Tips Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Terlihat Pucat

Loading...

Ada yang mengatakan kalau ibu hamil akan memiliki berbagai kondisi khusus yang berbeda satu sama lain selama kehamilan.

Ada beberapa ibu hamil yang terlihat cerah dengan wajah yang merona dan bahkan bertambah cantik dan menarik.

Namun ada juga beberapa ibu hamil yang justru terlihat memiliki kulit kusam atau bahkan wajah yang pucat.

Kulit kusam adalah satu hal yang sering terjadi dan tidaklah satu hal yang mempengaruhi kesehatan janin namun wajah yang pucat merupakan satu hal yang tidak baik dan patut untuk diwaspadai.

Apabila seorang wanita hamil yang terlihat pucat ingin menutupi wajah pucatnya, solusinya cukup mudah untuk ditemukan di mana saja.

Make up merupakan satu solusi yang sering digunakan oleh wanita untuk menutupi kekurangan di wajah mereka. Namun perlu disadari bahwa wajah pucat pada wanita hamil merupakan indikasi kekurangan zat-zat tertentu dan mungkin ibu tersebut menderita anemia.

Kondisi anemia atau yang sring juga disebut sebagai kondisi kurang darah. Ini merupakan kondisi yang berbahaya karena berpotensi buruk seperti persalinan yang memakan waktu lebih lama.

READ:  10 Cara Agar Cepat Hamil

Maka dari itu, mewaspadai hal ini merupakan satu tindakan yang sangat penting. Kenalilah kondisi ini dan pencegahan yang tepat agar bayi dan ibu sehat.

Kondisi anemia pada wanita hamil disebabkan oleh dua hal utama yang keduanya berkaitan dengan asupan nutrisi yang diterima oleh wanita yang sedang hamil. Kedua hal tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Rendahnya ataupun turunnya cadangan dari zat besi yang ada di dalam tubuh wanita yang disebabkan karena sikus bulanan menstruasi yang sudah biasa dialami.
  • Tidak terpenuhinya asupan zat besi yang dibutuhkan oleh janin yang terus meningkat.

Dengan kata lain, kekurangan zat besi menjadi kunci utama mengapa seseorang bisa menderita kondisi anemia. Dengan mengetahui penyebab utama dari anemia, maka cara pencegahan dan penanganan dari kondisi ini bisa dilakukan diketahui dan ditangani dengan segera.

Tips Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Terlihat Pucat

Bagi ibu hamil, ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari segala resiko anemia terhadap ibu dan janin yang dikandungnya:

READ:  Efek Aborsi Secara Fisik Dan Psikologis

Kenali gejala anemia

Berikut ini adalah gejala pertama yang biasanya dirasakan oleh seseorang yang mengalami anemia:

  • Badan lesu
  • Cepat lelah
  • Mudah mengantuk
  • Mual dan muntah yang lebih hebat
  • Tidak bergairah
  • Nafsu makan menurun
  • Susah tidur
  • Sesak nafas
  • Mata yang berkunang-kunang
  • Ada rasa ingin pingsan
  • Wajah yang pucat

Lakukan pemeriksaan darah

Apabila sel darah merah dalam tubuh dinyatakan rendah, maka seorang ibu hamil menderita anemia. Maka mintalah resep obat ataupun vitamin yang akan bisa membantu untuk mendongkrak kadar sel darah merah di dalam tubuh.

Perhatikan selalu pola makan

Ingatlah bahwa pola makan seimbang sangatlah penting terutama untuk ibu-ibu yang tegah hamil demi perkembangan janin. Makanlah makanan yang mengandung zat besi, asam folat, kalsium dan juga protein akan sangat membantu para ibu hamil untuk bisa mendapat asupan gizi yang sempurna.

***

Tips untuk ibu hamil muda agar tidak terlihat pucat yang ada di atas juga akan berguna bagi ibu hamil yang mengalami kondisi serupa.

READ:  Yang Sebaiknya Dihindari Wanita Hamil Terkait Penampilan

Ingatlah selalu bahwa kondisi anemia pada wanita yang tengah hamil bukanlah satu kondisi yang bisa diremehkan karena dapat berakitbat fatal. Resiko dari anemia tidaklah menguntungkan seperti meringkatkan resiko kematian ibu, resiko bayi premature ataupun cacat.

20


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *