Kenali Ciri-ciri Kosmetik Anda sudah Kadaluarsa

Loading...

Saat kita memberli kosmetik, mengetahui tanggal kadaluarsa produk tersebut sangatlah penting. Jika produk tersebut kira-kira akan Anda sering gunakan sehingga cepat habis, tanggal kadaluarsa yang cukup cepat mungkin tidak menjadi masalah. Jika Anda tidak menggunakan produk tersebut terlalu sering, maka pastikan tanggal kadaluarsa masih sangat jauh dari tangga pembelian, yaitu sekitar 2 tahun.

Meskipun demikian, tak jarang label tanggal kadaluarsa pada komestik pudar atau hilang, sehingga sulit bagi kita untuk mengetahui jika produk tersebut masih atau tidak layak lagi digunakan.

Tanggal kadaluarsa juga sebaiknya tidak dianggap enteng karena menggunakan produk yang telah lewat masa layak pakai dapat berbahaya bagi kulit Anda, seperti iritasi pada kulit, kulit melepuh, munculnya jerawat, radang hingga keracunan dan resiko lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut kami bagi beberapa tips untuk mengetahui apakah produk kosmetik Anda telah lewat masa kadaluarsa, berdasarkan jenis produknya.

Lipstik

Lipstik yang kadaluarsa biasanya diketahui dari tekstur yang berubah, misalnya lebih kering hingga kasar dibandingkan sejak awal pembelian. Selain itu, lipstik yang kadaluarsa juga mengeluarkan aroma yang tidak biasa hingga terlalu menyengat.

READ:  Sistem Pengobatan Tradisional Tiongkok

Jika digunakan, lipstik yang kadaluarsa biasanya terasa kasar, tidak mudah menempel pada bibir dan rasa gatal pada bibir.

Jika Anda merasakan ciri-ciri ini pada lipstik lama Anda, maka sebaiknya jangan gunakan produk tersebut. Lipstik biasanya memiliki tanggal kadaluarsa 1 tahun setelah tanggal produksi.

Body Lotion

Body lotion maupun produk sejenis lainnya untuk melembabkan kulit tubuh biasanya dapat digunakan hingga 3 tahun dari tanggal produksi.

Akan tetapi, jangka waktu itu sangat beragam bergantung pada produk body lotion tersebut karena produk yang lebih banyak mengandung bahan alami dan organik akan lebih cepat kadaluarsa.

Beberapa ciri body lotion yang tidak layak pakai adalah perubahan tekstur dan aroma, serta rasa panas hingga gatal saat digunakan.

Tekstur yang tidak layak pakai biasanya lebih cair dari biasanya dan warnanya yang berubah.

Bedak dan Pemerah Pipi

Bedak maupun blush on biasanya dapat bertahan selama 1 hingga 2 tahun. Akan tetapi, penyimpanan produk yang salah dapat mempengaruhi kualitas produk tersebut.

Sebaiknya simpan bedak dan blush on Anda di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

READ:  Penyebab dan Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

Produk bedak maupun blush on yang telah melewati tanggal kadaluarsa biasanya muncul titik-titik putih atau jamur, tekstur yang terlihat lebih kasar dan mengeras, hingga warna dan aroma yang berubah.

Apabila digunakan, kulit akan berisiko terasa gatal dan mengalami iritasi.

Maskara dan Eye Liner

Kedua produk kosmetik untuk bagian mata ini biasanya bertahan hingga 1 tahun. Karena penggunaannya di area mata, maka pastikan jika maskara dan eye liner Anda masih dalam keadaan baik karena dapat berbahaya bagi kesehatan mata.

Beberapa tanda Anda sebaiknya segera mengganti maskara dan eye liner Anda, adalah tekstur yang mengeras, warna yang memudar, bau yang menyengat hingga produk yang sulit menempel pada kelopak dan bulu mata.

Foundation

Foundation atau alas bedak biasanya dapat disimpan dalam jangka waktu 1 tahun. Akan tetapi jika digunakan setiap hari dan sering dibuka, maka sebaiknya ganti foundation Anda setelah 6 bulan.

Foundation yang sebaiknya tidak lagi digunakan adalah yang mengalami perubahan tekstur, misalnya lebih cair atau mengental dan berminyak. Selain itu, warnanya pun berubah dengan aroma yang lebih menyengat.

READ:  Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Alas bedak yang sudah tidak layak pakai biasanya juga sulit menempel pada kulit wajah. Segera hentikan pemakaian foundation Anda jika terasa gatal dan tidak nyaman pada kulit.

**

Itulah beberapa contoh ciri-ciri kosmetik yang kadaluarsa agar Anda dapat segera mengganti kosmetik yang sudah tidak layak pakai.

Kosmetik yang jarang dibuka akan lebih awet daripada yang sering digunakan, akan tetapi penyimpanan yang salah juga dapat mempengaruhi kualitas produk tersebut. Segera pilah kosmetik Anda dan buang yang sudah kadaluarsa untuk menghindari efek buruknya pada kulit Anda.

Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *