Thanaka, Kecantikan Tradisional ala Myanmar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setiap negara memiliki kekayaan tradisionalnya dalam berbagai hal. Baik seni, budaya, cerita rakyat maupun perihal tradisi kecantikan. Jika Indonesia memiliki jamu dengan berbagai manfaatnya, maka Myanmar punya Thanaka. Bedak kecantikan Thanaka merupakan ramuan warisan leluhur yang masih dipergunakan hingga saat ini. Tidak hanya untuk perempuan, lelaki dewasa pun sebagian menggunakannya.

Limmonia Acidissima, nama latin dari pohon Thanaka yang memang memiliki segudang manfaat. Hampir seluruh bagiannya bisa digunakan. Pohon ini sendiri banyak ditemukan di kawasan asia, namun hanya penduduk Myanmar-lah yang berinovasi menjadikannya sebagai bahan ramuan kecantikan (www2.irrawaddy.org, 2015).

Khasiat Thanaka untuk Kecantikan

Bagian yang diramu menjadi bedak adalah kulit kayu atau akar yang kemudian diolah secara sederhana dan digiling menjadi bubuk bedak. Warnanya agak kekuningan dan aromanya wangi segar. Para wanita Myanmar masih setia menggunakan Thanaka, baik penduduk perkotaan sekalipun. Bahkan bedak Thanaka ini merupakan bagian dari identitas nasional mereka.

Khasiat Thanaka untuk kulit adalah mencerahkan dan melembabkan. Terutama sebagai pelindung kulit dari sinar matahari dan memberi efek sejuk (dingin). Kandungan dalam Thanaka juga bisa menjadi “senjata” untuk melawan jerawat.

Dengan bantuan teknologi, saat ini Thanaka telah diolah secara modern dan dikembangkan menjadi anti septik dan membantu menyembuhkan bekas gigitan serangga. Kini, bedak Thanaka hasil olahan modern telah dijual dalam berbagai merek.

Walaupun demikian, tidak sedikit wanita di Myanmar yang tetap setia meluangkan waktu untuk mengolah sendiri Thanaka dengan cara tradisional. Bahkan, penggilingan Thanaka telah dijadikan perlombaan tahunan di Myanmar.

Produk Thanaka dengan pengolahan modern tidak terlalu digemari karena para konsumen di Myanmar tidak yakin akan kemurnian bahan yang digunakan. Bahkan mereka khawatir dengan campuran-campuran bahan kimia yang justru tidak sehat untuk kulit. Kekhawatiran mereka beralasan karena beberapa brand belum teregistrasi otoritas kesehatan produk setempat.

Jika anda berkunjung ke Myanmar, jangan heran melihat anak-anak (laki-laki maupun perempuan) keluyuran dengan bedak di wajahnya. Biasanya diaplikasikan tidak merata di wajah, hanya di bagian pipi dengan bentuk kotak atau bulat. Bagi wanita dewasa, akan menyesuaikan pengaplikasiannya sesuai kebutuhan.

Jika hanya untuk berjalan-jalan maka hanya dikenakan seadanya tidak terlalu tebal, namun untuk mereka yang bekerja di bawah sinar matahari, akan mengaplikasikan dengan tebal ke seluruh area wajah. Sedangkan kaum lelaki dewasa, hanya sebagian saja yang masih menggunakannya.

Dengan tipe kulit yang tidak jauh berbeda dengan wanita Indonesia pada umumnya dan sejalan dengan trend kecantikan dengan bahan alami (herbal), anda bisa mencoba menggunakan bedak thanaka ini.

Di Indonesia anda bisa mendapatkannya secara online dari berbagai pemasok yang menawarkan. Hal penting yang jangan anda lewatkan adalah memastikan terlebih dahulu registrasi BPOM untuk memastikan produk tersebut aman digunakan untuk kulit wajah anda.

Semoga Bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *