Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Walaupun kecil, kehadiran jerawat yang seringkali muncul secara tiba-tiba seringkali bisa menjadi masalah besar bagi para wanita. Selain karena mengganggu kecantikan wajah, kehadiran jerawat juga seringkali diikuti oleh rasa nyeri dan radang pada bagian kulit. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa menimbulkan bekas kehitaman pada kulit ataupun bekas luka bopeng.

Maka dari itu, tidak aneh jika saat ini banyak sekali produk kecantikan yang ada di pasaran, berlomba-lomba menawarkan produk untuk mengenyahkan kehadiran ” si kecil ini” mulai dari yang murah hingga perawatan jerawat yang cukup menguras kantong.

Asal mula penyebab timbulnya jerawat pun cukup beragam. Tapi pada umumnya jerawat ditimbulkan oleh perubahan hormon yang dialami penderitanya dan biasanya muncul saat penderitanya sedang mengalami menstruasi, dalam proses kehamilan, serta mengalami stress yang berlebih. Jangan salah, jerawat tidak hanya muncul pada kaum wanita saja loh, tapi juga banyak dijumpai pada kaum laki-laki juga.

Nah, ada baiknya kita mengenali beberapa jenis jerawat serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Siap, girls? Let’s check it out!

Jerawat Biasa

Semua orang hampir pernah mengalami jerawat ini. Bentuknya kecil, berwarna kemerahan, dan biasanya ada nanah kecil berwarna keputihan di dalamnya. Jerawat ini timbul akibat tersumbatnya pori-pori wajah dan adanya infeksi dari bakteri Propionibacterium acne.

Bakteri ini hidup di daerah diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi di bawah permukaan kulit. Yang perlu dicermati dari bakteri ini adalah efek iritasi pada bagian wajah di sekitar jerawat.

Bagaimana mengatasinya?

Karena jerawat ini dikategorikan dalam jerawat yang tidak berbahaya, maka penanganannya pun cukup  mudah. Cukup mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada wajah kita menjelang tidur. Kandungan fluoride pada pasta gigi berkhasiat untuk mengurangi bengkak kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat.

Selain itu kita juga dapat menggunakan campuran madu dan putih dengan perbandingan 1:1 sebagai masker wajah untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Jerawat Batu

Jerawat ini dikenal juga dengan nama Cystic Acne dan selain berukuran lebih besar, jerawat ini pun berwarna merah dan meradang. Jerawat batu tergolong dalam jenis kategori jerawat yang parah dan akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Penyebabnya? Kelenjar minyak yang berlebih pada wajah serta pertumbuhan sel yang tidak normal.

Solusi terbaik untuk mengatasi jerawat ini adalah berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau dokter kulit untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk jerawat ini.

Ada baiknya jika kita menderita tipe ini, kita mulai memperbaiki pola makan kita dengan mulai mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Jangan lupa untuk minum air mineral supaya perputaran sirkulasi dalam tubuh tetap terjaga.

Jerawat Juvenil

Bentuk dan karakteristik dari jerawat ini mirip dengan jerawat biasa tapi biasanya jerawat ini muncul pada masa pubertas remaja ( 14- 20 tahunan). Penyebabnya hanya karena perkembangan hormone yang belum stabil saat memproduksi kelenjar minyak.

Solusinya?

Ada baiknya usahakan untuk menjaga wajah tetap bersih saat telah melakukan aktivitas di luar ruangan. Gunakan sabun wajah dengan PH seimbang atau sabun bayi saat mencuci muka agar jerawat tidak menjalar ke bagian muka yang lain.

Jerawat Vulgaris

Walaupun jika dilihat secara kasat mata, karakter jerawat ini mirip dengan jerawat batu, tapi jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik.

Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Cara Mengatasi

Pengobatan yang tepat untuk jerawat jenis ini yaitu dengan cara menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat, mengendalikan minyak berlebih pada kulit wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu tanpa ada intervensi apapun.

Tapi jika jerawat ini sudah semakin parah, dapat menimbulkan kerusakan dan harus mendapatkan pengobatan dari dokter spesialis kulit. Jerawat ini tidaklah menular serta dapat disembuhkan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *