Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

DOKTERCANTIK.COM – Bagi umat Islam, puasa adalah ibadah. Hukumnya wajib dilakukan di bulan Ramadhan dan sunnah di waktu-waktu lainnya.

 

Berpuasa secara umum diartikan sebagai menahan lapar dan dahaga mulai dari fajar terbit hingga matahari tenggelam.

Selain itu, mereka yang berpuasa juga harus menahan hawa nafsu. Setelah melakukan itu semua, apa sih sebenarnya manfaat puasa Ramadhan? 

Baca Juga: Arah Kiblat dan Pengingat Sholat 

Banyak riwayat Nabi yang menyebutkan manfaat puasa Ramadhan ataupun puasa sunnah.

Jika disimpulkan, setidaknya ada delapan manfaat melakukan puasa yaitu mempertebal ketakwaan, menghapus dosa-dosa, mengontrol nafsu syahwat, melipatgandakan sedekah, menyempurnakan ketaatan, menambah rasa syukur dan mencegah dari amalan buruk atau maksiat.

Selain itu, manfaat puasa Ramadhan juga bisa dirasakan dari segi kesehatan. Bagaimana maksudnya? Simak penjelasan berikut ini. 

Membuat jantung lebih sehat

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan. Untuk bisa menjaga kesehatan jantung, ada banyak jalan yang bisa ditempuh mulai dari mengatur pola makan sehat, berolahraga hingga berpuasa.

Berpuasa diketahui bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa berpuasa minimal satu kali dalam sebulan bisa membuat seseorang 58% lebih rendah terkena resiko penyakit jantung dibandingkan dengan yang tidak. 

Mengeluarkan toksin dari tubuh

Ketika berpuasa, tentunya kamu tidak makan sesering biasanya. Hanya saat sahur dan berbuka saja. Ini ternyata ada dampaknya bagi tubuh.

Saat sedang berpuasa, tubuh akan mengolah cadangan lemak untuk dijadikan energi. Secara bersamaan, lemak akan membakar racun atau toksin yang ada dalam tubuh.

Akhirnya, berpuasa bisa membantu tubuhmu mengeluarkan toksin yang ada di dalamnya. 

Mengontrol berat badan

Puasa membuat tubuh tak mendapatkan asupan energi sebanyak hari-hari biasanya sebab kamu hanya boleh makan dan minum ketika waktu buka puasa hingga sahur. Ini tentu memiliki dampak pada berat badanmu.

Jika aktivitas makan minum di saat buka puasa dan sahur kamu mengonsumsi makanan yang sehat, maka berat badanmu bisa terkontrol dengan baik bahkan mengalami penurunan.

Terlebih ketika berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak yang ada di tubuh sebagai bahan bakar untuk membuat energi. Ini tentu bisa membuatmu mengontrol berat badan dan menurunkannya. 

Mengurangi resiko diabetes

Saat sedang tidak berpuasa, kamu mungkin cenderung mengonsumsi makanan atau minuman dengan gula yang tinggi. Saat berpuasa, ini akan sedikit banyak berkurang. Ini akan berefek pada gula darah yang ada di dalam tubuh.

Puasa, dalam beberapa penelitian, diyakini bisa membantu tubuh seseorang lebih rendah beresiko terkena diabetes.

Tentunya jika puasa yang dilakukan dengan cara sehat, misalnya tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis yang berlebihan ketika berbuka puasa. 

Membersihkan kulit 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, puasa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun atau toksin.

Energi yang biasanya dipakai tubuh untuk memproses sistem pencernaan kini banyak berkurang sehingga bisa digunakan untuk sistem lainnya. Ini tentu juga akan berdampak pada kulit.

Lakukan puasa dengan pola makan yang sehat dan bersih ya untuk dapatkan manfaat kulit bersih dan jerawat berkurang. 

Membantu kinerja ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh. Keberadaannya berguna untuk menyaring racun dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Ketika berpuasa, tentunya kinerja ginjal tak sebanyak biasanya.

Karena itu, berpuasa bisa menjadi momen untuk membantu kinerja ginjal dan membuatnya lebih sehat. Tentunya, bukan berarti kamu bisa bebas makan apa saja dan mencederai ginjal ketika waktu buka puasa tiba ya. 

Meningkatkan fungsi otak 

Saat puasa, tubuh memang cenderung lemas karena tak memiliki energi sebanyak biasanya. Tapi bukan berarti fungsi otak jadi ikut melemah.

Dari beberapa sumber disebutkan kalau berpuasa bisa meningkatkan neurotropik. Ini memiliki fungsi untuk memproduksi sel-sel pada otak.

Jika dengan berpuasa neurotropik meningkat, maka sel-sel otak terproduksi lebih banyak sehingga fungsi otak lebih maksimal.

***

BACA:  Cara Membuat Kulit Lembab

Selain fokus mencari manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan, jangan lupa untuk tetap khusyu dalam melaksanakan puasa itu sendiri. Perbanyak ibadah untuk mendapatkan ganjaran pahala berlipat ganda.

Gunakan Maqmur untuk mencari arah kiblat dimanapun kamu berada. Baca Al-quran digital juga dengan cara install aplikasinya di ponselmu. Langsung cari di Google Play sekarang juga ya.