Cara Merawat Kulit Wajah Kering Sensitif

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki kulit wajah yang kencang, bersih dan sehat adalah hal yang paling didambakan khususnya bagi kaum remaja yang sangat memberikan perhatian mengenai penampilan wajah mereka. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain, ada yang bermasalah dengan kulit wajah yang berjerawat, kusam, kering, sensitif dan masih banyak lagi masalah kulit wajah yang lainnya.

Untuk kali ini yang akan dibahas adalah mengenai Kulit Wajah Kering dan Sensitif, lebih tepatnya ialah cara merawat masalah kulit wajah tersebut.

Jenis kulit kering adalah peristiwa dimana kelenjar minyak tidak dapat memproduksi minyak untuk menjaga kelembaban kulit yang akhirnya menyebabkan kulit tampak kering, kusam dan kaku. Jenis kulit kering ini biasa terjadi karena beberapa faktor seperti gen (keturunan), iklim, dan juga usia.

Sedangkan jenis kulit sensitif ialah jenis kulit yang memiliki reaksi cepat terhadap penggunaan suatu produk kosmetik, cuaca, dan kondisi lingkungan. Dalam penanganan kulit sensitif tidak boleh sembarangan, karena apabila salah dalam memberikan produk malah akan berdampak negatif pada kulit yang sensitif.

Dampak yang biasanya timbul adalah wajah yang kemera-merahan, timbul jerawat dan bahkan bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah yang tentunya akan membuat tidak nyaman bagi orang tersebut.

Ada beberapa cara untuk merawat kulit wajah kering dan sensitif. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering

Menghindari sinar matahari secara langsung 

Sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit kering kusam dan terasa terbakar. Penggunaan pelindung cahaya matahari adalah solusi yang dapat digunakan saat keluar rumah.

Rutin Mencuci Muka 

Hal yang sangat mudah namun jarang dilakukan. Mencuci muka merupakan salah satu solusi untuk wajah yang kering karena dengan mencuci wajah, wajah akan tampak lebih segar.

Minyak Zaitun 

Kandungan yang terdapat di dalam minyak zaitun dapat menjaga kelembaban pada wajah. Selain itu miyak zaitun juga dapat mengangkat sel-sel kulit yang mati dan meningkatkan regenerasi sel. Cara penggunaan dapat digunakan langsung atau dicampur dengan satu butir kuning telur dan lemon, kemudian dioleskan pada permukaan wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

Gel Lidah Buaya 

Lidah buaya memang banyak manfaatnya untuk kecantikan salah satunya sangat ampuh dalam mengatasi kulit kering. Caranya potong lalu ambil gel dari lidah buaya dan kemudian oleskan gel tersebut pada permukaan wajah, tunggu beberapa menit lalu bilas.

Masker Yoghurt dan Wortel

Yoghurt memiliki kemampuan untuk merontokkan sel-sel kulit mati sehingga sangat baik untuk dijadikan masker. Caranya oleskan yoghurt pada wajah, tunggu beberapa menit hingga wajah terasa lembab lalu kemudian bilas dengan air bersih.

Wortel sendiri selain memiliki vitamin A yang melimpah ternyata worel juga memiliki kemampuan untuk merangsang regenerasi pada kulit. Caranya sangat mudah cukup haluskan wortel lalu gunakan sebagai masker, beberapa menit kemudan bilas menggunakan air bersih.

Cara Merawat Wajah Sensitif

  • Perbanyak Minum Air : Dengan mengonsumsi banyak air kulit akan tetap lembab dan dapat mencegah munculnya iritasi pada kulit.
  • Herbal Remedies : Penggunaan herbal remedies sangatlah baik bagi kulit sensitif, karena terhindar dari bahan kimia. Beberapa Herbal Remedies yang khusus untuk jenis kulit sensitif:
  • Jojoba oil untuk membersihkan wajah.
  • Teh hijau mengandung anti-inflammatory yang dapat mencegah terjadinya reaksi kulit sensitif
  • Facial exfoliate dengan menggunakan campuran oatmeal dan jeruk limau
  • Lidah buaya dapat mengobati kulit yang memerah, iritasi dan berjerawat. Dapat dlangsung diaplikasikan pada kulit wajah.
  • Masker wajah yang terbuat dari buah-buahan ataupun sayur-sayuran dan yoghurt.
  • Minyak Kelapa, kemampuannya untuk masuk ke dalam kulit dan dapat melembabakan dan menyehatkan kulit wajah.
  • Penggunaan Madu untuk antiseptik. Dan anti inflamasi, selain itu madu juga dapat melembabkan dan menyehatkan kulit.
  • Gunakan tabir surya yang mengandung zinc yang dapat menjegah iritasi pada wajah akibar radiasi sinar matahari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *