Adakah Pengaruh Kaki O Terhadap Kesehatan?

Adakah Pengaruh Kaki O Terhadap Kesehatan?

1 TANGGAPAN

Halo,

Kaki O adalah sejenis gangguan pertumbuhan tulang kaki yang menyebabkan terjadinya pergeseran rotasi pada persendian antara tulang paha dan tulang lutut. Gangguan pertumbuhan ini juga mengakibatkan sudut yang terbentuk antara kedua tulang tersebut menjadi tidak normal.

Sebenarnya pengaruhnya lebih pada persoalan fungsi dan tampilan kaki. Selain membuat anak-anak sering terjatuh dan mempengaruhi penampilannya, kaki O juga akan membuat anak jadi mudah lelah kalau berjalan dan aktivitasnya pun terbatas.

Tentunya kita semua menginginkan anak-anak lahir dan tumbuh besar dengan kaki yang sempurna, bukan?

FAKTOR PENYEBAB KAKI O

  • Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
  • Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan  posisi kaki membentuk huruf W.
  • Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki anak dibiarkan melingkari tubuh Anda dan membentuk sudut 90 derajat.
  • Memakaikan popok sekali pakai dengan cara dan pada saat yang tidak tepat, misalnya terus-menerus pada saat anak sedang belajar berjalan. Hal ini membuat anak sulit menemukan posisi kaki yang stabil.
  • Memakaikan baby walker. Anak yang belum cukup kuat menopang berat tubuhnya akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya, tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga terjadi ketidakseimbangan kekuatan otot (muscle imbalance). Penggunaan baby walker memang tidak dianjurkan, karena sering juga menimbulkan kecelakaan pada anak.

Demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat!

#1

Silahkan LOGIN atau BUAT AKUN untuk menanggapi topik ini.