5 Penyebab Kulit Cepat Keriput

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Seiring dengan bertambahnya usia, kulit memang akan mengalami perubahan. Perubahan yang tampak jelas dengan bertambahnya usia adalah kulit menjadi keriput. Memang usia dan kulit keriput merupakan hal yang alami dan akan dialami oleh siapa saja. Namun, pada beberapa kasus, ada orang yang kulitnya keriput sebelum waktunya.

Mungkin Anda pernah bertemu orang di tempat-tempat umum, wajah mereka masih sangat muda tapi kulit tangan sudah keriput seperti orang tua atau orang yang usianya masih muda tapi seluruh kulit mengalami keriput. Bayangkan usia masih muda tapi kulit tangan dan kaki seperti kulit orang tua.

Tentu ada penyebab mengapa kulit seseorang lebih cepat keriput dari waktunya. Apa saja penyebabnya tersebut? Yuk simak ulasan di bawah ini :

Kurang perawatan

Di satu sisi, kita melihat banyak orang yang “gila” dalam perawatan kulitnya. Mereka seakan berlomba satu sama lain. Namun, di sisi lain ternyata juga ada orang yang tidak ambil pusing dan kurang peduli dengan perawatan kulitnya. Kulit mereka jarang dibersihkan dengan lulur atau masker, mandi juga tidak maksimal atau asal, berlama-lama di bawah cahaya matahari dan sebagainya.

Bisa juga ini disebabkan oleh faktor ekonomi di mana mereka lebih sibuk mencari uang untuk bertahan hidup sehingga lupa merawat kulit mereka sendiri. Bagaimana pun, kulit juga harus dijaga kalau kulit bermasalah karena tidak terurus, nanti kita juga yang repot.

Diet yang berlebihan

Beberapa waktu belakangan, banyak orang yang terobsesi untuk memiliki tubuh yang ideal dan langsing. Alhasil, mereka melakukan diet setiap saat bahkan dengan cara-cara yang malah merusak diri. Ketahuilah diet yang berlebihan dapat menjadi penyebab cepatnya kulit keriput. Tidak lain karena tubuh kekurangan asupan mineral yang dibutuhkan.

Makanan yang tidak mendukung

Selain diet, faktor yang membuat kulit cepat mengalami penuaan adalah asupan gizi dalam makanan yang sangat minim. Sebagaimana diketahui, banyak vitamin dan mineral yang berhubungan dengan kecantikan kulit. Kalau makanan tidak diperhatikan, tentu kulit akan lebih cepat keriput. Sebaliknya, kalau makanan yang mendukung keremajaan kulit dikonsumsi, kulit akan semakin terjaga.

Pola hidup yang tidak sehat

Sebagian orang menjalani hidup kadang tanpa aturan dan sesuka hatinya saja. Padahal tubuh termasuk kulit juga membutuhkan perhatian. Istirahat yang kurang, merokok, kopi, dan pola hidup yang tidak sehat lainnya ikut menyumbang keriputnya kulit secara dini.

Kebiasaan lain yang sering diabaikan adalah kurangnya konsumsi air putih. Kadang orang lebih banyak mengkonsumsi minuman bersoda dan sangat jarang minum air putih padahal air putih memiliki manfaat yang penting untuk kecantikan kulit.

Produk kecantikan

Mungkin saja seseorang sudah memiliki pola hidup yang sehat, makanan yang mendukung serta menjaga perawatan kulit dengan maksimal tapi tanpa sadar dia ternyata menggunakan produk kecantikan yang tidak tepat. Kesalahan dalam memilih produk kecantikan tersebut berakibat fatal sehingga kulitnya rusak.

**

Jika kulit berkerut sebelum waktunya, cobalah melakukan evaluasi. Faktor manakah yang paling dominan sebagai penyebab kulit keriput. Setelah itu, lakukan usaha perawatan agar penuaan kulit itu tidak semakin cepat terjadi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *