Cara Menyimpan Produk Kecantikan yang Benar

Loading...

Semua orang, khususnya wanita menginginkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Itulah sebabnya kita menggunakan produk perawatan wajah (skin care) mulai dari toner, pelembab, essence, serum, sunscreen, krim mata dan masih banyak.

Produk perawatan wajah yang kita gunakan juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah, oleh karena itu kita selalu ingni memastikan bahwa produk tersebut cocok di kulit kita.

Namun demikian, tanpa kita sadari, setiap produk perawatan wajah terbut dari bahan yang berbeda-beda dan terdiri dari komposisi yang berbeda-beda pula. Itulah sebabnya jika sudah dibuka, produk perawatan wajah sebaiknya disimpan dengan baik agar bahan di dalamnya tidak rusak sehingga mengurangi kerja maksimal produk tersebut pada kulit kita.

Salah satu contohnya adalah produk kecantikan sebaiknya tidak diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung karena panas dari sinar matahari tersebut dapat membuat kandungan di dalam produk tersebut menjadi tidak efektif pada kulit wajah.

Beberapa perubahan yang perlu diwaspadai karena menyimpan produk kecantikan dengan kurang benar adalah warna produk, tesktur produk, bau hingga efek jika dipakai.

Berikut adalah beberapa tips cara menyimpan produk skincare dengan benar.

Menyimpan Produk di Dalam Kulkas

Kulkas sering dijadikan salah satu tempat yang tepat untuk menyimpan produk skincare atau kosmetik, terutama yang terbuat dari bahan alami atau organik. Produk yang mengandung bahan organik tanpa pengawet biasanya lebih cepat mengalami perubahan kaena suhu. Untuk itu, menyimpan produk kecantikan di dalam kulkas adalah langkah yang tepat.

READ:  Bagaimana Cara Memiliki Kecantikan Ideal?

Beberapa produk yang sebaiknya disimpan di kulkas adalah yang mengandung vitamin A dan C karena kedua vitamin ini sangat rentan terhadap panas yang dapat membuat bahan aktifnya cepat hilang karena paparan sinar matahari dan akhirnya tidak bekerja secara optimal.

Sedangkan suhu dingin dari kulkaslah yang dapat memperlambat proses penguraian pada produk-produk kecantikan.

Selain itu, beberapa produk yang sebaiknya Anda simpan di dalam kulkas adalah parfum dan pewangi badan dalam bentuk spray karena akan terasa lebih segar saat digunakan.

Menyimpan Produk dalam Suhu Ruang

Suhu ruang juga merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan beberapa produk kecantikan. Kamar tidur yang termasuk sebagai tempat dengan suhu ruang cocok untuk menyimpan produk yang mengandung minyak, mineral oil atau lilin yang biasa terkandung dalam foundation, face oil dan primer.

Ini untuk menghindari perubahan konsistensi jika disimpan di tempat yang dingni seperti kulkas. Selain itu, meskipun disimpan di dalam kamar, hindari untuk meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung agar menghindari proses oksidasi.

READ:  7 Tips Merawat Bagian Kaki agar Tetap Indah

Posisikan meja rias yang biasanya digunakan untuk meletakkan produk kecantikan Anda di tempat yang tidak langsung terpapar sinar matahari.

Menyimpan Produk di Kamar Mandi

Tempat lain untuk menyimpan produk perawatan dan kecantikan adalah di kamar mandi. Namun demikian, usahakan hanya menyimpan produk yang sering Anda gunakan saat mandi seperti pasta gigi, shampoo dan sabun.

Beberapa produk kecantikan seperti kosmetik cair, pelembab, parfum, kosmetik berbahan organik (tanpa pengawet) serta scrub kulit, sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi karena kamar mandi biasanya sangat lembab dan menjadi saran berkembangnya bakteri sehingga membuat produk-produk berisiko menjadi tidak higienis dan mempengaruhi tekstur serta zat aktif di dalamnya.

***

Itulah tips beberapa tempat yang tepat untuk menyimpan produk perawatan dan kecantikan Anda. Pastikan juga Anda memeriksa tekstur, bau dan warna produk secara berkala agar tetap aman digunakan. Semoga bermanfaat.


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *