Cara Menghilangkan Rasa Kaget

Cara Menghilangkan Rasa KagetDOKTERCANTIK.COM – Cara menghilangkan rasa kaget memang patut diketahui, terutama oleh mereka yang memang memiliki kecenderungan untuk gampang kaget.

Rasa kaget adalah hal yang biasa, tetapi jika terjadi secara berlebihan maka itu sudah termasuk sebuah penyakit. Dalam ilmu kedokteran, penyakit gampang kaget dikenal juga dengan istilah hyperplexia.

 

Read More

Penyakit ini bisa saja berefek parah, atau bahkan menyebabkan kematian. Mereka yang mengidap penyakit hyperlexia ini cenderung memiliki refleks yang berlebihan terhadap suara atau sentuhan.

 

Pada pasien dengan penyakit hyperlexia, biasanya kekagetan selalu diikuti dengan otot kaku, gangguan pernapasan hingga berakhir dengan kematian. Hyperlexia disebabkan oleh adanya mutasi gen ganda. Mutasi gen inilah yang mengakibatkan kegagalan sel saraf untuk membuat komunikasi. Mutasi gen ini juga mempengaruhi pergerakan molekul glycine di antara sel.

Pada sebuah penelitian terbaru, ilmuwan di University College London dan Swansea University di Wales mendapatkan kesimpulan bahwa penyebab utama penyakit hyperlexia adalah adanya mutasi gen GlyT2.

BACA:  Syarat Diet Bagi Penderita Asam Urat

Nah, apa saja yang harus kita lakukan untuk menghilangkan rasa kaget? Yang paling utama ketika rasa kaget tiba adalah menenangkan si penderita. Berikan segelas air hangat untuk segera diminum. Minta ia duduk dengan santai dan menarik nafas dalam-dalam sambil berusaha menenangkan diri.

Dalam keadaan kaget, emosi biasanya susah dikontrol. Karena itu, mereka yang terlalu gampang kaget seharusnya selalu diawasi atau memiliki teman dalam beraktivitas. Sedapat mungkin untuk menghindari penyebab kaget berlebihan merupakan target utama. Menghindari tempat kerja yang biasa memberikan sensasi suara dentuman tiba-tiba juga perlu dilakukan untuk sementara.

Selain itu, penderita yang sering kaget-kagetan juga perlu untuk memberitahukan kepada setiap temannya tentang hal tersebut. Dengan memberitahukan kondisi kita, teman-teman sepergaulan tentu bisa mengerti dan mencegah Anda mendapatkan sentuhan tiba-tiba atau suara tinggi yang mengagetkan.

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan rasa kaget yang bisa Anda pelajari. Anda juga bisa mempelajari cara menghilangkan rasa kaget ini untuk membantu teman Anda yang menderita sering kaget-kagetan.

BACA:  Kenali Bakteri Jahat Di Sekitar Kita

Semoga bermanfaat.

 

JANGAN LEWATKAN