5 Cara Merawat Rambut Keriting Supaya Mudah Diatur

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Hampir semua wanita mendambakan rambut yang hitam dan lurus, pasalnya bayangan kecantikan wanita di Indonesia digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang, hitam dan lurus. Hal inilah yang membuat banyak wanita ingin meluruskan rambut keritingnya guna memperoleh rambut panjang dan lurus. Namun beberapa tahun terakhir ini, tren rambut berubah  menjadi keriting, dan rambut keriting alami-lah yang paling banyak dilirik oleh wanita jaman sekarang.

Rambut keriting tentu saja membutuhkan perawatan khusus yang jauh berbeda dengan rambut lurus. Rambut keriting sering mengalami permasalahan seperti kering, mengembang dan kasar yang menyebabkan rambut tak indah lagi. Oleh karena itu, Anda pun harus ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan rambut keriting agar tetap indah dilihat dan mudah diatur.

Tips Perawatan Rambut Keriting 

Ini dia 5 cara yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan rambut keriting yang indah.

1. Keramas dengan shampo dan kondisioner yang cocok dengan rambut

Tentunya Anda memiliki shampo dan kondisioner khusus untuk rambut Anda bukan? Shampo dan kondisioner memang sebaiknya dipilih berdasarkan kecocokan dengan jenis rambut. Pilih shampo yang mengandung ekstrak tertentu untuk membuat rambut halus dan mudah diatur.

Selain itu, jika sudah cocok dengan shampo jenis tertentu sebaiknya Anda tidak berganti-ganti merek shampo supaya terhindar dari rambut kering dan kusam.

2. Hindari intensitas keramas yang terlalu sering

Untuk Anda yang memiliki rambut keriting, terlalu sering keramas justru kurang baik untuk rambut Anda. Pencucian rambut yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat di rambut, artinya rambut pun tak memiliki kelembapan alami yang seharusnya tercipta dari minyak rambut yang berasal dari dalam. Akibatnya, rambut pun menjadi kering dan kurang bercahaya,

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki rambut keriting, keramaslah seperlunya saja untuk mempertahankan kelembapan dan kelembutan rambut.

3. Hindari segala macam bentuk alat pemanas rambut

Hair dryer, alat catok, atau steam sebaiknya Anda hindari jka ingin mempertahankan bentuk rambut keriting alami yang indah. Alat-alat pemanas tersebut membuat rambut kerinting menjadi semakin kaku dan kering karena rambut akan dipanasi oleh listrik yang pada dasarnya kurang baik untuk rambut.

Jika rambut basah setelah keramas, cukup angin-anginkan saja sampai rambut kering, jangan memaksakan diri menggunakan hair dryer. Dan saat creambath di salon katakan pada kapster untuk men-skip penggunaan steam atau pemanas pada rambut saat proses creambath berlangsung.

4. Sisir rambut dengan sisir bergigi jarang

Untuk menghindari rambut kusut dan rontok, Anda sebaiknya rajin menyisir rambut keriting Anda. Pasalnya, rambut keriting yang tak dirawat akan berpotensi sulit untuk diatur, kusut hingga berujung pada kerontokan. Anda dapat memilih sikat sisir yang agak jarang supaya rambut Anda mudah untuk disisir.

Lakukan penyisisran rambut sesering mungkin supaya rambut kusut dapat dihindari. Jika perlu, oleskan terlebih dahulu pelembap rambut pada pagi, siang, dan malam lalu sisir rambut dengan rapi.

5, Hindari mengikat rambut terlalu lama

Mengikat rambut dalam waktu lama akan mengakibatkan rambut menjadi kusut dan sulit diatur, terlebih pada jenis rambut keriting. Oleh karena itu, ikat rambut sesekali saja dan biarkan rambut kerting tergerai indah apa adanya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *