7 Tips Perawatan Payudara bagi Ibu Menyusui

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Memiliki bentuk anggota tubuh yang ideal dan terawat adalah dambaan setiap wanita, termasuk anggota tubuh yang vital seperti payudara, tetapi mungkin bagi sebagian wanita yang telah melahirkan dan menyusui maka akan terjadi perubahan bentuk pada payudara mereka.

Sangat penting untuk tetap menjaga dan merawat payudara bagi seorang ibu yang menyusui. Dan tentunya juga penting diketahui oleh remaja putri sehingga ketika menjadi seorang ibu akan tetap memiliki kecantikan yang terawat.

Berikut kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat payudara ketika sedang menyusui agar tidak kendur dan tetap kencang. Simak ya.

1. Olahraga

Pilihlah olahraga yang cocok untuk mengencangkan payudara anda, olah raga dada misalnya. Lakukan posisi sebagai berikut: pertama-tama genggamlah kedua telapak tangan seperti posisi berdoa kemudian tekan-tekan kedua telapak tangan sedikit kuat. Gerakan ini berfungsi agar terjadi peregangan pada otot dada sehingga payudara menjadi kencang jika dilakukan secara rutin. Selain itu olahraga ini dapat anda lakukan kapanpun dan dimanapun, mudah bukan?

2. Posisi tidur

Pengaturan posisi tidur sangatlah penting untuk mencegah payudara yang kendur pada saat menyusui. Sebaiknya jika anda tidur pilihlah posisi telentang dan yang posisi yang paling baik adalah miring, anda bisa miring ke kiri atau ke kanan.

Khusus untuk anda yang muslim sebaiknya pilihlah posis tidur miring ke kanan, karena selain baik untuk kesehatan memang posisi inilah yang disunnahkan oleh Rasulullah. Hindari posisi tidur tengkurap karena payudara akan tertindis oleh tubuh anda dan akan lebih mempengaruhi perubahan bentuk dari payudara itu sendiri.

3. Pemilihan Bra

Pilihlah bra yang sesuai untuk payudara anda, jangan memilih payudara yang lebih kecil dari ukuran payudara anda karena akan mempengaruhi sirkulasi darah dan udara pada payudara anda.

Selain itu penting untuk pemilihan model yang tepat pada bra yang anda gunakan. Pilihlah bra yang dapat mengangkat seluruh payudara agar terlihat lebih kencang dan payudara anda tidak akan menggantung yang dapat mempercepat terjadinya payudara yang kendur.

4. Berenang

Jika anda punya hobi berenang maka olahraga air yang satu ini memang sangat baik menjadi pilihan yang tepat untuk mengencangkan payudara anda. Agar lebih menyenangkan ajaklah buah hati anda untuk berenang. Sambil melatih sang buah hati, anda juga tentunya dapat melatih kembali otot-otot dada anda yang mulai kendur den mengencangkannya kembali dengan berenang.

5. Jaga Berat Badan

Ketika anda hamil sebaiknya kontrollah berat badan anda. Ketika anda melahirkan maka akan terjadi penurunan berat badan dibanding ketika anda hamil, kondisi inilah yang dapat menyebabkan terjadinya payudara yang kendur pasca melahirkan.

Selain itu jika anda terlalu gemuk ketika sedang hamil juga tidak akan baik bagi kesehatan anda dan si buah hati, oleh karenanya konsultasilah dengan dokter anda ketika sedang hamil minimal sebulan sekali agar berat badan anda dapat terkontrol.

6. Kelembaban Kulit

Penting untuk tetap menjaga kelembaban kulit anda ketika hami dan menyusui, ini berfungsi untuk menjaga kelenturan, kekenyalan dan kekencangan kulit anda. Anda dapat menggunakan pelembab khusus misalnya lotion untuk ibu hamil dan menyusui yang dapat memelihara kesehatan kulit anda dan pastinya aman untuk anda dan si buah hati.

7. Vitamin E

Ambillah kapsul vitamin E, pecahkan untuk mendapatkan minyak vitamin E sebanyak 1 sendok teh lalu campurkan dengan 1 sendok makan yogurt dan 1 butir telur, aduk hingga bercampur rata. Oleskan secara merata pada payudara anda sambil memijat payudara dengan gerakan memutar.

Gunakan kembali bra anda selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Lakukanlah minimal 3 kali seminggu, ini berfungsi untuk mengencangkan kembali payudara anda yang mulai kendur pasca melahirkan dan menyusui.

**

Demikianlah 7 tips dari kami bagi anda ibu-ibu cantik yang sedang menyusui. Tentunya tidak ada salahnya jika anda mencobanya, juga penting diketahui bagi anda para remaja putri yang tentu kedepannya juga akan menjadi seorang ibu.

Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *