Ketahui 8 Simbol Penting pada Kemasan Produk Kecantikan

Loading...

Saat membeli produk kecantikan, sebagian besar dari kita memperhatikan nama produk, kegunaan produk, dan ingredients atau bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut.

Namun, selain itu semua, ada beberapa simbol yang biasanya tertera di bagian belakang kemasa produk kecantkan yang jarang kita perhatikan. Padahal, simbol-simbol tersebut mengandung makna yang perlu kita ketahui untuk menjaga kualitas produk yang kita beli.

Apa saja simbol-simbol tersebut? Berikut penjelasannya.

Period After Opening (PAO)

Tak semua produk memiliki simbol ini, namun simbol ini muncul pada sebagian besar produk kecantikan, terutama produk perawatan kulit.

Arti dari simbol ini adalah berapa lama produk tersebut sebaiknya digunakan setelah dibuka. Hal ini dikarenakan produk biasanya tersegel atau tertutup rapat dan setelah tutup itu terbuka maka akan tercampur dengan udara dan cenderung mengubah kandungan didalamnya sehingga sebaiknya tidak digunakan melebihi angka yang tertera.

Simbol M di belakang angka yang tertera adalah month atau bulan yang menandakan berapa bulan produk tersebut aman digunakan setelah dibuka.

READ:  Hati-hati Mengkonsumsi Bakso dan Mie Instan!

Hindari menggunakan produk melebihi jangka waktu yang disarankan meskipun teksturnya terlihat bagus dan aman-aman saja.

Panah Bulat dalam Lingkaran

Simbol yang biasanya berwarna putih, hijau maupun hitam ini memiliki arti bahwa perusahaan produk tersebut bersedia untuk membiayai biaya daur ulang kemasannya.

Mobius

Simbol berupa 3 panah membentuk segitiga ini cukup sering kita temui dalam berbagai kemasan produk rumah tangga. Simbol ini menandakan bahwa kemasan produk tersebut bisa didaur ulang maupun terbuat dari bahan daur ulang.

Simbol ini biasanya berwarna hijau yang merupakan simbol dari warna daun dan pengertian ramah lingkungan.

Leaping Bunny

Bagi Anda yang sangat peduli tentang isu-isu animal testing pada produk kecantikan, mungkin Anda sudah mengenal simbol ini.

Ya, simbol bergambar kelinci lompat ini merupakan tanpa bahwa produk tersebut tidak melibatkan uji coba pada binatang sehingga bebas dari animal testing atau cruelty free.

Gambar kelinci juga digunakan karena kelinci adalah hewan yang paling sering menjadi objek uji coba produk.

READ:  Apakah Khasiat dan Manfaat Vitamin Ever E?

Jam Pasir

Simbol jam pasir yang tertera pada kemasan produk menandakan bahwa produk tersebut berlaku atau layak digunakan dalam waktu 30 bulan. Terkadang simbol jam pasir tersebut juga dilengkapi dengan tanggal kadaluwarsa.

Ecocert

Simbol bertulisan ecocert ini menandakan bahwa produk kecantikan Anda terbuat dari bahan-bahan alami maupun organik.

Jika dilengkapi kata ‘organik’ maka 95% bahan-bahan yang terkandung berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sedangkan jika terdapat kata ‘natural‘, maka bahan tumbuh-tumbuhan yang terkandung adalah 50%.

UVA

UVA merupakan simbol yang menandakan produk kecantikan tersebut mengandung anti surya. Hal tersebut artinya produk tersebut dapat melindungi kulit dari efek sinar matahari.

Mudah Terbakar

Simbol bergambar api pada kemasan produk menandakan produk tersebut mudah terbakar (flammable).

Sebaiknya hindari produk tersebut dari sinar mataharii langsung atau tempat yang panas, maupun mebuangnya tanpa melubangi kemasan.

Simbol ini biasanya terdapat pada produk seperti hair spray atau deodoran.

***

Itulah beberapa simbol yang terdapat pada produk kecantikan. Pastikan teliti sebelum membeli, semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *