Jangan Tertipu, Ini Dia 7 Tips Mengetahui Kosmetik Palsu

Loading...

Semakin banyaknya jumlah produk kecantikan di pasaran, semakin tinggi pula risiko pemalsuan produk-produk tersebut untuk meraih untung sebanyak banyaknya.

Terlebih lagi, saat ini kosmetik tidak hanya dapat dibeli di counter asli namun juga lewat online shop dan toko reseller. Hal ini menjadikan kita harus lebih teliti dalam membeli kosmetik, jangan sampai kita membeli produk yang palsu.

Produk palsu juga rentan merusak kulit kita karena kandungannya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, hingga kemungkinan menggunakan bahan-bahan berbahaya lainnya yang tidak sama dengan produk asli.

Agar kita tidak tertipu membeli produk kecantikan palsu, simak 7 tips di bawah ini.

Beli Produk dari Toko atau Reseller Resmi

Salah satu tips untuk menghindari kita membeli kosmetik palsu adalah dengan membelinya dari toko atau reseller resmi.

Harga produk asli di toko resmi memang biasanya terbilang lebih mahal, akan tetapi keaslian yang terjamin akan membuat kita tenang dan tidak khawatir akan efek buruk menggunakan produk palsu.

Bila Anda ragu apakah produk yang Anda beli asli atau palsu, Anda juga dapat melihat produk di toko resmi untuk membedakannya dengan produk yang Anda sudah beli.

Selain itu, cara mudah untuk mengetahui apakah reseller produk tersebut resmi atau tidak, Anda dapat menanyakan langsung ke toko resmi apakah reseller tersebut termasuk sebagai reseller mereka.

Perhatikan Kemasan Produk dengan Baik

Cara lain untuk mengetahui apakah produk yang Anda beli palsu atau tidak adalah dengan memperhatikan kemasan produk dengan seksama.

READ:  6 Tips Make Up bagi Kulit Berminyak

Pertama-tama bandingkan dengan foto atau kemasan produk asli di website atau toko resmi mereka. Produk asli tentu menjaga kualitas produk mereka, termasuk kemasan.

Perhatikan warna kemasan, font tulisan, informasi hingga berat produk. Produk palsu biasanya memiliki kelemahan dalam memproduksi kemasan yang persis dengan produk asli untuk menekan biaya yang dikeluarkan.

Jika Anda menemukan beberapa tanda pada kemasan produk yang berbeda dengan produk asli, urungkan niat membeli Anda atau belilah di toko resmi.

Perhatikan Nomor Seri, Kode Produk, Ingredients dan Informasi Maufaktur

Salah satu ciri produk asli adalah memiliki nomor seri atau kode produk yang dapat dicek keasliannya di website resmi mereka. Segera cek nomor seri atau kode unik produk jika Anda ragu produk tersebut palsu.

Selain itu, perhatikan juga ingredients yang tertera pada kemasan atau produk jika sama dengan produk aslinya.

Beberapa kosmetik juga memuat informasi dalam beberapa bahasa asing sesuai dengan pasar mereka. Cek dengan seksama semua informasi yang tetera pada produk untuk mengetahui apakah produk tersebut asli atau palsu.

Cek Warna Produk dengan Seksama

Produk kecantikan seperti lipstick, eye shadow, blush hingga produk berwarna lainnya dapat diketahui keasliannya dengan cara mengecek warnanya dengan seksama.

Tak sedikit produk palsu yang gagal meniru warna produk asli. Meski terkadang warnanya terlihat sama, bandingkan lagi dengan foto produk asli untuk mengetahui keasliannya.

Cek Tekstur dan Bau

Tidak hanya warna yang perlu Anda cek, teksture dan bau produk juga dapat menandakan produk tersebut palsu.

READ:  Tips dan Cara Memperindah Mata Secara Alami

Sebaikanya sebelum memustuskan untuk membeli produk tidak dari toko resminya, cek dulu produk tester di toko resmi agar Anda tahu teksur dan bau dari produk asli.

Jika produk yang beli terlihat lebih encer atau bau yang cukup menyengat, sebaiknya cek kembali atau jangan gunakan produk tersebut.

Periksa Kualitas atau Awetnya Produk Tersebut

Beberapa produk seperti kuas, spons, sisir, aplikator produk dan lain sebagainya juga patut dicek untuk mengetahui apakah produk tersebut asli atau palsu.

Produk asli biasanya sangat ketat dalam menjaga kualitasnya, termasuk aplikator, kemasan dan lain sebagainya.

Produk seperti kuas dan spons yang asli tentu tidak mudah rusak dan pembuatanya terlihat sangat rapi dan rentan cacat.

Coba Produk Terlebih Dahulu

Jika produk yang Anda akan beli ada testernya, sebaiknya coba terlebih dahulu apakah ada yang aneh atau janggal pada produk tersebut setelah Anda gunakan.

Rasa gatal, panas hingga produk yang tidak menempel dengan baik pada kulit dapat menjadi pertanda bahwa produk tersebut palsu.

Jika Anda sudah terlanjut membeli suatu produk dan ragu akan keasliannya, gunakan sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.

***

Dengan banyaknya produk asli dan palsu di pasaran, risiko membeli produk palsu pun semakin tinggi. Dengan beberapa tips di atas, hindari menggunakan produk palsu yang berisiko merusak kulit Anda. Semoga bermanfaat!


Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *