9 Tips Merawat Rambut Yang Diwarnai

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagi anda yang suka mewarnai rambutnya dengan berbagai warna, tentu tidak bisa pula sembarangan dalam melakukannya. Anda harus berhati-hati dalam memilih warna agar cocok dengan wajah dan jenis kulit sehingga tidak akan terlihat aneh. Mewarnai rambut memang kembali menjadi tren fashion. Kebanyakan wanita melakukannya demi mempercantik diri ataupun memnutupi uban yang mulai tumbuh.

Tetapi walaupun mewarnai rambut kadang akan membuat penampilan menjadi lebih cantik dan segar, perlu anda ketahui bahwa dengan mewarnai rambut, rambut pasti akan terkena zat kimia secara langsung. Dan tentu saja zat kimia tersebut akan merusak keindahan rambut jika rambut tidak dirawat dengan baik dan benar.

Tips Merawat Rambut Yang Diwarnai

Nah untuk tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai tips cara merawat rambut yang diwarnai dengan benar sehingga anda tidak akan mengambil jalan yang salah dalam merawat rambut. Apa sajakah tipsnya? Simak ulasannya.

  • Jangan terlalu sering mencuci rambut, apalagi sampai setiap hari. Karena selain mencuci rambut akan melunturkan warna, efek sampingnya juga akan membuat rambut menjadi kering. Paling tidak anda bisa mencucinya 2-3 hari sekali.
  • Gunakan Dry Shampoo jika rambut mulai terlihat berminyak sebelum dalam jangka waktu 2-3 hari.
  • Anda juga bisa memiliki shampoo yang tidak banyak memiliki kandungan kadar sulfat. Karena sulfat dapat membuat rambut lebih cepat luntur. Maka dari itu ada baiknya jika selalu membaca kandungan dalam kemasan sebelum memilih shampoo.
  • Usahakan menggunakan air dingin ketika mencuci rambut. Karena air dingin dapat menutup kutikula rambut agar warna tidak akan cepat memudar. Selain itu air dingin pun juga akan memberikan efek kilau secara alami.
  • Gunakan conditioner secukupnya dan usahakan agar jangan sampai terkena kulit kepala. Karena conditioner yang terkena kulit kepala akan membuat rambut menjadi berminyak.
  • Hair mask sangatlah penting bagi rambut yang telah diwarnai. Paling tidak gunakanlah paling tidak seminggu sekali agar dapat memberikan kilau alami pada rambut.
  • Agar rambut tidak menjadi rusak dan kering, anda perlu gunakan serum secara teratur untuk tetap menjaga kelembapan rambut. Karena serum mengandung begitu banyak vitamin yang dapat berfungsi memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Sebaiknya serum digunakan ketika rambut masih dalam keadaan setengah basah sehabis keramas agar kandungannya dapat meresap dengan baik kedalam batang rambut.
  • Usahakan untuk tidak menggunaan produk-produk styling seperti mousse, hair spray, gel rambut, krim pelurus atau pengkeriting dan sejenisnya karena produk seperti ini mengandung zat-zat kimia. Jika rambut terlalu banyak terkena zat kimia, maka rambut akan semakin mudah stress dan akan membuat rambut menjadi semakin kering dan rusak.
  • Selain itu hindari pula menggunakan alat-alat styling seperti catok, hair dryer, pengkeriting dan sejenisnya yang memerlukan panas karena akan membuat rambut menjadi kering dan bercabang.

Setelah membaca tulisan di atas, sekarang anda tahu kan bahwa ternyata rambut yang telah diwarnai itu membutuhkan perawatan yang khusus dan tidak bisa asal-asalan. Dan tentu saja perawatan rambut ini harus dilakukan secara konsisten selama rambut kita masih diwarnai.

Harus diperhatikan bahwa memutuskan untuk mewarnai rambut sama halnya dengan memberi zat kimia pada rambut, yang jika tidak dirawat dengan sungguh-sungguh maka akan dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan dan keindahan rambut.

Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “9 Tips Merawat Rambut Yang Diwarnai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *