Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pitriyasis versicolor atau yang biasa disebut sebagai panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur yang bernama Pityrosporum ovale pada permukaan kulit. Biasanya panu menyerang pada permukaan kulit pada bagian punggung, leher, lengan, kaki, dada dan berbagai permukaan kulit lainnya.

Dalam mengetahui ciri-ciri panu dapat dilihat dari munculnya bercak-bercak putih, merah atau kecoklatan, tergantung dari jenis kulit sang penderita. Biasanya bercak tersebut dapat diiringi dengan rasa gatal terutama disaat munculnya keringat dari akibat beraktivitas ataupun keringat karena kondisi cuaca.

Meskipun panu ini bukan termasuk jenis penyakit kulit yang mematikan atau berbahaya, namun hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Apalagi jika terjadi pada wanita.

Pencegahan Penyakit Panu

Maka dari itu, sebelum penyakit ini terjadi pada diri kita, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mencegah penyakit panu.

  1. Jaga kerbersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali sehari
  2. Hindari berbagi handuk dengan orang lain. Apalagi jika orang tersebut memiliki penyakit kulit seperti panu. Maka kemungkinan besar kita pun juga akan tertular
  3. Ganti handuk minimal 2 minggu hingga 1 minggu sekali
  4. Jangan bergantian pakaian dengan orang lain
  5. Simpan pakaian ditempat yang kering
  6. Jangan menggantung pakaian terlalu lama karena akan memicu timbulnya jamur pada pakaian
  7. Jangan membiarkan keringat terlalu lama menempel pada kulit

Penyembuhan Penyakit Panu

Lalu, bagaimana sih cara menyembuhkan panu jika kita sudah terlanjur terkena penyakit ini? Dibawah ini ada beberapa tips cara menghilangkan panu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Belerang

Ambil belerang secukupnya dan tumbuklah hingga halus. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa dan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu oleskan pada permukaan kulit yang terkena panu dan lakukanlah secara rutin agar panu benar-benar menghilang.

2. Lengkuas

Ambil lengkuas secukupnya kemudian diparut dan campurkan dengan minyak tanah dan gosokan secara merata pada bagian yang terkena panu.

3. Bawang Putih

Ambil 1 siung bawang putih dan irislah menjadi beberapa bagian. Kemudian oleskan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan secara rutin setiap pagi dan malam agar panu dapat menghilang secara permanen.

4. Kunyit

Sama seperti halnya ramuan Lengkuas. Parutlah kunyit dan campurkan denan garam kasar atau garam kristal. kemudian oleskan dan gosokan pada bagian yang terkena panu.

5. Daun Kemangi

Tumbuk Daun Kemangi dan campurkan dengan kapur sirih, mentimun dan belerang secukupnya. Tinggal oleskan ramuan tersebut pada bagian yang berpanu.

6. Sereh

Batang sereh di memarkan (bagian bawah) hingga mengeluarkan air, kemudian oleskan pada bagian yang terkena panu. lakukanlah secara rutin 2-3 kali dalam seminggu setiap setelah mandi sore.

7. Bunga Kenanga

Ambil beberapa tangkai bunga kenanga dan tumbuklah hingga halus. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa dan sedikit belerang. Oleskan ada kulit yang berpanu.

8. Buah Papaya

Potong buah papaya dan ambil getahnya saja. Kemudian oleskan kepada kulit yang terkena jamur atau panu dengan getah buah tersebut secara berulang-ulang hingga sembuh.

Beberapa tips di atas mungkin bisa dicoba dalam melakukan penyembuhan terhadap panu. Tetapi harus diingat bahwa lakukanlah secara rutin dan disiplin agar panu dapat menghilang secara permanen.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *