Tips Menjaga Kelembutan Tangan dan Kaki

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Menurut seorang ahli, merawat tangan dan kaki sama pentingnya seperti merawat wajah. Selain itu, merawat tangan dan kaki tidak hanya berarti memakaikan pelembab. Perawatan tangan dan kaki yang tepat, dapat melindungi  dua bagian tubuh berharga ini dari infeksi jahat bahkan kanker.

Nah tugas kita adalah mencari cari tahu tips menjaga kulit tangan dan kaki agar senantiasa lembut dan sehat. Kulit tangan dan kaki bisa menjadi kering dan kotor dengan cepat karena keduanya begitu sering digunakan untuk berbagai aktivitas.

Tips Merawat Kulit Kaki dan Tangan

Berikut adalah tips terbaik merawat kulit tangan dan kaki indah Anda. Simak ya.

  1. Lindungi tangan dan kaki dengan tabir surya. Setidaknya pilih tabir surya dengan SPF minimal 15. Gunakan setiap Anda keluar rumah.
  2. Oleskan campuran gliserin dan air mawar atau lemon pada tumit Anda. Perawatan alami ini dapat membuat tumit Anda lembut dan segar.
  3. Untuk tumit pecah-pecah, gunakan campuran air hangat, garam, dan vaseline. Rendam kaki Anda dalam campuran tersebut selama setengah jam lalu gosok tumit Anda dengan batu apung.
  4. Sebelum tidur, jangan lupa oleskan krim untuk menghaluskan tumit. Ini akan membuat tumit Anda beregenerasi sepanjang malam.
  5. Campurkan dua sendok makan baby oil atau minyak zaitun dengan gula. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok kulit tangan dan kaki dengan gerakan memutar. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air. Hasilnya, kulit tangan dan kaki menjadi lebih halus dan lembut.
  6. Berikan pijatan lembut pada tangan dan kaki untuk mengendurkan otot-otot dan meningkatkan aliran darah. Cara ini juga dapat membantu menghindarkan kulit dari keriput.

Tips Merawat Kuku

Setelah paham cara merawat kulit tangan dan kaki, pastikan Anda juga tidak melupakan kuku. Kuku yang tidak dirawat bisa menjadi sarang kuman dan penyebab infeksi. Berikut tips merawat kuku Anda:

  1. Potong kuku jari tangan dan kaki seminggu sekali. Pastikan Anda tidak memotongnya terlalu pendek sampai melukai kulit. Sembari memotong kuku, bersihkan kotoran yang mungkin tertinggal di sela kuku dan jari. Lalu ratakan ujung kuku dengan kikir kuku.
  2. Untuk mendapatkan kuku yang bersinar menakjubkan, gosokkan petroleum jelly dan minyak jarak pada kuku Anda. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan kapas.
  3. Anda juga dapat memberikan pijatan pada kuku untuk membuatnya kuat dan merangsang pertumbuhannya dengan baik. Kemudian oleskan minyak alami pada kutikula untuk melembabkannya.

**

Itulah tips merawat kulit tangan dan kaki juga kuku-kukunya. Oscar Hevia, MD, seorang dermatology dari Miami Amerika Serikat memperingatkan, “Perubahan cuaca dapat membuat kondisi tangan dan kaki memburuk dengan cepat.”

Jika cuaca dingin misalnya, tangan dan kaki cenderung terlihat kusam dan kering. Anda jangan hanya menyembunyikannya di balik jaket dan sepatu, melainkan merawatnya dengan melembabkannya secara tepat. Sementara saat cuaca panas dan lembab, pastikan untuk menjaga kebersihan tangan dan kaki dengan baik agar tidak mudah terkena infeksi seperti infeksi jamur pada kulit.

Semoga tips dan informasi ini membantu dalam merawat tangan dan kaki cantik Anda.

(Gambar: neatfeetmk.org.uk)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *