Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Siapa yang tidak mengenal buah berasa asam ini? Ya, jeruk nipis (Ciltrus aurantifolia) adalah adalah buah yang mempunyai kandungan vitamin C sangat tinggi dibandingkan jenis jeruk lainya. Pada umumnya, jeruk nipis digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, pemberi rasa asam pada kuah, dan penghilang bau amis.

Selain itu, jeruk nipis juga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengobati sakit batuk, demam, mengurangi bau badan, meningkatkan imun tubuh, meningkatkan daya pengelihatan, mencegah kanker, mengobati sakit gigi, menyehatkan ginjal, mengobati infeksi tenggorokan, dan sebagai penurun berat badan.

Jeruk nipis mempunyai banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh, di antaranya vitamin C, vitamin A, vitamin B1, AHA (alpha hydroxy acids), minyak atsiri (flavonoid, linalool, limonene), mineral (kalsium, magnesium, sulfur, fosfor, zat besi, dan seng), asam sitrat, asam amino, glikosida, dan karbohidrat.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Kulit Wajah

Mengingat banyaknya kandungan nutrisi pada jeruk nipis, buah ini tidak hanya bermanfaat untuk mengobati penyakit, tetapi juga berkhasiat ampuh sebagai perawatan kulit wajah. Hal ini terbukti dengan maraknya cream dan obat kecantikan yang menggunakan ekstrak buah jeruk nipis dalam komposisi pembuatan produk tersebut.

Beberapa khasiat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah, di antaranya adalah:

  • Mencerahkan Kulit Wajah

Setiap orang, khususnya kaum wanita pasti mendambakan mempunyai wajah yang cerah merona dan putih. Hal ini dikarenakan dengan wajah yang cerah, maka seseorang akan terlihat lebih sehat dan segar.

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada jeruk nipis ini berperan untuk mencerahkan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang telah rusak dan kusam. Kemudian meregenerasi kembali dengan sel kulit yang sehat.

Selain itu, kandungan antioksidan (seperti flavonoid) berguna sebagai penangkal radikal bebas, yaitu melindungi kulit dari sinar UV matahari, asap rokok, polusi udara, dan lain-lain.

  • Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang seringkali muncul pada wajah. Tentu saja, munculnya jerawat ini dapat mengurangi keindahan kulit dan membuat penderitanya kurang percaya diri.

Khasiat jeruk nipis sebagai antibakteri yang mampu menghilangkan jerawat telah lama diketahui oleh masyarakat. Khasiat tersebut diperoleh dari kandungan minyak atsiri (yaitu flavonoid) yang ada di dalam jeruk nipis. Selain itu, kandungan asam sitrit yang tinggi juga berperan sebagai desinfektan yang menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

  • Menghilangkan Komedo

Sedangkan Komedo merupakan penyumbatan pori-pori pada kulit wajah di sekitar hidung yang disebabkan karena produksi minyak yang berlebihan dan adanya sel kulit yang mati.

Kandungan flavonoid dan vitamin C pada jeruk nipis berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit. Dimana minyak pada kulit wajah merupakan faktor pemicu timbulnya komedo.

  • Memelihara Kekencangan (Elastisitas) Kulit Wajah

Wajah yang sehat dan cantik adalah wajah yang terjaga elastisitas kulitnya, tidak kendur dan tidak ada kerutan atau keriput di usia muda. Jeruk nipis mengandung senyawa AHA (alpha hydroxy acids) yang bermanfaat untuk memelihara kekencangan (elastisitas) kulit wajah.

Cara Penggunaan Jeruk Nipis sebagai Masker Wajah

Khasiat jeruk nipis dapat diperoleh dengan meminum air perasan jeruk nipis dengan air putih. Atau dapat juga menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah (mengoleskannya secara langsung pada wajah).

Caranya adalah dengan meneteskan air perasan jeruk nipis di kapas. Kemudian oleskan merata pada wajah. Lalu diamkan hingga 15 menit. Jika sudah mengering, bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur

Perhatian: penggunaan air perasan jeruk nipis pada kulit akan menyebabkan sedikit rasa perih dikarenakan kandungan senyawa asam di dalam jeruk nipis.

**

Demikian sedikit informasi mengenai khasiat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah. Mengingat jika jeruk nipis adalah bahan alam, maka hasil yang anda dapatkan tidak akan serta-merta. Anda harus rutin melakukan perawatan kulit dengan jeruk nipis agar hasil yang diperoleh lebih optimal.

Terakhir yang perlu anda ingat adalah “kecantikan alami datangnya dari dalam hati”, jadi syukuri apa yang telah kita miliki dan lakukan perawatan tanpa berlebihan untuk memelihara kecantikan kulit wajah. Semoga bermanfaat.

(foto : perawatankulitmu.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *