Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Mengetahui Produk Kecantikan yang Kadaluarsa

Produk Kecantikan untuk WanitaKosmetika dan dunia kecantikan wanita merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Penggunaan kosmetika untuk merias wajah dan daerah lainnya dengan maksud mempercantik penampilan dalam segala suasana merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh kaum wanita.

Tapi tahukah anda bahwa dalam penggunaan kosmetika kadang terjadi reaksi kimia yang justru berbalik merusak kesehatan kita? Ini bisa terjadi jika produk tersebut mengandung bahan kimia yang berhaya terhadap kesehatan kita, atau karena penggunaannya yang tidak sesuai  dengan petunjuk yang di anjurkan.

Efeknya samping penggunaan kosmetik wajah bisa dirasakan secara langsung maupun bertahap dan dalam jangka panjang. Selain karena kesalahan pada prosedur penggunaan, efek samping yang timbul ini juga bisa disebabkan karena produk tersebut telah kadaluarsa (expired).

Penggunaan produk kosmetik kadakuarsa dapat menyebabkan terjadinya reaksi baru antara bahan kimia pembentuk produk tersebut maupun reaksi antara kosmetika dengan diri kita sendiri.

Terkadang efek dari kedua reaksi tersebut berupa iritasi ringan sehingga dianggap sepele. Tapi pada beberapa kasus iritasi tersebut bisa merupakan gejala dini dari kanker kulit. Karena itulah, jangan anggap sepele kejadian seperti ini.

Untuk menjaga terjadinya hal demikian, langkah terbaik untuk menghindarinya adalah diperlukan ketelitian sebelum menetapkan dan membeli sebuah produk kosmetik. Yang harus diperhatikan adalah apakah kosmetik itu cocok untuk jenis kulit kita, komposisi bahan yang digunakan serta tanggal kadaluarsanya.

Selain berhati-hati dalam memilih, memeriksa kosmetika saat menggunakannya juga perlu dilakukan.  Dengan demikian kita akan tahu make up mana yang sudah expired sehingga tidak aman lagi untuk di gunakan, bagaimana cara menggunakannya dan sebagainya. Terkadang yang menjadi permasalahan jika produk tersebut tidak mencantumkan waktu expired-nya atau tanggal kadaluarsanya sudah tak jelas lagi karena rusak dan sebagainya.

Cara mengetahui produk kecantikan sudah kadaluarsa atau belum adalah dengan mengenali adanya beberapa perubahan baik warna, bentuk maupun baunya, antara lain seperti:

Maskara

Maskara yang fungsinya untuk mempercantik bagian mata seperti menebalkan dan melentikkan bulu mata ini tersedia dalam beberapa warna dan formula yang berbeda.  Jika maskara ini sudah mengalami perubahan baik tekstur, warna maupun aroma sebaiknya jangan digunakan lagi untuk mencegah kontaminasi dan infeksi. Masa kadaluarsa maskara biasanya antara 3-4  bulan.

Alas Bedak  (Foundation )

Fungsi dari foundation ini selain untuk menutup flek atau pori-pori wajah, juga membuat bedak luar semakin lekat. Alas bedak ini hadir dalam beberapa bentuk seperti  cair, padat dan cream. Ketiga jenis ini berbahan dasar kimia yang mempunyai batas kadaluarsa juga. Masa kadaluarsa foundation ini sekitar 1-2 tahun. Efek samping jika menggunakan alas bedak yang kadaluarsa dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit serta bisa menyebabkan kanker kulit jika dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lipstik dan Lip Gloss

Lipstik adalah pruduk kosmetika untuk mempercantik bentuk bibir dan menyamarkan warna bibir yang hitam atau kusam. Lipstik tersedia dalam berbagai macam warna dan kemasan. Lipstik ini dapat rusak karena efek panas, cuaca dingin maupun karena benda cair lainnya. Masa kadaluarsa lipstik biasanya hingga 2 tahun jika dalam keadaan normal.

Meskipun demikian, terkadang lipstik sebelum dua tahun sejak di produksi sudah tidak layak pakai seperti aroma berbau tajam, mengering dan tidak mudah lengket lagi. Jika bentuk fisik lipstik sudah demikian sebaiknya jangan digunakan lagi.

Eyeliner

Eyeliner berfungsi sebagai pembentuk bingkai di sekeliling mata, menyeimbangkan sekaligus memperbaiki bentuk dan ukuran mata anda. Eyeliner hadir dalam beberapa pilihan warna. Masa kadaluarasa eyeliner tidak berbeda jauh dari maskara. Mulai 3 bulan hingga 1 tahun tergantung dari perawatannya.

Ciri-ciri dari eyeliner yang kadaluarsa adalah munculnya bercak putih pada ujung pensil eyeliner, sedangkan pada eyeliner cair atau krim kondisinya mengering dan terasa lebih kasar dibanding pada saat baru dibeli. Sebelum menggunakan eyeliner sebaiknya raut kembali agar permukaan pensil selalu bersih.

*****************

Cara mengetahui produk kecantikan kadaluarsa atau belum secara umum bisa kita lihat dari perubahan warna, terkstur atau bentuk dan aroma kosmetika tersebut. Jika salah satu diantaranya terjadi perubahan, maka disarankan jangan lagi menggunakan produk tersebut karena dapat menyebabkan efek samping pada kulit anda.