bahkan bintik-bintik hitam. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana.

Elastisitas sendiri merupakan kemampuan kulit untuk tetap terlihat kencang. Kolagen adalah protein tubuh yang bertanggung jawab atas kemampuan ini. Menurut American Academy of Dermatology, menjaga kolagen dari kerusakan akan menghambat hilangnya elastisitas kulit.

Nah, berikut ini adalah 7 langkah lengkap menghindari penuaan dini pada kulit Anda:

Kontrol asupan makanan Anda

Asupan makanan yang tepat komposisi protein, lemak, dan karbohidratnya akan menjaga gula darah tetap stabil dan itu bagus bagi kesehatan dinding arteri dan kapiler di bawah kulit. Hasil yang paling terlihat, kelopak mata dan punggung tangan Anda akan senantiasa terlihat segar. Kulit yang segar juga bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur-sayuran aneka warna.

Lindungi kulit dari sinar UV

Sinar UV adalah penyebab paling umum dari penuaan dini pada kulit dan dapat memperburuk efek dari kehilangan kolagen. Cara terbaik untuk menghindari penuaan dini akibat sinar matahari ini adalah dengan menerapkan tabir surya setiap hari dan untuk menghindari tanning (menggelapkan warna kulit) yang merusak kulit.

Gerakkan tubuh Anda

Olahraga sangat penting untuk elastisitas kulit karena olahraga dapat meningkatkan aliran darah, yang berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dipasok ke kulit sementara racun akan dikeluarkan. Olahraga juga akan menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi kesehatan kulit. Olahraga pada pagi hari akan memungkinkan metabolisme vitamin D dari sinar matahari pagi yang memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit.

Hindari asap rokok dan polusi

Menurut Mayo Clinic, paparan asap rokok dapat menyebabkan suplai oksigen dan nutrisi penting bagi kulit berkurang karena adanya penyembitan pembuluh darah. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan tampak tidak sehat. Begitu juga polusi kendaraan dan industri.

Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Hindari sabun yang terlalu keras di kulit sehingga membuatnya kering dan make-up yang dapat membuat pori-pori tersumbat. Pilih pelembab kulit yang melembabkan kulit dengan baik tanpa membuatnya menjadi berminyak. Salah pilih produk akan membuat kulit Anda bermasalah dan bisa saja kehilangan elastisitasnya.

Pertimbangkan krim anti-aging

Krim yang mengandung niacinamide, suatu bentuk vitamin B3, dapat membantu meningkatkan elastisitas Krim anti-penuaan lainnya mungkin mengandung retinol, vitamin C dan asam hidroksi, yang juga berpotensi mengurangi munculnya keriput.

Hindari stress

Penelitian telah menemukan adanya kaitan antara hormon stress (kortisol) dan memburuknya kondisi kulit. Karenanya ketika Anda merasa mulai merasa stress, usahakan segera buat diri Anda rileks kembali. Paling mudah adalah dengan menarik nafas dan meregangkan otot-otot yang tegang.

**

Itulah beberapa langkah menghindari penuaan dini pada kulit yang bisa Anda lakukan dari sekarang. Selamat menjadi cantik dan sehat setiap hari.

(Gambar: debrajshome.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *