5 Jenis Kacang Penurun Kolesterol

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kacang  dianggap selalu memiliki dampak buruk jika dikonsumsi, terlebih untuk mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Memang benar kacang memiliki tingkat minyak yang cukup tinggi bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Untungnya, tidak semua jenis kacang bisa menaikkan tingkat kolesterol Anda.

Menurut beberapa penelitian,  mengkonsumsi beberapa jenis kacang tertentu ternyata tidak hanya menurunkan tingkat kolesterol total dalam tubuh, tetapi juga membantu untuk mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya bagi tubuh Anda. Mengkonsumsi satu ons kacang setiap hari bisa menyehatkan jantung.

Para ahli mengatakan bahwa jumlah lemak jenuh dalam kacang-kacangan jauh lebih rendah daripada makanan lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah kalori.  Kacang-kacangan mengandung jumlah mono lemak jenuh, serat, anti-oksidan, beberapa vitamin dan mineral. Oleh karena itu, sudah sangat jelas bahwa kacang juga baik untuk penyakit seperti kanker dan tentunya menurunkan kolesterol.

Untuk menurunkan tingkat kolesterol, berikut beberapa jenis kacang yang bisa Anda konsumsi tanpa harus mengkhawatirkan tingkat kolesterol akan naik.

1. Kacang Almond

Jika anda masih mencari tahu kacang apa yang terbaik untuk menurunkan kolesterol, almond-lah yang menduduki peringkat pertama sebagai kacang terbaik untuk menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa almond mengandung mineral, vitamin E, serat dan nutrisi lainnya. Asupan harian almond bisa mengurangi kolesterol hingga tingkat 10% dalam waktu 3 bulan.

2. Kacang Kenari

Mengkonsumsi kacang kenari sehari-hari dapat meningkatkan tingkat kolesterol baik dan bekerja secara efektif pada LDL. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam kacang kenari mengurangi trigliserida dalam aliran darah Anda.

3. Kacang Pistachio

Kacang lain yang bermanfaat menurunkan kolesterol adalah kacang pistachio. Ahli gizi mengatakan bahwa pistachio sangat baik untuk menekan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh Anda. Kacang pistachio juga baik dalam menurunkan berat badan untuk dikonsumsi sehari-hari.

4. Kacang Tanah

Banyaknya tanggapan mengenai tingkat kolesterol dan lemak dalam kacang tanah membuat banyak orang salahpaham mengenai manfaat dari kacang tanah tersebut. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa 30 dari jenis  kacang baik dijadikan sebagai pendamping diet yang dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dan juga memberikan energi  dalam jangka panjang.

5. Kacang Hazelnuts

Kacang hazelnuts menjadi salah satu jenis kacang yang tinggi akan kandungan mono lemak jenuh. Oleh karena itu, asupan rutin setiap ons dari kacang hazelnut dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan HDL. Hal ini membuktikan bahwa diet dengan kacang hazelnut jauh lebih efektif dalam menurunkan risiko penyakit jantung daripada diet rendah lemak.

**

Demikian beberapa jenis kacang yang bisa Anda konsumsi dengan aman bahkan memberikan manfaat terutama untuk menurunkan kolesterol. Meskipun memberikan manfaat, sebaiknya kacang tidak dikonsumsi berlebih. Konsumsi kacang sesuai dengan porsinya untuk mendapatkan manfaat yang seharusnya.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *